Rancang Bangun Chatbot Reservasi Kelas Kursus Pada Stephen Komputer Jambi Dengan Metode Forward Chaining
DOI:
https://doi.org/10.33998/processor.2021.16.2.995Abstrak
Bagian Helpdesk atau Customer Service dalam memberikan informasi dan bantuan yang berkaitan dengan jasa kursus di Stephen Komputer Jambi saat ini masih menggunakan sistem konvesional, yaitu dengan layanan via telepon maupun dengan tatap muka secara langsung. Begitu pula sistem reservasi atau pendaftaran kelas kursus yang juga masih mengadopsi sistem yang sama. Layanan konvensional tersebut tentunya akan banyak menyita waktu dan biaya baik bagi customer dan pihak perusahaan, dimana layanan via telepon tentunya akan menyita waktu dan memungkinkan terjadinya antrian. Customer service memiliki keterbatasan dalam melayani pelanggan karena hanya dapat melayani pada jam kerja dan jumlah personal yang terbatas. Chatbot merupakan suatu aplikasi yang dirancang untuk berkomunikasi dengan mesin. Aplikasi Chatbot di harapkan mampu menggantikan peran customer service untuk dapat merespon pelanggan lebih cepat, dapat melayani beberapa customer secara serentak dan tidak terpaku pada jam kerja. Aplikasi Chatbot dibangun menggunakan metode forward chaining dengan Framework Botman. Penelitian ini membatasi aplikasi messenger yang dipakai sebagai Chatbot adalah Telegram Messengger . Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah Aplikasi Chatbot yang dapat melayani Customer dalam hal Informasi, bantuan dan Reservasi Kelas Kursus di Lembaga Pelatihan dan Pendidikan Stephen Komputer Jambi.
Kata Kunci : Chatbot Helpdesk, Forward Chaining, botman, chatbot telegram.