Pengurusan Jenazah Berbasis Augmented Reality Dengan Metode MDLC Pada Pondok Pesantren Bidayatul Ulum

Penulis

  • Despita Meisak Universitas Dinamika Bangsa
  • Nurhadi Universitas Dinamika Bangsa
  • Dodo Zaenal Abidin Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jms.2024.4.2.1827

Kata Kunci:

AR, Pembelajaran_Interaktif, Inovasi. MDLC

Abstrak

 Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan yaitu teknologi Augmented Reality (AR). Pondok Pesantren Bidayatul ulum merupakan lembaga pendidikan agama islam swasta, yang mana dalam islam pengurusan  jenazah hukumnya adalah fardu kifayah. Untuk peningkatan pemahaman santri tentang pengurusan jenazah dengan teknik demonstrasi dapat memanfaatkan teknologi yaitu berbasis Augment reality. Augmented Reality merupakan aplikasi penggabungan dunia nyata dengan dunia maya dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi yang diproyeksikan dalam sebuah lingkungan nyata dalam waktu yang bersamaan. Inovasi pada media pembelajaran ini bertujuan untuk menyajikan informasi dengan tampilan yang menarik. dengan suara dan keterangan serta fitur berdasarkan materi persiapan apa saja yang harus disediakan untuk pengurusan hingga menguburkan jenazah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode MDLC  dan hasil dari penelitian ini berupa media pembelajaran interaktif dengan Augmented Reality. Target inovasi pada media pembelajaran ini yaitu meningkatnya pemahaman santri tentang tata cara pengurusan jenazah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

N. K. Ilmawan Mustaqim, S.Pd.T., M.T, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY,” J. Edukasi Elektro, vol. 1, no. 1, pp. 36–48, 2017, doi: 10.37905/jji.v4i2.16448.

D. Mariyati, P. S. Cholifah, and S. Sukamti, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia untuk Kelas V Sekolah Dasar,” J. Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidik., vol. 1, no. 12, pp. 991–1002, 2022, doi: 10.17977/um065v1i122021p991-1002.

M. P. Dr. Ani Cahyadi, S.Ag., Pengembangan Media dan Sumber Belajar, vol. 53, no. 9. 1981.

J. Maknuni, “Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19,” Indones. Educ. Adm. Leadersh. J., vol. 02, no. 02, pp. 94–106, 2020, [Online]. Available: https://online-journal.unja.ac.id/IDEAL/article/view/10465

W. Senge, “Pemanfaatan Smartphone sebagai Media Pembelajaran Mandiri pada Anak di Kabupaten Kupang,” PENSOS J. Penelit. dan Pengabdi. Pendidik. Sosiol., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2023, doi: 10.59098/pensos.v1i1.942.

R. Y. Endra, A. Cucus, and M. Ciomas, “Penerapan Teknologi Augmented Reality bagi Siswa untuk meningkatkan Minat Belajar Bahasa Mandarin di Sekolah,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. TABIKPUN, vol. 1, no. 1, pp. 19–30, 2020, doi: 10.23960/jpkmt.v1i1.9.

K. Nistrina, “Penerapan Augmented Reality dalam Media Pembelajaran,” J. Sist. Informasi, J-SIKA, vol. 03, no. 01, pp. 1–6, 2021.

I. Mustaqim, “PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 13, no. 2, pp. 728–732, 2016, doi: 10.1109/SIBIRCON.2010.5555154.

D. S. Waliyuddin and D. Sulisworo, “High Order Thinking Skills and Digital Literacy Skills Instrument Test,” Ideguru J. Karya Ilm. Guru, vol. 7, no. 1, pp. 47–52, 2022, doi: 10.51169/ideguru.v7i1.310.

T. E. Musthafa Dib Al-Bugha, Penjelasan kitab matan abu syuja dengan dalil AL - Quran dan hadist. Bandung: Noura, 2017.

B. Harahap, “Pelatihan Fardhu Kifayah Berbasis Multimedia Pada Serikat Tolong Menolong Istiqomah (STMI),” J. Pengabdi. Masy. Gemilang, vol. 1, no. 1, 2021.

Mustika, “Rancang Bangun Aplikasi Sumsel Museum Berbasis Mobile Menggunakan Metode Pengembangan Multimedia Development Life Cycle (Mdlc),” J. Mikrotik, vol. 8, no. 1, pp. 1–14, 2018.

Elisabet Yunaeti Anggraeni dan Rita Irviani, Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2017.

R. Fauzan, D. Siahaan, S. Rochimah, and E. Triandini, “Use case diagram similarity measurement: A new approach,” in 2019 12th International Conference on Information & Communication Technology and System (ICTS), 2019, pp. 3–7.

R. Fauzan, D. Siahaan, S. Rochimah, and E. Triandini, “Class diagram similarity measurement: a different approach,” in 2018 3rd International Conference on Information Technology, Information System and Electrical Engineering (ICITISEE), 2018, pp. 215–219.

F. Zamzami, N. D. Nusa, and I. A. Faiz, Sistem Informasi Akuntansi. UGM PRESS, 2021.

L. A. M. Kegou, A. E. Budianto, and W. Harianto, “Pemilihan Siswa Terbaik Di Sma Selamat Pagi Indonesia Menggunakan Metode Ahp,” Semin. Nas. FST 2019, vol. 2, no., pp. 258–271, 2019.

S. Muharni, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta : CV Bintang, 2020.

A. Christian and S. Suhartini, “Implementasi Model Prototipe Pada Perancangan Sistem Informasi Inventaris,” J. Sist. Inf. dan Sains Teknol., vol. 1, no. 2, pp. 1–10, 2019, doi: 10.31326/sistek.v1i2.674.

T. Abdulghani and M. M. H. Gozali, “Sistem Konsultasi dan Bimbingan Online Berbasis Web Menggunakan Webrtc (Studi Kasus : Fakultas Teknik Universitas Suryakancana),” Media J. Inform., vol. 11, no. 2, p. 42, 2020, doi: 10.35194/mji.v11i2.1037.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30

Abstract views:

19

PDF Download:

26

DOI:

10.33998/jms.2024.4.2.1827

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Meisak, D., Nurhadi, & Zaenal Abidin, D. (2024). Pengurusan Jenazah Berbasis Augmented Reality Dengan Metode MDLC Pada Pondok Pesantren Bidayatul Ulum . Jurnal Manajemen Teknologi Dan Sistem Informasi (JMS), 4(2), 785–792. https://doi.org/10.33998/jms.2024.4.2.1827