Analisis Kualitas Layanan Website Pengadilan Negeri Jambi Dengan Metode Webqual 4.0

Penulis

  • Allbet Donzon Universitas Dinamika Bangsa
  • Marrylinteri Istoningtyas Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jms.2024.4.2.1959

Kata Kunci:

Analisis, Kualitas Layanan, WebQual 4.0, Website

Abstrak

Pengadilan Negeri Jambi adalah sebuah lembaga peradilan yang berada di tingkat pertama dari sistem peradilan di negara indonesia. Website Pengadilan Negeri Jambi telah menyediakan berbagai informasi namun tidak menutupi kemungkinan masih ada masalah atau kekurangan dari website pengadilan Negeri Jambi seperti kurang menariknya penampilan yang ada pada website, layanan pengaduan yang tidak mudah di pahami, tidak lengkap atau kurangnya informasi yang ditawarkan pihak website terhadap pengguna, kurang responsive mengenai layanan pengaduan diluar website (sosial media) serta terbatasnya informasi dan ketidaksesuaian jadwal persidangan yang telah di tentukan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna pada website Pengadilan Negeri Jambi dengan menggunakan metode webqual 4.0. Penelitian ini menggunakan 4 variabel yaitu Usability Quality, Information Quality, and Service Interaction Quality dan User Satisfaction. Responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 315 orang dan pernah menggunakan website Pengadilan Negeri Jambi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan software SPSS 2.5 untuk prngolahan data. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa hanya ada satu variavel yang signifikan terhadap kepuasan yaitu Service Interaction. Sedangkan dua variabel lainnya tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan yaitu Usability Quality dan Information Quality

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

F. Rohman and D. Kurniawan, “PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN BENCANA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0,” JURNAL ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI KOMPUTER, vol. 3, no. 1, pp. 31–38, 2017, [Online]. Available:

http://www.bsi.ac.idhttp://www.nusamandiri.ac.id

F. T. Talika, “MANFAAT INTERNET SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI BAGI REMAJADI DESA AIR MANGGA KECAMATAN LAIWUIKABUPATEN HALMAHERA SELATAN,” e-journal “Acta Diurna” , vol. V, no. 1, 2016.

Yodi, “Analisis Kualitas Situs Web Batampos Menggunakan Metode WebQual 4.0,” JURNAL RESTI(Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) , vol. 2, no. 2, pp. 591–596, 2018, doi: https://doi.org/10.29207/resti.v2i2.501.

R. Widayanti and J. Maknunah, “Analisis Website STIMATA Menggunakan System Usability Scale (SUS),” Jurnal Ilmiah Komputasi, vol. 20, no. 3, Sep. 2021, doi: 10.32409/jikstik.20.3.2776.

O. Kusuma, A. Munir, H. Surasa, P. Studi Teknik Informatika, and S. Kharisma Makassar, “USABILITY TESTING APLIKASI HI JOBS! MENGGUNAKAN TEKNIK PERFORMANCE MEASUREMENT DAN CONCURRENT

THINK ALOUD Oleh,” Jurnal KHARISMA Tech, vol. 18, no. 02, pp. 133–147, 2023, [Online]. Available: https://tech.kharisma.ac.id

H. A. Ramadhan, B. M. Purwaamijaya, and R. G. Guntara, “Pengaruh User Experience terhadap Customer Satisfaction pada Aplikasi Seluler Streaming Vidio,” JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, vol. 5, no. 2, pp. 122– 133, Aug. 2023, doi: 10.35746/jtim.v5i2.367.

A. Manik, I. Salamah, and E. Susanti, “PENGARUH METODE WEBQUAL4.0 TERHADAP KEPUASAN

PENGGUNA WEBSITE POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA,” Jurnal Elektro Telekomunikasi Terapan, vol. 4, no. 1, pp. 477–484, 2017.

A. Prabawa, E. Riani, Y. Wardiatno B A Program, S. Pengelolaan, S. Alam, and D. Lingkungan, “PENGARUH PENCEMARAN LOGAM BERAT TERHADAP STRUKTUR POPULASI DAN ORGAN TUBUH RAJUNGAN

(Portunus pelagicus, LINN) The The Influence of Heavy Metals Contamination to the Population Structure and Organs of the Blue Swimming Crab (Portunus pelagicus, LINN),” 2014.

R. Abadiyah and D. Purwanto, “Pengaruh Budaya Organisasi, Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Bank di Surabaya,” Jurnal Bisnis, Manajemen & Perbankan, vol. 2, no. 1, pp. 49–67, 2016, doi: https://doi.org/10.21070/jbmp.v2i1.837.

Y. Septiani, E. Arribe, and R. Diansyah, “ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SEVQUAL

(Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru),” JURNALTEKNOLOGIDANOPENSOURCE, vol. 3, no. 1, pp. 131–143, 2020, doi: https://doi.org/10.36378/jtos.v3i1.560.

R. A. Purnomo, Analisis Stastik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS, 3rd ed. Ponorogo: CV. WADE GROUP, 2017.

F. A. Artanto, H. H. Kusumawardani, A. Sukani, H. T. Buwono, and J. Pagenstu, “Analisis Kualitas Website Prodi Informatika Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan dengan Metode Webqual 4.0,” Remik: Riset dan E- Jurnal Manajemen Informatika Komputer, vol. 6, no. 2, pp. 216–224, 2022, doi: 10.33395/remik.v6i2.11493.

W. W. Ningsih, I. B. N. Udayana, and L. T. H. Hutami, “PENGARUH KUALITAS WEBSITE DAN KUALITAS SERVICE TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PENGGUNA SHOPEE ,” Jurnal Ilmiah

Edunomika, vol. 05, no. 01, pp. 516–527, 2021.

A. DS and R. Sanjaya, “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi MyARS Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Jurnal Komputer dan Informatika, vol. 9, no. 2, pp. 214–222, Oct. 2021, doi: 10.35508/jicon.v9i2.5273.

S. Amalia, S. Assegaff, and X. Sika, “ANALISIS KUALITAS WEBSITE CORONA.JAMBIPROV.GO.ID MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA),” Jurnal

Manajemen Teknologi dan Sistem Informasi (JMS) , vol. 1, no. 1, pp. 35–50, 2021.

G. Pratiwi and T. Lubis, “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN UD ADLI DI DESA SUKAJADI KECAMATAN PERBAUNGAN ,” Jurnal Bisnis

Mahasiswa, pp. 121–134, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30

Abstract views:

3

PDF Download:

2

DOI:

10.33998/jms.2024.4.2.1959

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Donzon, A., & Istoningtyas, M. (2024). Analisis Kualitas Layanan Website Pengadilan Negeri Jambi Dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Manajemen Teknologi Dan Sistem Informasi (JMS), 4(2), 877–885. https://doi.org/10.33998/jms.2024.4.2.1959