Penulis

  • Sandy Anugrah
  • Ali Sadikin
  • Erick Fernando

Kata Kunci:

Abstrak

Madrasah Nurul Hidayah merupakan lembaga pendidikan yang mengajarkan tentang agama islam, salah satunya yang diajarkan adalah pengenalan tuntunan sholat fardhu. Proses belajar selama ini masih menggunakan buku dengan didampingi oleh guru agama, dan sedikitnya waktu jam belajar tidak cukup bagi guru di Madrasah Ibtidaiah Nurul Hidayah untuk melakukan praktik sholat di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan augmented reality sebagai media pengenalan tuntunan sholat berbasis Android secara virtual dan menjadi alternatif media pembelajaran yang menarik. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall dengan pemodelan sistem menggunakan UML. Pengembangan sistem yang digunakan yaitu Unity 3D yang ditambah dengan Android SDK dan Vuforia SDK. Penelitian ini menghasilkan aplikasi tuntunan sholat yang dapat menampilkan animasi gerakan sholat dalam bentuk 3D dan ditampilkan secara virtual atau seolah-olah objek tersebut nyata. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa setiap modul pada aplikasi telah berjalan dengan baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2018-02-07

Abstract views:

56

PDF Download:

110

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Anugrah, S., Sadikin, A., & Fernando, E. (2018). Jurnal PROCESSOR, 12(2), 1044–1055. Diambil dari https://ejournal.unama.ac.id/index.php/processor/article/view/338

Terbitan

Bagian

Articles