Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi DPS-Denpasar Prama Sewaka Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)
DOI:
https://doi.org/10.33998/processor.2025.20.2.2483Kata Kunci:
End User Computing Satisfaction, DPS - Denpasar Prama Sewaka, User Satisfaction, e-government, SEM-PLS, Smart cityAbstrak
Kemajuan teknologi informasi mendorong instansi pemerintah untuk mengadopsi sistem digital guna meningkatkan efektivitas layanan publik. Penelitian ini menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi DPS-Denpasar Prama Sewaka yang digunakan sebagai media pengaduan dan informasi publik di Kota Denpasar. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam studi ini dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), berdasarkan model End User Computing Satisfaction (EUCS). Data diperoleh dari 100 responden yang dipilih secara acak. Lima variabel dianalisis: konten, akurasi, format, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, seluruh variabel menjelaskan 75% kepuasan pengguna. Secara parsial, hanya tiga variabel yang berpengaruh signifikan, yaitu konten (27,5%), kemudahan penggunaan (41,2%), dan ketepatan waktu (29,7%). Sementara itu, akurasi dan format tidak memberikan pengaruh signifikan. Temuan ini menegaskan bahwa kualitas informasi, kemudahan akses, dan kecepatan layanan menjadi faktor utama dalam meningkatkan kepuasan pengguna. Rekomendasi dari studi ini dapat digunakan sebagai dasar pengembangan sistem layanan publik digital yang lebih responsif dan efisien oleh pengembang maupun pemerintah daerah.
Unduhan
Referensi
D. Prihartono, “Penerapan Pelayanan Publik Berbasis E-Governance Pada Era Revolusi Industri 4.0,” Jurnal
Ilmu Administrasi, vol. 14, no. 2, 2023.
R. H. Putra, “Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi dengan Konsep Smart
City di Indonesia,” Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan, vol. 9, no. 2, pp. 480–493, Apr.
, Accessed: Aug. 09, 2025. [Online]. Available:
https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/6656
D. Pibriana and L. Fitriyani, “Penggunaan Model EUCS Untuk Menganalisis Kepuasan Pengguna E-learning
Di MTs N 2 Kota Palembang,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi, vol. 3, no. 1, pp. 69–80, Apr. 2022,
Accessed: Aug. 09, 2025. [Online]. Available: https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/2182
F. A. Syam, Vitriyadi, N. Jalinus, Ambiyar, R. Abdullah, and Fadhilah, “Analisis End-User Computing
Satisfaction (Eucs) Pada Aplikasi Opac Perpustakaan Universitas Lancang Kuning,” ZONAsi Jurnal Sistem
Informasi, vol. 4, pp. 37–47, Dec. 2022, Accessed: Aug. 09, 2025. [Online]. Available:
https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/12486/4588
R. Agustina and L. A. Abdillah, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bintang Cash & Credit
Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” 2021.
S. Rosiana, D. Krisbiantoro, and A. Azis, “Penggunaan Metode Tam dan Eucs Untuk Mengetahui Tingkat
Penerimaan dan Kepuasan Pengguna Aplikasi Gratis Kabeh,” 2023. [Online]. Available:
https://gratiskabeh.banyumaskab.go.id.
A. Lukman Pondaag, M. R. Katili, and A. Zakaria, “Evaluasi Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna
Sistem Informasi Akademik (Siakad) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs) Di
Universitas Gorontalo,” DIFFUSION, vol. 3, no. 2, pp. 1–10, Jul. 2023.
I. Herwati, J. P. Ayu, and L. Mustafida, “End User Computing Statisfaction of Hospital Information System
in Mitra Delima Hospital,” Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, vol. 11, no. 2, pp. 260–268, Dec. 2023,
doi: 10.14710/jmki.11.3.2023.260-268.
E. Hermawan, M. Degdo Suprayitno, M. Resista Vikaliana, and Ss. M. Rudianto Hermawan, Buku Ajar
Penelitian Kuantitatif, I. Purbalingga: Eureka Media Aksara, 2022.
S. Perdana and D. Sunarsi, Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Book, 2021.
T. Setiani and R. Andini, “Pengaruh Rasio Solvabilitas Dan Rasio Aktivitas Perusahaan Terhadap Rasio
Profitabilitas Perusahaan Pada Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Periode 2020 – 2022,” Jurnal Akuntansi, vol. 18, no. 2, Nov. 2023.
Z. Iba and A. Wardhana, Operasionalisasi Variabel, Skala Pengukuran & Instrumen Penelitian Kuantitatif.
[Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/381613023
J. H. Yam and R. Taufik, “Hipotesis Penelitian Kuantitatif,” Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, vol. 3, no.
, pp. 96–102, Aug. 2021, doi: 10.33592/perspektif.v3i2.1540.
Z. Iba and A. Wardhana, Metode Penelitian. Purbalingga: CV. Eureka Media Aksara, 2024. [Online].
Available: https://www.researchgate.net/publication/382060682
I. K. Sukendra and K. Surya Atmaja, Instrumen Penelitian, 1st ed. Lumajang: Mahameru Press, 2020.
T. Evi and W. Rachbini, Partial Least Squares (Teori Dan Praktek), 1st ed. Klaten: Tahta Media Group,
G. TomassMHultt, Classroom Companion: Business Partial Least Squares Structural Equation Modeling
(PLS-SEM) Using R. 2021. Accessed: Jun. 29, 2023. [Online]. Available:
https://library.oapen.org/handle/20.500.12657/51463
H. Syarif, “Pengaruh Kreativitas Individu , Kepuasan Kerja terhadap Perilaku Kerja Yang Inovatif,” in
Seminar Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Semarang: Universitas
Muhammadiyah Semarang, Oct. 2023, pp. 56–67. Accessed: Aug. 09, 2025. [Online]. Available:
https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/1452
G. TomassMHultt, Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. Cham: Springer
Nature Switzerland AG, 2021. Accessed: Oct. 15, 2023. [Online]. Available:



