Efektivitas Teknologi Financial (Fintech) dalam Mendukung Akses Keuangan Bagi Pelaku UMKM Di Kalangan Generasi Milenial
DOI:
https://doi.org/10.33998/jms.2025.5.2.2534Kata Kunci:
Literasi keuangan, Teknologi Keuangan, Gender, Perilaku keuangan, Generasi MilenialAbstrak
Penelitian ini menganalisis pengaruh literasi keuangan, teknologi keuangan (FinTech), dan gender terhadap perilaku keuangan generasi Milenial di Indonesia. Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan metode Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Squares (PLS), data diperoleh dari 97 responden melalui kuesioner terstruktur. Hasil analisis menunjukkan literasi keuangan (X1), FinTech (X2), dan gender (Z) berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan (Y). Literasi keuangan secara langsung meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan, investasi, dan perencanaan keuangan individu, dengan nilai P sebesar 0,004. FinTech juga mendorong perilaku keuangan yang lebih efisien, dengan nilai P sebesar 0,009. Gender memoderasi pengaruh literasi keuangan dan FinTech terhadap perilaku keuangan, dengan nilai P masing-masing sebesar 0,002 dan 0,035. Hal ini menunjukkan pentingnya pendekatan berbasis gender dalam memahami perilaku keuangan Milenial. Model penelitian memiliki kemampuan prediksi yang kuat, dengan nilai R-Square sebesar 0,766, yang berarti 76,6% variasi perilaku keuangan dapat dijelaskan oleh variabel independen. Reliabilitas dan validitas konstruk teruji dengan baik, dibuktikan oleh nilai Cronbach’s Alpha dan Composite Reliability di atas 0,7 serta Average Variance Extracted (AVE) lebih besar dari 0,5. Penelitian ini berkontribusi secara teoretis dalam menjelaskan hubungan literasi keuangan, FinTech, dan gender terhadap perilaku keuangan. Implikasi praktisnya, penyedia layanan FinTech dapat merancang strategi inklusif dan program edukasi keuangan efektif bagi Milenial. Diperlukan pendekatan komprehensif yang mempertimbangkan faktor demografis dan teknologi untuk meningkatkan literasi dan perilaku keuangan secara optimal.
Unduhan
Referensi
L. Qoriah, I. Safitri, L. Husna, N. Chifdzi, and L. Nisak, “Peran Fintech dalam Mendorong Transaksi Berkelanjutan dan Investasi Hijau Global,” CEMERLANG J. Manaj. dan Ekon. Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 80–90, 2025, doi: 10.55606/cemerlang.v5i1.3436.
N. Kristi, D. F. Shiddieq, and D. Nurhayati, “Analisis Penerimaan Aplikasi Flip Menggunakan Model Unified of Acceptance and Use of Technology 3,” MALCOM Indones. J. Mach. Learn. Comput. Sci., vol. 4, no. 2, pp. 685–694, 2024, doi: 10.57152/malcom.v4i2.1316.
A. M. Mendes, F. W. Ballo, and M. I. H. Tiwu, “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Financial Technology Terhadap UMKM Di Kabupaten Malaka Kota Betun,” J. Ekon. dan Pembang. Indones., vol. 2, no. 2, pp. 39–51, 2024, doi: 10.61132/jepi.v2i2.516.
P. Aulia, W. Asisa, N. Dalianti, and Y. R. Handa, “Pengaruh Pemahaman Literasi Keuangan dan Kemudahan Digital Payment Terhadap Kinerja UMKM di Kota Makassar,” J. Din., vol. 3, no. 1, pp. 23–50, 2022, doi: 10.18326/dinamika.v3i1.23-50.
D. Arner, J. Barberis, and R. Buckley, “The Evolution of FinTech: A New Post-Crisis Paradigm,” 62, 2016. doi: 10.2139/ssrn.2676553.
U. Azizah and A. Akbar, “Studi Komparasi Volume Penjualan dan Pendapatan Produk Selis (Sepeda Listrik) Di Shopee & Tokopedia,” J. Educ. Dev. Inst. Pendidik. Tapanuli Selatan, vol. 12, no. 1, p. 258, 2024, doi: 10.37081/ed.v12i1.5375.
