Implementasi React Vite Dalam Pengembangan Antarmuka Sistem Pemesanan Tiket Pesawat Dengan Metode Scrum
DOI:
https://doi.org/10.33998/processor.2025.20.1.2231Kata Kunci:
Scrum, Tiket, React, Javascript, WebsiteAbstrak
Penelitian ini membahas mengenai pengembangan antarmuka sistem informasi pemesanan tiket pesawat. Metode yang dipakai dalam pengembangan antarmuka sistem ini adalah scrum. Scrum dipilih karena dapat membagi proses pengembangan kedalam beberapa sprint. disetiap akhir sprint akan menghasilkan saran serta evaluasi untuk pengembangan berikutnya, sehingga efektivitas dari setiap proses pengembangan dapat terus meningkat dan menjadi lebih baik. Sistem yang dikembangkan menggunakan React Vite sebagai teknologi utama dapat mempercepat proses pengembangan dan meningkatkan pengalaman pengguna karena React mendukung Single Page Application yang dapat memudahkan untuk melakukan navigasi pada website yang telah dibangun. Tujuan lain yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengurangi penggunaan kertas dengan menyediakan fitur unduh tiket dalam format digital menggunakan teknologi React Pdf. Selain fitur unduh tiket, ada beberapa fitur utama yang telah dikembangkan, diantarnya yaitu fitur pemesanan tiket, fitur pembayaran tiket, fitur order histori, dan fitur notifikasi. Hasil dari penelitian ini berupa dokumentasi proses pengembangan antarmuka yang berdasar kedalam metode scrum, dimana penelitian ini menunjukan bahwa seluruh fitur yang dikembangkan sudah berjalan dengan optimal.
Unduhan
Referensi
Farhatun Nisaul Ahadiyah, “Perkembangan Teknologi Infomasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online,” INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, vol. 1, no. 1, hlm. 41–49, Des 2023, doi: 10.61166/interdisiplin.v1i1.5.
C. A. Cholik, “Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi / ICT Dalam Berbagai Bidang,” 2021.
S. Hadijah dan F. Yunita, “Sistem Informasi Penjualan Tiket Boat Berbasis Web,” 2020.
T. Putra Kurnianda dan H. Purwanto, “Analisis Kepuasan Penumpang Terhadap Pemesanan Tiket Melalui Tiket Online Dan Pemesanan Tiket Secara Offline Di Bandara XYZ,” 2021.
I. Santosa dkk., “Perancangan Dan Pengembangan Sistem Informasi Aplikasi Berbasis Website Pemesanan Tiket Konser Dengan Menerapkan Pemodelan Unified Modeling Language,” 2024.
S. N. Atifah, A. Primajaya, dan D. Yusup, “Penerapan Single Page Application Pada Pengembangan Aplikasi E-Learning Nusabot,” 2024.
A. I. Satria, L. Andrawina, dan H. D. Anggana, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pemesanan Tiket Pesawat Pada Travel Agent Wiro Karya Berbasis Web Dengan Metode Waterfall Designing Information System of Aircraft Ticket Booking Management on the Wiro Agent Travel Web-Based Work With Waterfall Method,” vol. 7, no. 1, hlm. 1890, 2020.
A. Y. Rahmadhani, I. Heildayana, ) Sistem, dan I. Akuntansi, “Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Penjualan Tiket Pesawat Terbang,” 2021.
A. Guskani dan D. A. Muthia, “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Pesawat Domestik Berbasis Web Pada CV Jenika Group Depok,” 2022.
J. Margaretha dan A. Voutama, “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Konser Musik Berbasis Web Menggunakan Unified Modeling Language (UML),” JOINS (Journal of Information System), vol. 8, no. 1, hlm. 20–31, Jun 2023, doi: 10.33633/joins.v8i1.7107.
S. Firmansyah dkk., “Penerapan UML Dalam Sistem Pemesanan Tiket Bioskop Berbasis Website,” 2024.
A. Wirfs-Brock dan B. Eich, “JavaScript: The First 20 Years,” Proceedings of the ACM on Programming Languages, vol. 4, no. HOPL, Jun 2020, doi: 10.1145/3386327.
A. Khati Chhetri, “Developing a Front-end web app using React,” 2024.
W. Maj, “React-PDF,” npmjs. Diakses: 20 Maret 2025. [Daring]. Tersedia pada: https://www.npmjs.com/package/react-pdf
T. A. Nguyen, “A comparative analysis of Webpack and Vite as build tools for Ja-vaScript.”
A. Andipradana dan K. D. Hartomo, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan OnlineBerbasis WebMenggunakan Metode Scrum,” 2021.
K. Schwaber dan J. Sutherland, “Panduan Scrum,” 2020.