Jasa Pengiriman; Kepuasaan Kon Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Layanan Ekspedisi J&T Express Dengan Metode Algoritma Naive Bayes
DOI:
https://doi.org/10.33998/jms.2022.2.1.39Keywords:
Jasa Pengiriman; Kepuasaan Konsumen; Naive Bayes ClassifierAbstract
J&T Express adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengiriman barang yang beroperasi di Indonesia, yang didirikan pada tanggal 20 Agustus 2015. Perusahaan yang harus terus berinovasi agar dapat bersaing dengan kompetitor serta harus mempertahankan konsumen. Semacam inovasi teknologi pada sistem pengiriman, dan pelayan yang mengutamakan tenggung jawab serta tingkatkan loyalitas konsumen supaya dapat mempertahankan kepuasan konsumennya. Kualitas pelayanan jasa pengiriman memiliki kedudukan penting dalam menciptakan kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan harus dilakukan oleh perusahaan agar dapat bertahan dan tetap memperoleh kepercayaan konsumen. Seiring waktu, pelanggan sering membicarakan layanan J&T Express. Pelanggan biasanya menyampaikan pandangan dan pendapatnya melalui kolom komentar aplikasi J&T yang disediakan oleh Google Play. J&T Express memiliki aplikasi di Google Playstore yang menyediakan informasi layanan dan umpan balik pelanggan. Pendapat pelanggan melalui komentar di aplikasi J&T juga berbeda. Metode yang digunakan adalah Naive Bayes Classifier. Naive Bayes Classifier adalah pengklasifikasi peluang sederhana yang menerapkan teori Bayes dengan keyakinan bahwa independensinya tinggi.
Downloads
References
R. Y. Hayuningtyas, “Penerapan Algoritma Naïve Bayes untuk Rekomendasi Pakaian Wanita,” J. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 18–22, 2019, doi: 10.31311/ji.v6i1.4685.
T. Vara, A. Adinda, and G. Ernestivita, “Pengaruh Kualitas Layanan, Brand image, dan Harga Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa di J&T Express Gatot Subroto Nganjuk,” pp. 997–1006, 2015.
I. Sueni and P. H. Loebis, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Loyalitass Pelanggan J&T Express Blangkejeren,” J. Ilm. Mhs. Ekon. Manaj., vol. 4, no. 2, pp. 330–345, 2019.
A. Subarka and E. D. Susanti, “Analisis Faktor-Faktor yang Dipertimbangkan Konsumen dalam Menggunakan Jasa Ekspedisi J&T Express,” J. Bisnis Indones., vol. 10, no. 1, pp. 92–104, 2018.
A. F. Kamal and B. Widjajanto, “Text Mining Untuk Analisa Sentiment Ekspedisi Jasa Pengiriman Barang Menggunakan Metode Naive Bayes Pada Aplikasi J&T Express,” Ijccs, no. x, pp. 1–5, 2017.
B. A. B. Iii, “n =,” pp. 15–22, 2019.
I. Fortuna, J. Widodo, and S. Wahyuni, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Pengiriman J&T Express Cabang Lumajang (Studi Kasus pada J&T Express Jalan Veteran Ruko Royal Regency No. R-7 Lumajang),” J. Ilm. Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon. dan Ilmu Sos., vol. 14, no. 2, pp. 290–293, 2020, doi: 10.19184/jpe.v14i2.15791.
B. A. B. Ii and L. Teori, “Pengertian datmin,” pp. 6–27, 2007.
N. Ika, P. Kalingara, O. N. Pratiwi, and H. D. Anggana, “Analisis Sentimen Review Customer Terhadap Layanan Ekspedisi Jne Dan J & T Express Menggunakan Metode Naïve Bayes Sentiment Analysis Review Customer of Jne and J & T Express Expedition Services Using Naïve Bayes Method,” vol. 8, no. 5, pp. 9035–9048, 2021.
N. Y. Septian, “Data Mining Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Kelulusan Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro,” J. Semant. 2013, pp. 1–11, 2009.