Evaluasi Usability Aplikasi PeduliLindungi Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS)

Penulis

  • Arine Lupita Dyayu Universitas Dinamika Bangsa
  • Beny Beny Universitas Dinamika Bangsa
  • Herti Yani Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jms.2023.3.1.720

Kata Kunci:

evaluasi usability, usability test, system usability scale

Abstrak

PeduliLindungi adalah aplikasi hasil kolaborasi oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO), Kementrian Kesehatan (Kemenkes), Kementrian BUMN, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Diseases (COVID-19). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Usability Testing dan System Usability Scale (SUS). Usability Testing merupakan pengukuran tentang seberapa mudah sistem saat digunakan dan kendala yang ditemukan saat penggunaannya untuk dapat dievaluasi dan menghasilkan data yang relevan terkait pengujian yang dilaksanakan. Sedangkan System Usability Scale (SUS) merupakan alat pengujian yang dikembangkan oleh John Brooke dengan menerapkan sepuluh pertanyaan yang memberikan pandangan global secara subjektif mengenai ketergunaan. Terdapat 4 metrik yang diukur dalam usability testing yaitu learnability, time based efficiency, error rate dan satisfaction atau hasil kuesioner system usability scale. Usability testing memiliki 6 task scenario yang diujikan kepada 5 partisipan. Hasil dari pengujian akan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif, pada metrik learnability didapatkan persentase sebesar 68% yang menyatakan bahwa aplikasi PeduliLindungi masih berada dibawah rata-rata dalam segi keberhasilan pengguna. Lalu, pada metrik efficiency didapatkan nilai sebesar 0,03 goals/sec dimana hanya 3% dari tugas yang dapat dilakukan dalam waktu 1 detik. Metrik error didapatkan hasil sebesar 29% atau 0,29 dimana persentase tersebut menyatakan bahwa tingkat error aplikasi PeduliLindungi berada dibawah rata-rata. Dan pada metrik satisfaction hasil rata-rata skor yang didapatkan adalah 56, dimana hasil pengujian kuesioner SUS masih berada dibawah rata-rata. Dari permasalahan yang ditemukan, terdapat 3 rekomendasi perbaikan yang disarankan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Republik Indonesia. Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government.

D. Y. T. Wardhana. “EVALUASI USABILITY PADA APLIKASI LUMAJANGGO DENGAN MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING.” S1. Thesis, Universitas Brawijaya, Malang, 2021.

N. S. Gunawan. “EVALUASI USABILITY PADA APLIKASI KEHADIRAN KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING DAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS).” S1. Thesis, Universitas Brawijaya, Malang, 2021.

K. Nissa, H. M. Az-zahra, and Y. Mursityo. “Evaluasi Usability Pada Aplikasi Perbankan Jenius Dengan Metode Usability Testing”. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol.3, no.10, Oktober 2019, p.9708-9716.

N. Permana, I. Aknuranda, and R. Rokhmawati. “Evaluasi Usability pada Aplikasi Grab dengan Menggunakan Metode Pengujian Usability”. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol.2, no.10, Oktober 2018, p.3150-3156.

U. Ependi, F. Panjaitan, and Hutrianto. “System Usability Scale Antarmuka Palembang Guide Sebagai Media Pendukung Asian Games XVIII”. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, vol.3, no.2, Oktober 2017, p.102-107.

J. Nielsen. “Usability 101: Introduction to Usability.” Internet: https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/, Jan. 3, 2012 [Sept. 10, 2021].

M. McCloskey. “Turn User Goals into Task Scenarios for Usability Testing.” Internet: https://www.nngroup.com/articles/task-scenarios-usability-testing/, Jan. 12, 2014 [Nov. 26, 2021].

C. M. Barnum. (2020, June 27). Usability Testing Essentials: Ready, Set.. Test!. (2nd Edition). [On-line]. Available: https://id1lib.org/book/5623528/fdaf12 [Sept 7, 2021]

John Brooke. “SUS: A Retrospective”. Journal Of Usability Studies, vol.8, pp.29-40, 2013.

J. Nielsen and R. Budiu. “Success Rate: The Simplest Usability Metric”. Internet: https://www.nngroup.com/articles/success-rate-the-simplest-usability-metric/ , Jul. 20, 2021. [Nov. 3, 2021].

J. Mifsud. “Usability Metrics – A Guide To Quantify The Usability Of Any System”. Internet: https://usabilitygeek.com/usability-metrics-a-guide-to-quantify-system-usability/ , 2015. [Nov. 3, 2021].

J. Sauro. “Measuring Errors in the User Experience”. Internet: https://measuringu.com/errors-ux/ , May. 15, 2012. [Nov. 3, 2021].

J. Sauro. “What Is A Good Task-Completion Rate?”. Internet: https://measuringu.com/task-completion/ , Mar. 21, 2011 [Dec. 20, 2021].

J. Sauro. “10 Benchmarks for User Experience Metrics”. Internet: https://measuringu.com/ux-benchmarks/ , Oct. 16, 2012 [Dec. 20, 2021].

J. Sauro. “Measuring Usability with the System Usability Scale (SUS)”. Internet: https://measuringu.com/sus/ , Feb. 2, 2011 [Dec. 20, 2021].

G. M. Ningrum. “EVALUASI USABILITY WEBSITE KEMENKUMHAM KANTOR WILAYAH JAMBI MENGGUNAKAN METODE USABILITY TEST DAN SYSTEM USABILITY SCALE”. S1. Thesis, Universitas Dinamika Bangsa, Jambi, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-31

Abstract views:

543

PDF Download:

680

DOI:

10.33998/jms.2023.3.1.720

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Lupita Dyayu, A., Beny, B., & Yani, H. (2023). Evaluasi Usability Aplikasi PeduliLindungi Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS). Jurnal Manajemen Teknologi Dan Sistem Informasi (JMS), 3(1), 395–404. https://doi.org/10.33998/jms.2023.3.1.720