Analisis pola pembelian produk pada PT Big Royal Lestari dengan Algoritma Apriori

Penulis

  • Maria Florensia Universitas Dinamika Bangsa
  • Jasmir Universitas Dinamika Bangsa
  • Yulia Arvita Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jms.2022.2.2.82

Kata Kunci:

Algoritma Apriori; Data Mining; Assosiation Rule; RapidMiner; Pola Pembelian Produk

Abstrak

PT Big Royal Lestari adalah perusahaan besar dalam industri biskuit di Indonesia. Perusahaan Pt Big Royal Lestari  melakukan proses jual dan beli biskuit yang bermacam merek. Banyak  transaksi jual beli pada perusahaan ini maka semakin banyak juga data penjualan dan pembeliaan maka lama kelamaan juga dapat bertambah banyak. Jika tidak di data maka data tersebut akan terbengkalai dan tidak berguna, maka daripada itu data pada proses transaksi pada proses penjualan ini akan terbuang dan tidak ada artinya. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi maka akan semakin banyak juga cara untuk mengumpulkan serta mengolah data tersebut. Data-data transaksi penjualan dan pembelian itu bukan hanya memiliki fungsi sebagai arsip untuk perusahaan ini, tetapi juga data transaksi itu   bisa dimanfaatkan serta diolah menjadi informasi yang bermanfaat dalam peningkatan penjualan dan juga pemasaran barang ataupun produk. Adapun tujuan dalam penelitian yaitu untuk menentukan bagaimana pola pembelian pada konsumen dengan cara menganalisa keterkaitan antara produk yang keluar secara bersamaan. Adapun  metode dalam data mining yang akan digunakan pada penelitian ini yaitu metode assosiasi. Proses yang akan dilakukan yaitu untuk mengolah sebuah data yang  di gunakan  dalam penelitian ini dengan mengggunakan tools RapidMiner.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

H. Santoso, I. P. Hariyadi, and Prayitno, “Data Mining Analisa Pola Pembelian Produk,” Tek. Inform., no. 1, pp. 19–24, 2016, [Online]. Available: http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/download/1267/1200.

A. S. Auliadaya, M. Rizki, and M. A. F. Azhary, “Analisa Pola Pembelian Produk Pada Toko Cimahi- Apriori,” Manaj. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 58–69, 2019.

Yufri Anggraini, “Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 3, pp. 2415–2422, 2021.

B. Berbasis and K. Lokal, Program Studi Ilmu Administrasi Publik, no. 33. 2019.

Y. Septiani, E. Aribbe, and R. Diansyah, “Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru),” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 3, no. 1, pp. 131–143, 2020, doi: 10.36378/jtos.v3i1.560.

S. B. Darma, “Implementasi Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Obat ( Studi Kasus : Apotik Rumah Sakit Estomihi Medan ) Implementasi Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Obat ( Studi Kasus : Apotik Rumah Sakit Estomihi Medan ),” J. Tek. Inform., vol. 4, no. August 2013, pp. 71–83, 2017.

P. Penjualan, U. D. Bakery, T. Apriani, D. Suhendro, and W. Saputra, “Analisis Konsumen Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Pada Penjualan Ud.Bakery Garden,” vol. 2, pp. 305–314, 2020.

N. R. S. Purba and F. Riandari, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Analisis Keranjang Belanja Pada Transaksi Penjualan Pada PT Madu Kembang Joyo,” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 69–74, 2021, doi: 10.32672/jnkti.v4i1.2745.

D. Maulana and M. Kiptiyah, “Analisa Pembelian Konsumen Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Pada Galeri Elzatta Cikarang,” vol. 10, pp. 18–26, 2019.

R. Yanto and H. Di Kesuma, “Pemanfaatan Data Mining Untuk Penempatan Buku Di Perpustakaan Menggunakan Metode Association Rule,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2017, doi: 10.35957/jatisi.v4i1.83.

A. Z. Hidayat, “Penerapan Algoritma Apriori Untuk Menentukan Strategi Penjualan Pada Rumah Makan ‘ Dapoer Emak ’ Pati,” 2017.

R. Febrian, F. Dzulfaqor, M. N. Lestari, A. A. Romadhon, and E. Widodo, “Analisis pola pembelian obat di apotek uii farma menggunakan metode algoritma apriori,” pp. 49–54, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-29

Abstract views:

169

PDF Download:

183

DOI:

10.33998/jms.2022.2.2.82

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Maria Florensia, Jasmir, & Arvita, Y. (2022). Analisis pola pembelian produk pada PT Big Royal Lestari dengan Algoritma Apriori. Jurnal Manajemen Teknologi Dan Sistem Informasi (JMS), 2(2), 256–265. https://doi.org/10.33998/jms.2022.2.2.82

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama