Analisis Kualitas Layanan Website Rumah Sakit Umum Daerah Prof.Dr.H.M Chatib Quzwain Sarolangun Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0
DOI:
https://doi.org/10.33998/jms.2025.5.2.2628Kata Kunci:
Website, Analisis, Kepuasan, Pengguna, WebqualAbstrak
Dalam era perkembangan teknologi dan informasi yang berkembang pesat seperti saat ini. Hal ini menjadi faktor pendorong penerapan sistem pemerintahan berbasis teknologi. Rumah sakit umum daerah prof. Dr. H. M. Chatib quzwain sarolangun merupakan salah satu pelayanan publik yang memanfaatkan website sebagai media persebaran informasi dan komunikasi, namun berdasarkan 12 angket kuesioner yang telah disebarkan melalui google form ke beberapa pengguna dan didapatkan beberapa masalah pada website seperti informasi yang kurang up to date dan banyak fitur yang tidak dapat diakses untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas layanan website terhadap kepuasan pengguna. Maka perlu dilakukan analisis terhadap website RSUD tersebut melalui metode yang digunakan adalah webqual 4.0 yang merupakan metode analisis website berdasarkan persepsi pengguna. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berdasarkan skala likert. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna website rumah sakit umum daerah prof. Dr. H. M. Chatib quzwain sarolangun dengan jumlah sampel yang digunakan berjumlah 338 orang dari hasil perhitungan yang telah dilakukan, diperoleh nilai t hitung variabel usability quality sebesar 4,636 dibandingkan dengan nilai t hitung variabel information quality sebesar 5,547 dan variabel service interaction quality sebesar 4,389 dengan begitu variabel information quality memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan usability quality dan service interaction qualitity
Unduhan
Referensi
Minarwati and Intan Hidayah, “Penerapan Metode Webqual 4.0 Untuk Analisis Kualitas Website STMIK,” FAHMA – J. Inform. Komputer, Bisnis dan Manaj., vol. 22, no. 2, pp. 87–99, 2022.
M. Anniss, What Is a Website and How Do I Use It? 2014. Accessed: Oct. 28, 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=lang_en&id=SH-KAwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT6&dq=info:AG9cUrJa2GcJ:scholar.google.com/&ots=6eF70hmLGQ&sig=E6rb7rZnvhdqd4w9zm5D6GhHOSo&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
S. Eko Prasetyo and N. Hassanah, “Analisis Keamanan Website Universitas Internasional Batam Menggunakan Metode Issaf,” J. Ilm. Inform., vol. 9, no. 02, pp. 82–86, 2021, doi: 10.33884/jif.v9i02.3758.
P. Tijesuni, “Hospitals - An Introduction,” Hosp. Clin. Pharm., pp. 3–8, 2013.
J. F. Andry, K. Christianto, and F. R. Wilujeng, “Using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis to Evaluate E-Commerce Website,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 5, no. 1, p. 23, 2019, doi: 10.20473/jisebi.5.1.23-31.
A. Manik, I. Salamah, and E. Susanti, “Pengaruh Metode Webqual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya,” J. Elektro dan Telekomun. Terap., vol. 4, no. 1, p. 477, 2017, doi: 10.25124/jett.v4i1.994.
E. Oktaviana and S. I Rizal R, “Evaluasi Kualitas Layanan Website Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Smart Comp Jurnalnya Orang Pint. Komput., vol. 11, no. 4, pp. 0–6, 2022, doi: 10.30591/smartcomp.v11i4.4118.
M. Pradana and A. Reventiary, “PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU MEREK CUSTOMADE (STUDI di MEREK DAGANG CUSTOMADE INDONESIA),” J. Manaj., vol. 6, no. 1, pp. 1–10, 2016, doi: 10.26460/jm.v6i1.196.
Komarudin, “Jurnal KREATIF : Pemasaran, Sumberdaya Manusia dan Keuangan, Vol. 6, No. 2, April 2018,” Asep Sulaeman, vol. 6, no. 2, pp. 53–65, 2018.
P. E. Setyo, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen ‘Best Autoworks,’” PERFORMA J. Manaj. dan Start-Up Bisnis, vol. 1, no. 6, pp. 755–764, 2017.


