Persepsi Manfaat dan Kemudahan dalam Penggunaan E-wallet DANA: Studi Adopsi Teknologi Finansial Digital pada Mahasiswa Universitas Dinamika Bangsa
DOI:
https://doi.org/10.33998/jms.2025.5.2.2535Kata Kunci:
Dompet Elektronik; Persepsi Kegunaan; Persepsi Kemudahan; Penggunaan Aktual; Teknologi FinansialAbstrak
Di era digital, teknologi keuangan menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi mahasiswa yang adaptif terhadap inovasi seperti dompet elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kegunaan (Perceived Usefulness/PU) terhadap penggunaan e-wallet DANA di kalangan mahasiswa Universitas Dinamika Bangsa (UNAMA), dengan persepsi kemudahan penggunaan (Perceived Ease of Use/PEOU) sebagai variabel mediasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner dan analisis data dengan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PU berpengaruh signifikan terhadap PEOU dan penggunaan aktual (Actual Use/AU). Namun, PEOU tidak berpengaruh signifikan terhadap AU, serta PU melalui PEOU juga tidak berpengaruh signifikan terhadap AU. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun persepsi kegunaan menjadi faktor utama dalam mendorong penggunaan e-wallet, persepsi kemudahan tidak berperan sebagai variabel mediasi yang kuat. Penelitian ini merekomendasikan agar penyedia layanan e-wallet lebih menekankan peningkatan fitur yang bermanfaat dan menyediakan edukasi terkait penggunaan, sehingga dapat meningkatkan pengalaman serta adopsi teknologi finansial di kalangan mahasiswa.
Unduhan
Referensi
L. M. Dyas and S. Purwanto, “Analisis Pengaruh Promosi Penjualan, Persepsi Manfaat dan Persepsi kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Penggunaan Gopay pada Mahasiswa UPN ‘Veteran’ Jawa Timur,” J. Manag. Bussines, vol. 6, no. 3, pp. 1014–1026, May 2024, doi: 10.31539/jomb.v6i3.7738.
A. Sepiana, “Pengaruh Kemudahan Penggunaan E-wallet , Risiko dan Promosi Penjualan Online terhadap Minat Shopeepay sebagai Metode Pembayaran,” vol. 7, no. 6, pp. 771–775, 2024, doi: 10.32493/drb.v7i6.45020.
R. Harminingtyas and T. Susetyarsi, “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Keamanan Terhadap Pengguna E-wallet Pada Masyarakat Di Kota Semarang,” J. Ilm. Fokus Ekon. Manajemen, Bisnis Akunt., vol. 1, no. 3, pp. 390–395, 2023, doi: 10.34152/emba.v1i3.641.
D. A. K. Nag* and D. B. Gilitwala, “E-Wallet- Factors Affecting Its Intention to Use,” Int. J. Recent Technol. Eng., vol. 8, no. 4, pp. 3411–3415, 2019, doi: 10.35940/ijrte.d6756.118419.
N. M. Sukis Warningsih, “Determining Factors of Digital Wallet Usage,” J. Manaj., vol. 25, no. 2, p. 271, 2021, doi: 10.24912/jm.v25i2.740.
A. Primastiwi, D. K. Wardani, and H. Hermalia, “Persepsi Kemanfaatan dan Kemudahan Wajib Pajak dalam Membayar PBB Menggunakan GO-PAY,” Equity, vol. 23, no. 2, pp. 137–150, 2020, doi: 10.34209/equ.v23i2.2207.
C. Phonthanukitithaworn, C. Sellitto, and M. W. L. Fong, “A Comparative Study of Current and Potential Users of Mobile Payment Services,” SAGE Open, vol. 6, no. 4, 2016, doi: 10.1177/2158244016675397.
O. Kolade et al., “Technology acceptance and readiness of stakeholders for transitioning to a circular plastic economy in Africa,” Technol. Forecast. Soc. Change, vol. 183, no. January, 2022, doi: 10.1016/j.techfore.2022.121954.
Annisa Retno Utami, “Persepsi Pengggunaan E-wallet OVO pada Generasi Z di Masa Pandemi Covid-19,” MAMEN J. Manaj., vol. 1, no. 3, pp. 409–415, 2022, doi: 10.55123/mamen.v1i3.828.
Wahid, A. Agit, and S. E. Ramadhani, “Peran Dompet Digital dalam Meningkatkan Kualitas Keuangan UMKM Menuju Era Society 5.0,” JPM J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 26–34, 2023, doi: 10.47065/jpm.v4i1.859.
V. Venkatesh and F. D. Davis, “Theoretical extension of the Technology Acceptance Model: Four longitudinal field studies,” Manage. Sci., vol. 46, no. 2, pp. 186–204, 2000, doi: 10.1287/mnsc.46.2.186.11926.
T. Pernanda, A. Aswan, and B. Balele, “Pengaruh Kemudahan, Kemanfaatan, Diskon, Dan Cashback Terhadap Konsumsi Mahasiswa Menggunakan E-Wallet,” J. Bus. Adm., vol. 1, no. 2, p. 122, 2021, doi: 10.31963/jba.v1i2.3011.
F. Romadhoni and E. Putri, “Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi E-Kasir Dan Keahlian Pemakai Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada UMKM Di Provinsi Jawa Tengah,” J. Econ. Bussines Account., vol. 7, no. 3, pp. 4669–4678, 2024, doi: 10.31539/costing.v7i3.9318.
M. Darmiasih and P. Y. Setiawan, “Continuance usage intention and its antecedents on using OVO e-wallet application in Denpasar,” Int. Res. J. Manag. IT Soc. Sci., vol. 8, no. 1, pp. 35–46, 2020, doi: 10.21744/irjmis.v8n1.1104.
H. Untailawal, F. Christian, and R. Astini, “Pengaruh Sarana Prasarana Kenavigasian Pendidikan dan Latihan Terhadap Kualitas Petugas Sarana Bantu Navigasi Pelayaran Melalui Kemampuan Sebagai Variabel Intervening Pada Kantor Distrik Navigasi Tipe A Kelas III Merauke,” vol. 6, no. 1, pp. 287–298, 2024, doi: 10.38035/jemsi.v6i1.
K. L. Y. Ming, M. Jais, C. C. Wen, and N. S. Zaidi, “Factor Affecting Adoption of E-wallet in Sarawak,” Int. J. Acad. Res. Accounting, Financ. Manag. Sci., vol. 10, no. 2, pp. 244–256, 2020, doi: 10.6007/ijarafms/v10-i2/7446.
H. T. Ardana, “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan E-wallet Dana Dompet Digital Oleh Generasi Y Dan Generasi Z,” J. Manaj. Dan Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 76–93, 2023, doi: 10.36490/jmdb.v2i1.765.
I. G. N. Oktora P and N. K. Erliani, “Peran Promosi Penjualan dalam Modifikasi Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) Pada Niat Menggunakan E-wallet di Denpasar,” Matrik J. Manajemen, Strateg. Bisnis dan Kewirausahaan, p. 289, 2021, doi: 10.24843/matrik:jmbk.2021.v15.i02.p11.