M. Z. Arif, F. D. Anto, S. Rahayu, and N. Karima, “Analisis Efektivitas Penggunaan Fintech Terhadap Pendapatan UMKM di Tulungagung,” Transform. J. Econ. Bus. Manag., vol. 3, no. 3, pp. 96–104, 2024, doi: 10.56444/transformasi.v3i3.1957.
R. Basalamah, N. Nurdin, A. Haekal, N. Noval, and A. Jalil, “Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan Financial Technology (Fintech) Gopay Pada Generasi Milenial Di Kota Palu,” J. Ilmu Ekon. dan Bisnis Islam, vol. 4, no. 1, pp. 57–71, 2022, doi: 10.24239/jiebi.v4i1.93.57-71.
O. Feriyanto, Z. Qur’anisa, M. Herawati, Lisvi, and M. H. Putri, “Peran Fintech Dalam Meningkatkan Akses Keuangan Di Era Digital,” GEMILANG J. Manaj. dan Akunt., vol. 4, no. 3, pp. 99–114, 2024, doi: 10.56910/gemilang.v4i3.1573.
R. P. Akbar and R. F. Armansyah, “Perilaku Keuangan Generasi Z Berdasarkan Literasi,” J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 107–124, 2023, doi: 10.24034/jimbis.v2i2.5836.
Z. Zulkarnaini, “Analisa Faktor Tingkat Keberhasilan Digital Marketing Lewat Media Sosial Facebook,” STIE Indonesia Jakarta, 2021.
H. Fath, S. Kholijah, F. E. Syariah, U. Stai, and D. Lampung, “The Role of Sharia Financial Technology (Fintech) in the UMKM Economy (Case Study on UMKM West Java),” COSTING J. Econ. Bus. Account., vol. 7, no. 6, pp. 8592–8605, 2024.
R. R. Suryono, “Financial Technology (Fintech) Dalam Perspektif Aksiologi,” Masy. Telemat. Dan Inf. J. Penelit. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 10, no. 1, p. 52, 2019, doi: 10.17933/mti.v10i1.138.
J. Pelawi and R. Suliati, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Investasi Individu Di Pasar Modal Saham Di Tengah Pandemi Covid-19,” J. Syntax Imp. J. Ilmu Sos. dan Pendidik., vol. 2, no. 5, p. 350, 2021, doi: 10.36418/syntax-imperatif.v2i5.115.
Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development/R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.
S. Lemeshow, D. W. Hosmer, J. Klar, and S. K. Lwanga, Adequacy of Sample Size in Health Studies. Geneva: World Health Organization, 1990.
D. A. P. Andiani and R. Maria, “Pengaruh Financial Technology dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Keuangan pada Generasi Z,” J. Akunt. Bisnis dan Ekon., vol. 9, no. 2, pp. 3468–3475, 2023, doi: 10.33197/jabe.vol9.iss2.2023.1226.
A. I. Lestari, N. A. Simanungkalit, and R. Sanjaya, “Pengaruh Financial Tecnology terhadap Manajemen Keuangan Generasi Z,” Ris. Ilmu Manaj. Bisnis dan Akunt., vol. 2, no. 4, pp. 82–89, 2024, doi: 10.61132/rimba.v2i4.1331.
U. W. Saputra, “Role of user experience towards customer loyalty with mediating role of customer satisfaction at Shopee,” Rev. Manag. Accounting, Bus. Stud., vol. 2, no. 2, pp. 104–113, 2021, doi: 10.38043/revenue.v2i2.4050.
N. S. Azizah, “Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup pada Perilaku Keuangan pada Generasi Milenial,” Prism. (Platform Ris. Mhs. Akuntansi), vol. 01, no. 02, pp. 92–101, 2020, doi: 10.1558/ecotheology.v9i1.124.
E. Novianta, A. Andani, . F., and S. G. Pane, “Financial Technology Dan Literasi Keuangan Terhadap Generasi Z,” J. Ekon. Dan Bisnis, vol. 4, no. 1, pp. 1–8, 2024, doi: 10.47233/jebs.v4i1.1423.


