PENGEMBANGAN DAN PENGUJIAN ASPEK USABILITY PADA SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (STUDI KASUS: STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI)

Penulis

  • AYU SETIAWATI STIKOM Dinamika Bangsa Jambi
  • ABDUL RAHIM STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI
  • DESI KISBIANTY STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI

Abstrak

Pengembangan sistem informasi perpustakaan dalam bentuk prototipe yang selanjutnya diuji dengan usability testing menggunakan SUS (Sytem Usability Scale) akan menghasilkan prototipe yang telah memenuhi aspek usability untuk direkomendasikan, selain itu rekomendasi juga diberikan untuk permasalahan yang terdapat pada sistem informasi perpustakaan yang telah diimplementasikan dengan melakukan pengelompokkan terhadap komponen-komponen heuristik. Pengembangan menghasilkan prototipe fitur pengusulan buku, bantuan dosen/mahasiswa, pengelolaan usulan buku, dan bantuan admin. Dengan melibatkan 30 responden, hasil pengujian prototipe menunjukkan keberhasilan menjalankan skenario diatas 90% serta mendapat nilai SUS sebesar 70 untuk acceptable ranges menunjukkan bahwa prototipe yang diujikan berada pada posisi marginal high, untuk grade scale berarti bernilai D, dan untuk adjective ratings dapat dikatakan Good dan telah berada diatas nilai rata-rata yaitu 68. Dilakukan perbaikan prototipe berdasarkan saran responden, serta rekomendasi untuk permasalahan yang ada pada sistem yang sedang diimplementasikan berdasarkan aspek heuristik dari jurnal relevan, sehingga penelitian ini dapat menjadi rujukan pengembang perpustakaan untuk merancang sistem informasi yang sesuai dengan standar usability.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2018-04-30

Abstract views:

718

PDF Download:

1038

Dimension Badge:

Cara Mengutip

SETIAWATI, A., RAHIM, A., & KISBIANTY, D. (2018). PENGEMBANGAN DAN PENGUJIAN ASPEK USABILITY PADA SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (STUDI KASUS: STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI). Jurnal PROCESSOR, 13(1), 1173–1188. Diambil dari https://ejournal.unama.ac.id/index.php/processor/article/view/453

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2