Perancangan UI/UX Aplikasi Learning Management System Menggunakan Metode Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.33998/jms.2023.3.1.753Keywords:
Sistem Manajemen Pembelajaran; Aplikasi; UI Design; UX Design; Design Thinking.Abstract
Metode pembelajaran yang digunakan di Indonesia sebagian besar menggunakan sistem pendidikan “tradisional” yaitu sebuah metode pembelajaran yang masih mengharuskan tenaga pendidik dan peserta didik bertemu didalam kelas pada waktu yang sama Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, metode tersebut dirasa kurang memuaskan dengan kedua belah pihak yang tidak mamppu bergerak secara dinamis. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah rancangan pembelajaran modern yaitu dengan memasukan unsur teknologi didalamnya, yaitu sebuah Learning Management System berupa aplikasi mobile dan website guna mendukung pembelajaran secara online. Untuk itu dibutuhkanlah pemahaman dan pendekatan yang bertujuan untuk menghasilkan suatu aplikasi Learning Management System yang mempunyai desain yang baik serta alur penggunaan yang mudah dipahami sehingga dapat mempermudah penerapan penggunaannya dengan menggunakan metode Design Thinking, sehingga dapat mengembangkan hasil berupa pemikiran pengguna mengenai hasil aplikasi yang akan dibuat.
Downloads
References
D. Haryuda Putra, M. Asfi, dan R. Fahrudin, “PERANCANGAN UI/UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING BERBASIS WEB PADA LAPORTEA COMPANY,” Rifqi Fahrudin Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, vol. 8, no. 1, 2021.
F. Rahmadi, S. Rozana, C. Rangkuti, R. Ependi, dan E. Harianto, “Pengembangan Manajemen Sekolah Terintegrasi Berbasis Sistem Informasi di Sumatera Utara,” Fitrah: Journal of Islamic Education, vol. 2, no. 1, hlm. 80–95, 2021, [Daring]. Tersedia pada: http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/fitrah
S. Julaeha, U. Islam, N. Sunan, G. Djati Bandung, E. Hadiana, dan Q. Y. Zaqiah, “Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum,” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 02, no. 1, hlm. 2021.
S. Y. Yulfianti dan R. M. Dewi, “Efek Learning Management System Berbasis Google Classroom dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa,” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 7, no. 2, hlm. 491, Jun 2021, doi: 10.33394/jk.v7i2.3717.
R. Ramadhani, Desain Pembelajaran Matematika Berbasis TIK : Konsep dan Penerapan, 1 ed., vol. 1. Yayasan Kita Menulis, 2020.
F. Aditya Pratama dan A. Wintarti, “PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, vol. 12, no. 1, 2023.
C. Sutianah, M. A. Nurhutami, dan L. Pingon, Kewirausahaan Desain, 1 ed., vol. 1. Jawa Tengah: Penerbit Laksana, 2022.
J. D. Lomas dan H. Xue, “Harmony in Design: A Synthesis of Literature from Classical Philosophy, the Sciences, Economics, and Design,” She Ji: The Journal of Design, Economics, and Innovation, vol. 8, no. 1, hlm. 5–64, Mar 2022, doi: 10.1016/J.SHEJI.2022.01.001.
J. C. K. Tham, Design Thinking in Technical Communication : Solving Problems Through Making and Collaboration, vol. 1. New York: Taylor & Francis, 2021.
R. Oktayuresti, W. Kurnia Putri, W. Pitaloka, W. Putri Meilia, Z. Alfarizi, dan U. Negeri Padang, “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Aplikasi Pesona Tanah Datar Pada Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Tanah Datar,” vol. 1, no. 2, 2022.
I. Gusti, N. Wiragunawan, S. Negeri, dan K. Selatan, “PEMANFAATAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DARING PADA SATUAN PENDIDIKAN,” vol. 2, no. 1, 2022.
R. Habibi dan R. Karnovi, Tutorial Membuat Aplikasi Sistem Monitor, 1 ed. Bandung : Kreatif Industri Indonesia , 2020.
A. Solichin, Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Penerbit Budi Luhur, 2016.
D. Deli, “Analisis User Interface pada Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Game Visual Novel,” Journal of Applied Informatics and Computing (JAIC), vol. 5, no. 1, hlm. 2548–6861, 2021, [Daring]. Tersedia pada: http://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAIC
F. Fariyanto dan F. Ulum, “PERANCANGAN APLIKASI PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN METODE UX DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KAMPUNG KURIPAN),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 2, hlm. 52–60, 2021, [Daring]. Tersedia pada: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
F. Kesuma Bhakti, I. Ahmad, dan Q. J. Adrian, “PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI PESAN ANTAR DALAM KOTA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KOTA BANDAR LAMPUNG),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 3, no. 2, hlm. 45–54, 2022, [Daring]. Tersedia pada: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
D. Hasnan Hariri, H. Hannie, I. Purnamasari, dan U. Singaperbangsa Karawang Abstract, “Analisis User Experience pada Website Waste4change Menggunakan Metode Single Ease Question,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 2022, no. 13, hlm. 95–108, doi: 10.5281/zenodo.6961319.
A. K. Nadhif, D. Taufiq W, M. F. Hussein, dan I. S. Widiati, “Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Dengan Pendekatan Design Thinking,” Jurnal IT CIDA, vol. 7, no. 1, 2021.
G. Karnawan, “IMPLEMENTASI USER EXPERIENCE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING PADA PROTOTYPE APLIKASI CLEANSTIC,” Jurnal Teknoinfo, vol. 15, no. 1, hlm. 61, Jan 2021, doi: 10.33365/jti.v15i1.540.
R. B. D. Putra, E. S. Budi, dan A. R. Kadafi, “Perancangan WebView Template Pada Android Studio Arctic Fox Studi Kasus: Dagangrumah.com,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 8, no. 6, hlm. 374, Des 2021, doi: 10.30865/jurikom.v8i6.3685.
M. Wahyudi, K. Hati, F. B. Larasati, J. Ismail, dan Solikhun, Fullstack Android Developer Aplikasi Penjualan Tiket Bioskop, 1 ed. Yayasan Kita Menulis, 2021.
H. Budiawan, Desain Media Interaktif SMK/MAK Kelas XII, 1 ed. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2021.
T. Wahyuningrum, Buku Referensi Mengukur Usability Perangkat Lunak, 1 ed. Yogyakarta: Deepublish, 2021.