Perancangan Sistem Informasi Manajemen Stok Dan Penjualan Pada Toko Oli Joni

Penulis

  • Maichel Hardi
  • Jasmir
  • Despita Meisak Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jms.2022.2.2.167

Kata Kunci:

Perancangan, Sistem, Informasi, Manajemen, Penjualan

Abstrak

Toko Oli Joni merupakan salah satu toko oli yang terdapat di Jambi yang bergerak di bidang penjualan oli dan sparepart mobil. Selama ini proses pendataan pembelian dan penjualan pada Toko Oli Joni masih mengalami permasalahan diantaranya perhitungan stok oli yang masih menggunakan kartu stok sehingga dengan cara ini membuat pekerjaan menjadi tidak efektif dan efisien, proses pembuatan laporan rekapan pembeToko Oli Joni merupakan salah satu toko oli yang terdapat di Jambi yang bergerak di bidang penjualan oli dan sparepart mobil. Selama ini proses pendataan pembelian dan penjualan pada Toko Oli Joni masih mengalami permasalahan diantaranya perhitungan stok oli yang masih menggunakan kartu stok sehingga dengan cara ini membuat pekerjaan menjadi tidak efektif dan efisien, proses pembuatan laporan rekapan pembelian, penjualan dan stok produk membutuhkan waktu dikarenakan harus di hitung satu per satu, pencatatan data tanggal, nama barang, kuantitas dan total penjualan masih menggunakan buku besar dan buku nota sehingga rentan terjadi kesalahan dalam pencatatan dan kehilangan lembaran nota. Penelitian ini memiliki tahapan yaitu perumusan masalah, studi literatur, pengumpulan data dan pembuatan laporan. Sehingga menghasilkan sistem yang dapat memberikan kemudahan dalam pengolahan data pembelian, penjualan, pencarian dan pembuatan laporan, mempermudah admin dalam mengontrol data stok sehingga membantu Toko Oli Joni dalam pengolahan data menjadi lebih baik dan teratur.lian, penjualan dan stok produk membutuhkan waktu dikarenakan harus di hitung satu per satu, pencatatan data tanggal, nama barang, kuantitas dan total penjualan masih menggunakan buku besar dan buku nota sehingga rentan terjadi kesalahan dalam pencatatan dan kehilangan lembaran nota. Penelitian ini memiliki tahapan yaitu perumusan masalah, studi literatur, pengumpulan data dan pembuatan laporan. Sehingga menghasilkan sistem yang dapat memberikan kemudahan dalam pengolahan data pembelian, penjualan, pencarian dan pembuatan laporan, mempermudah admin dalam mengontrol data stok sehingga membantu Toko Oli Joni dalam pengolahan data menjadi lebih baik dan teratur.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Untung Suprapto, Pemodelan Perangkat Lunak SMK/MAK Kelas XI, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2021, p. 37.

Indyah Hartami Santi, Analisa Perancangan Sistem, Bojong: PT. Nasya Expanding Management, 2020, pp. 20-71.

Achmad Sidik., Perancangan Sistem Informasi E-Recruitment Guru Studi Kasus di SMK Kusuma Bangsa, 2018, p. 69.

Abdul Kadir, Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2014, p. 2.

Dian Meilantika, Sistem Informasi Penjualan dan Jasa Service Kompor Gas Berbasis Web (Studi kasus pada PT. Ogan Gasindo Utama), vol. 9, 2021, p. 20.

Evi Triandini dan . I Gede Suardika, Step By Step Desain Proyek Menggunakan UML, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2017, pp. 18-50.

Rosa A. S. dan . M. Shalahuddin, Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak, Bandung: Modula, 2011, pp. 23-138.

Muhamad Muslihudin dan . Oktafianto, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstuktur dan UML, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2016, p. 28.

Agri Noor Hidayat, Belajar HTML Kelas Ringkas (Edisi Pertama), Wonogiri: Anh Books, 2015, p. 5.

Mundzir MF, Buku Sakti Pemrograman Web Seri PHP, Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia, 2020, p. 3.

Agus Saputra dan . Feni Agustin, Membangun Sistem Aplikasi E-Commerce dan SMS, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2012, pp. 2-9.

Madcoms, Aplikasi Web Database Dengan Dreamweaver dan PHP MySQL, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2011, pp. 140-2.

Riyanto, Membuat Sendiri Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web dengan PHP dan PostgreSQL, Yogyakarta: Gava Media, 2011, p. 7.

Julianto Simatupang., Perancangan Sistem Informasi Jasa Service Kendaraan dan Penjualan Suku Cadang Pada Jaya Bersama, vol. 3, 2019.

Thomas Fernando, Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Happiness Fotokopi Jambi, vol. 2, 2020.

Devi, Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pada Tahu KJ Jambi, vol. 2, 2020.

Perawati, Perancangan Sistem Informasi Penjualan Sepeda Motor Pada CV. Relasi Jambi, vol. 2, 2020.

Lidia Tan, Perancangan Sistem Informasi Penjualan online pada CV. Sanjo Motor Jambi, vol. 2, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-29

Abstract views:

431

PDF Download:

555

DOI:

10.33998/jms.2022.2.2.167

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Maichel Hardi, Jasmir, & Meisak, D. (2022). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Stok Dan Penjualan Pada Toko Oli Joni. Jurnal Manajemen Teknologi Dan Sistem Informasi (JMS), 2(2), 266–274. https://doi.org/10.33998/jms.2022.2.2.167

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama