Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi DPS-Denpasar Prama Sewaka Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)

Penulis

  • I Wayan Angga Arditaloka Universitas Bali Internasional https://orcid.org/0009-0000-8042-7247
  • Made Winardana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Indrawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Agus Oka Gunawan Universitas Tabanan

DOI:

https://doi.org/10.33998/processor.2025.20.2.2483

Kata Kunci:

End User Computing Satisfaction, DPS - Denpasar Prama Sewaka, User Satisfaction, e-government, SEM-PLS, Smart city

Abstrak

Kemajuan teknologi informasi mendorong instansi pemerintah untuk mengadopsi sistem digital guna meningkatkan efektivitas layanan publik. Penelitian ini menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi DPS-Denpasar Prama Sewaka yang digunakan sebagai media pengaduan dan informasi publik di Kota Denpasar. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam studi ini dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), berdasarkan model End User Computing Satisfaction (EUCS). Data diperoleh dari 100 responden yang dipilih secara acak. Lima variabel dianalisis: konten, akurasi, format, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, seluruh variabel menjelaskan 75% kepuasan pengguna. Secara parsial, hanya tiga variabel yang berpengaruh signifikan, yaitu konten (27,5%), kemudahan penggunaan (41,2%), dan ketepatan waktu (29,7%). Sementara itu, akurasi dan format tidak memberikan pengaruh signifikan. Temuan ini menegaskan bahwa kualitas informasi, kemudahan akses, dan kecepatan layanan menjadi faktor utama dalam meningkatkan kepuasan pengguna. Rekomendasi dari studi ini dapat digunakan sebagai dasar pengembangan sistem layanan publik digital yang lebih responsif dan efisien oleh pengembang maupun pemerintah daerah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

D. Prihartono, “Penerapan Pelayanan Publik Berbasis E-Governance Pada Era Revolusi Industri 4.0,” Jurnal

Ilmu Administrasi, vol. 14, no. 2, 2023.

R. H. Putra, “Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi dengan Konsep Smart

City di Indonesia,” Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan, vol. 9, no. 2, pp. 480–493, Apr.

, Accessed: Aug. 09, 2025. [Online]. Available:

https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/6656

D. Pibriana and L. Fitriyani, “Penggunaan Model EUCS Untuk Menganalisis Kepuasan Pengguna E-learning

Di MTs N 2 Kota Palembang,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi, vol. 3, no. 1, pp. 69–80, Apr. 2022,

Accessed: Aug. 09, 2025. [Online]. Available: https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/2182

F. A. Syam, Vitriyadi, N. Jalinus, Ambiyar, R. Abdullah, and Fadhilah, “Analisis End-User Computing

Satisfaction (Eucs) Pada Aplikasi Opac Perpustakaan Universitas Lancang Kuning,” ZONAsi Jurnal Sistem

Informasi, vol. 4, pp. 37–47, Dec. 2022, Accessed: Aug. 09, 2025. [Online]. Available:

https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/12486/4588

R. Agustina and L. A. Abdillah, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bintang Cash & Credit

Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” 2021.

S. Rosiana, D. Krisbiantoro, and A. Azis, “Penggunaan Metode Tam dan Eucs Untuk Mengetahui Tingkat

Penerimaan dan Kepuasan Pengguna Aplikasi Gratis Kabeh,” 2023. [Online]. Available:

https://gratiskabeh.banyumaskab.go.id.

A. Lukman Pondaag, M. R. Katili, and A. Zakaria, “Evaluasi Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna

Sistem Informasi Akademik (Siakad) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs) Di

Universitas Gorontalo,” DIFFUSION, vol. 3, no. 2, pp. 1–10, Jul. 2023.

I. Herwati, J. P. Ayu, and L. Mustafida, “End User Computing Statisfaction of Hospital Information System

in Mitra Delima Hospital,” Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, vol. 11, no. 2, pp. 260–268, Dec. 2023,

doi: 10.14710/jmki.11.3.2023.260-268.

E. Hermawan, M. Degdo Suprayitno, M. Resista Vikaliana, and Ss. M. Rudianto Hermawan, Buku Ajar

Penelitian Kuantitatif, I. Purbalingga: Eureka Media Aksara, 2022.

S. Perdana and D. Sunarsi, Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Book, 2021.

T. Setiani and R. Andini, “Pengaruh Rasio Solvabilitas Dan Rasio Aktivitas Perusahaan Terhadap Rasio

Profitabilitas Perusahaan Pada Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Periode 2020 – 2022,” Jurnal Akuntansi, vol. 18, no. 2, Nov. 2023.

Z. Iba and A. Wardhana, Operasionalisasi Variabel, Skala Pengukuran & Instrumen Penelitian Kuantitatif.

[Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/381613023

J. H. Yam and R. Taufik, “Hipotesis Penelitian Kuantitatif,” Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, vol. 3, no.

, pp. 96–102, Aug. 2021, doi: 10.33592/perspektif.v3i2.1540.

Z. Iba and A. Wardhana, Metode Penelitian. Purbalingga: CV. Eureka Media Aksara, 2024. [Online].

Available: https://www.researchgate.net/publication/382060682

I. K. Sukendra and K. Surya Atmaja, Instrumen Penelitian, 1st ed. Lumajang: Mahameru Press, 2020.

T. Evi and W. Rachbini, Partial Least Squares (Teori Dan Praktek), 1st ed. Klaten: Tahta Media Group,

G. TomassMHultt, Classroom Companion: Business Partial Least Squares Structural Equation Modeling

(PLS-SEM) Using R. 2021. Accessed: Jun. 29, 2023. [Online]. Available:

https://library.oapen.org/handle/20.500.12657/51463

H. Syarif, “Pengaruh Kreativitas Individu , Kepuasan Kerja terhadap Perilaku Kerja Yang Inovatif,” in

Seminar Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Semarang: Universitas

Muhammadiyah Semarang, Oct. 2023, pp. 56–67. Accessed: Aug. 09, 2025. [Online]. Available:

https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/1452

G. TomassMHultt, Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. Cham: Springer

Nature Switzerland AG, 2021. Accessed: Oct. 15, 2023. [Online]. Available:

https://library.oapen.org/handle/20.500.12657/51463

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-30

Abstract views:

171

PDF Download:

105

DOI:

10.33998/processor.2025.20.2.2483

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Arditaloka, I. W. A., Winardana, M., Indrawan, G., & Agus Oka Gunawan, M. (2025). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi DPS-Denpasar Prama Sewaka Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal PROCESSOR, 20(2). https://doi.org/10.33998/processor.2025.20.2.2483

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama