Sistem Informasi Manajemen Keuangan Sekolah Excellent Mandiri School Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.33998/jms.2024.4.2.1739Kata Kunci:
Manajemen_Keuangan; Perancangan; Sistem_InformasiAbstrak
− Penting suatu Lembaga pendidikan menerapkan teknologi di semua aktifitas kegiatan, terutama bagian keuangan. Sangat penting bagi lembaga pendidikan untuk memiliki manajemen keuangan agar proses pendidikan dapat berjalan dengan lancar dan mencapai tujuannya. Excellent Mandiri School adalah salah satu satuan pendidikan dengan jenjang SD dan TK di Mayang Mangurai, Kec Alam Barajo, Kota Jambi. Sistem Manajemen keuangan yang berjalan pada sekolah Excellent Mandiri School belom optimal karena masih melakukan pencatatan dan penyimpanan data keuangan yang ditulis dalam buku agenda dengan menggunakan kalkulator dan Microsoft excel sebagai alat perhitunganya, Salah satu kendala yang dialami pihak sekolah yaitu karna data tidak terintegrasi maka banyak nya file excel yang digunakan untuk mengolah berbagai macam jenis dana seperti uang Infaq, uang tabungan , uang Buku, untuk SPP dan Baju dicatat pada buku agenda oleh pihak sekolah. Sehingga staff keuangan sering terhambat dan mengalami kesulitan dalam membuat laporan keuangan dengan efektif dan akurat. maka perlu adanya suatu system informasi manajemen keuangan yang diharapkan dapat membantu kinerja bendahara sehingga pengelolaan keuangan sekolah dapat lebih efektif dan efisien, selain itu juga dengan adanya system informasi manajemen keuangan excellent mandiri school dapat mengatasi terjadinya kehilangan arsip dan dapat membuat laporan keuangan lebih akurat.
Unduhan
Referensi
N. Komariah, “Konsep Manajemen Keuangan,” Manaj. Keuang. Pendidik., vol. 6, no. Teori Kinrja, pp. 67–94, 2018.
R. Pusvitasari and M. Sukur, “MANAJEMEN KEUANGAN SEKOLAH DALAM PEMENUHAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN (Studi kasus di SD Muhammadiyah 1 Krian, Sidoarjo),” AL-TANZIM J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 4, no. 1, pp. 94–106, 2020, doi: 10.33650/al-tanzim.v4i1.959.
A. Said, “Kepemimpinan Budaya Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah,” vol. 2, no. 1, pp. 257–273, 2018.
R. Ahmad and S. Ghavifekr, “FINANCIAL LITERACY EDUCATION AND RETIREMENT PLANNING IN MALAYSIA,” Malaysian Online J. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 48–61, 2014.
U. Centerwall and J. Nolin, “Using an infrastructure perspective to conceptualise the visibility of school libraries in Sweden,” Inf. Res., vol. 24, no. 3, 2019.
Yakub, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2016.
A. Habib and B. Al Kindhi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Keuangan Sekolah Design of School Financial Management Information System,” Intensif, vol. 2, no. 2, pp. 2549–6824, 2018.
J. Iskandar, “Implementasi Sistem Manajemen Keuangan Pendidikan,” J. Idaarah, vol. 3, no. 1, pp. 114–123, 2019.
Arwildayanto, N. Lamatenggo, and W. T. Sumar, Manajemen Keuangan Dan Pembiayaan Pendidikan, vol. 110, no. 9. 2017.
Elisabet Yunaeti Anggraeni dan Rita Irviani, Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2017.
R. Fauzan, D. Siahaan, S. Rochimah, and E. Triandini, “Use case diagram similarity measurement: A new approach,” in 2019 12th International Conference on Information & Communication Technology and System (ICTS), 2019, pp. 3–7.
R. Fauzan, D. Siahaan, S. Rochimah, and E. Triandini, “Class diagram similarity measurement: a different approach,” in 2018 3rd International Conference on Information Technology, Information System and Electrical Engineering (ICITISEE), 2018, pp. 215–219.
F. Zamzami, N. D. Nusa, and I. A. Faiz, Sistem Informasi Akuntansi. UGM PRESS, 2021.
A. Christian and S. Suhartini, “Implementasi Model Prototipe Pada Perancangan Sistem Informasi Inventaris,” J. Sist. Inf. dan Sains Teknol., vol. 1, no. 2, pp. 1–10, 2019, doi: 10.31326/sistek.v1i2.674.
T. Abdulghani and M. M. H. Gozali, “Sistem Konsultasi dan Bimbingan Online Berbasis Web Menggunakan Webrtc (Studi Kasus : Fakultas Teknik Universitas Suryakancana),” Media J. Inform., vol. 11, no. 2, p. 42, 2020, doi: 10.35194/mji.v11i2.1037.