Analisis Kualitas Website Sekato Jambi Menggunakan Metode Webqual 4.0

Penulis

  • M. Ridho Fernanda Universitas Dinamika Bangsa
  • Akwan Sunoto Universitas Dinamika Bangsa
  • Hendrawan Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jms.2024.4.2.1868

Kata Kunci:

Analisis, Kualitas Website, Portal Berita Online, Sekato Jambi, Webqual 4.0

Abstrak

Abstrak Portal berita online merupakan suatu halaman website yang menyediakan informasi tentang suatu kejadian yang sudah terjadi. Informasi yang disampaikan tidak jauh berbeda dengan informasi yang ada pada media cetak, hanya saja pada media internet atau disebut juga sebagai media online, salah satu media company yang menerapkan basis online dalam menyebarkan media beritanya adalah Sekato Jambi. Berita yang disajikan oleh website Sekato Jambi meliputi berita-berita yang aktual yang berisi berita lokal seperti ekonomi, bisnis, hukum, kriminal, olahraga, politik, dan pemerintahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kualitas website Sekato Jambi menggunakan empat karakteristik metode Webqual 4.0 yaitu kegunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi, dan kepuasan pengguna. Penulis menggunakan Google Form untuk menyebarkan kuesioner online guna mengumpulkan data untuk penelitian ini dan berhasil mengumpulkan total 360 responden yang pernah mengunjungi website Sekato Jambi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. R. Ananda, R. Kriyantono, and T. Dimmick, “Persaingan Portal Berita Online Menggunakan,” vol. 5, no. 2, 2020.

A. Yudhistira, “Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web,” JSK (Jurnal Sist. Inf. dan Komputerisasi Akuntansi), vol. 7, no. 1, pp. 14–20, 2023, doi: 10.56291/jsk.v7i1.95.

R. Hidayatullah, “Pembuatan Desain Website Sebagai Penunjang Company Profile CV. Hensindo.,” pp. 11–25, 2018, [Online]. Available: http://sir.stikom.edu/id/eprint/2329/5/BAB_III.pdf

Winarti and L. C. Munggaran, “Pengukuran Kualitas Sistus Perguruan Tinggi Dari Sudut Pandang Pemakai Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Ilm. Inform. Komput., vol. 19, no. 3, pp. 6–14, 2014.

I. Sanjaya, “Pengukuran Kualitas Layanan Website Kementerian Kominfo Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0 Ministry of Communication and Information Website Quality Measurement Based on Webqual 4.0 Method,” J. Penelit. IPTEK-KOM, vol. 14, no. 1, pp. 1–14, 2012, [Online]. Available: www.kominfo.go.id

R. Firdaus, “Analisis Pengukuran Kualitas Website CAKRAWALAMEDIA.COM Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2020.

J. Athaya, “ANALISIS KUALITAS WEBSITE PTPN VI KOTA JAMBI MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0,” Galang Tanjung, no. 2504, pp. 1–9, 2022.

I. Herliawan, M. A. Ghani, and M. R. Firdaus, “Analisis Kualitas Portal Media Online Inilahtasi.com Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Sist. Inf., vol. 11, no. 2, pp. 111–117, 2019.

O. Baso and I. Sappaile, “Pembobotan Butir Pernyataan Dalam Bentuk Skala Likert Dengan Pendekatan Distribusi Z,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 13, no. 064, pp. 1–8, 2007.

Wahyuni, “PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN APLIKASI E-KY BERBASIS WEB PADA PT PANTJA INTI PRESS INDUSTRI,” vol. Bab iii me, pp. 1–9, 2019.

Ramadan, “Pengaruh Kualitas Website Terhadap persepsi Kemudahan Penggunaan Pada Website E-Commerce Toko Tani Indonesia Di Jawa Tengah,” e-Proceeding Manag., vol. 8, no. 5, p. 6241, 2021.

E. Oktaviana and S. I Rizal R, “Evaluasi Kualitas Layanan Website Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Smart Comp Jurnalnya Orang Pint. Komput., vol. 11, no. 4, pp. 0–6, 2022, doi: 10.30591/smartcomp.v11i4.4118.

P. D. S. Arikunto, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. jakarta: PT RINEKA CIPTA, 2013,” 2014.

D. Firmansyah and Dede, “Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review,” J. Ilm. Pendidik. Holistik, vol. 1, no. 2, pp. 85–114, 2022, doi: 10.55927/jiph.v1i2.937.

A. Andiati and S. Oktaviana, “Analisis Kualitas Dan Kepuasan Pengguna Website Istyle. id Dengan Metode Webqual 4.0,” J. Tekno Kompak, vol. 16, no. 2, pp. 111–123, 2022, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak/article/view/1907%0Ahttps://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak/article/download/1907/950

N. M. Janna, “KONSEP UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS DENGAN MENGGUNAKAN SPSS Nilda,” J. Darul Dakwah Wal-Irsyad, no. 18210047, pp. 1–12, 2021.

B. Nurcahyo and R. Riskayanto, “Analisis Dampak Penciptaan Brand Image Dan Aktifitas Word of Mouth (Wom) Pada Penguatan Keputusan Pembelian Produk Fashion,” J. Nusant. Apl. Manaj. Bisnis, vol. 3, no. 1, p. 14, 2018, doi: 10.29407/nusamba.v3i1.12026.

A. Sudradjat, S. Selviana, and W. Widiati, “Metode Webqual 4.0 Untuk Mengukur Kualitas Website Quick Online Booking PT. Pos Indonesia,” Inf. Syst. Educ. Prof. J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, p. 21, 2020, doi: 10.51211/isbi.v5i1.1391.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30

Abstract views:

2

PDF Download:

4

DOI:

10.33998/jms.2024.4.2.1868

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Fernanda, M. R., Sunoto, A., & Hendrawan. (2024). Analisis Kualitas Website Sekato Jambi Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Manajemen Teknologi Dan Sistem Informasi (JMS), 4(2), 775–784. https://doi.org/10.33998/jms.2024.4.2.1868