An Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Fuzzy Servqual
DOI:
https://doi.org/10.33998/jms.2025.5.2.2342Kata Kunci:
Kepuasan Mahasiswa; Kualitas Layanan; Sistem Informasi Akademik; Fuzzy Servqual; GAP AnalysisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas layanan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Universitas Dinamika Bangsa menggunakan metode Fuzzy Servqual. Analisis dilakukan berdasarkan lima dimensi kualitas layanan, yaitu Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Tangibles. Hasil perhitungan defuzzifikasi menunjukkan bahwa dimensi Reliability dan Responsiveness memiliki nilai GAP sebesar 0.0, yang mengindikasikan bahwa layanan telah sesuai dengan ekspektasi mahasiswa. Sementara itu, dimensi Assurance, Empathy, dan Tangibles memiliki nilai GAP sebesar 1.0, yang menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap layanan lebih tinggi daripada harapan mereka. Dengan demikian, secara keseluruhan mahasiswa merasa puas dengan layanan yang diberikan oleh sistem informasi akademik. Lebih lanjut, penelitian ini mengidentifikasi faktor dominan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa, yaitu Assurance yang mencerminkan jaminan keamanan dan kepercayaan terhadap sistem, Empathy yang menunjukkan perhatian serta kepedulian layanan terhadap kebutuhan mahasiswa, dan Tangibles yang berkaitan dengan fasilitas fisik serta tampilan sistem informasi akademik. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan kualitas layanan akademik dengan mempertahankan keunggulan yang telah dicapai, serta memastikan bahwa dimensi Reliability dan Responsiveness tetap stabil dan tidak mengalami penurunan kualitas di masa mendatang. Rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam perbaikan layanan akademik serta pengembangan strategi peningkatan kepuasan mahasiswa di Universitas Dinamika Bangsa.
Unduhan
Referensi
C. P. Rini, S. Dwi Hartantri, and A. Amaliyah, “Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Kompetensi Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang,” J. Pendidik. Dasar Nusant., vol. 6, no. 2, pp. 166–179, 2021, doi: 10.29407/jpdn.v6i2.15320.
A. Mursyidah, I. Aknuranda, and H. M. Az-Zahra, “Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Prosedur Pelayanan Umum Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 4, pp. 3931–3938, 2019.
A. Budiman, S. Ahdan, and M. Aziz, “Analisis Celah Keamanan Aplikasi Web E-Learning Universitas Abc Dengan Vulnerability Assesment,” J. Komputasi, vol. 9, no. 2, pp. 1–10, 2021.
A. Hami and D. Anggraini, “KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI PENGGUNA,” J. Inform. dan Komput., vol. 10, no. 2, pp. 1–16, 2022.
L. Meilani, A. I. Suroso, and L. N. Yuliati, “Evaluasi Keberhasilan Sistem Informasi Akademik dengan Pendekatan Model DeLone dan McLean,” J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 10, no. 2, pp. 137–144, 2020, doi: 10.21456/vol10iss2pp137-144.
Y. Septiani, E. Aribbe, and R. Diansyah, “ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SEVQUAL (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru),” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 3, no. 1, pp. 131–143, 2020, doi: 10.36378/jtos.v3i1.560.
G. Tomasila et al., “Evaluasi Kelola TI : Sumber Daya Manusia Dalam Pengelolaan SIAKAD Menggunakan Cobit 5,” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 145–159, 2024, doi: 10.35957/jtsi.v5i1.7755.
F. A. Soetedjo, D. Gustian, P. Studi, S. Informasi, and U. N. Putra, “Kepuasan mahasiswa sistem informasi universitas xyz terhadap layanan siakad,” pp. 1–7, 2022.
B. Suprapto, H. Simanjutak, and A. Setiawan, “Sistem Informasi Akademik (Siakad) Amik Dian Cipta Cendikia Pringsewu Berbasis Web,” J. Inform. Softw. dan Network), vol. 03, no. 02, pp. 10–16, 2022.
G. Sonia, S. Dr, and K. Almuttaqien, “Penggunaan Sistem Informasi Akademik (Siakad) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Kampus Mahad Aisyah Bogor,” J. Pemikir. Mhs. Agama Islam, vol. 2, no. 1, pp. 13–20, 2024.
R. T. Anugrah, M. I. Falevi, A. Sunarto, A. Shar, I. Agama, and I. Negeri Bengkulu, “Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi (Studi Pada Siakad Uin Fatmawati Sukarno Bengkulu),” Manag. Stud. Entrep. J., vol. 3, no. 1, pp. 60–73, 2022.
I.G.P. Asto Buditjahjanto, “Analisis Layanan Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi Berbasiskan Fuzzy Service Quality,” J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 9, no. 3, pp. 225–232, 2020, doi: 10.22146/.v9i3.264.
N. Iriadi, P. Priatno, and P. A. Sulistia, “Analisa Kepuasaan Pelanggan dalam Layanan Jasa Travel and Tour pada PT. Denar Pesona Menggunakan Metode Fuzzy Servqual,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 18, no. 2, pp. 192–201, 2019, doi: 10.30812/matrik.v18i2.371.
A. Y. Kungkung, E. Pratiwi, and C. M. Karyati, “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Online Menggunakan Fuzzy Servqual,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 12, no. 1, pp. 293–304, 2023.
K. Harefa, “Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Servqual,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 3, no. 2, pp. 211–219, 2022.
M. Ngirfani and D. S. Purnia, “Penerapan Metode Fuzzy Service Quality Untuk Menganalisa Kualitas Layanan Dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pemasang Iklan Pada Koran Harian Kompas,” Indones. J. Comput. Sci., vol. 11, no. 2, pp. 520–532, 2022, doi: 10.33022/ijcs.v11i2.3032.
E. Diana and R. Kurniah, “JITE ( Journal of Informatics and Telecommunication Engineering ) Analysis of Student Satisfaction Levels with Computer Laboratory,” vol. 8, no. July, pp. 83–93, 2024.


