Penerapan Algoritma Apriori Dalam Menentukan Pola Pergerakan Kebutuhan Distribusi Pada PT. Satria Teknik Indonesia

Penulis

  • Rama Yoviyardi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • April Lia Hananto Universitas Buana Perjuangan
  • Fitria Nurapriani Universitas Buana Perjuangan
  • Baenil Huda Universitas Buana Perjuangan

DOI:

https://doi.org/10.33998/processor.2025.20.1.2207

Kata Kunci:

Apriori algorithm, Associattion Rules, Distribution, Inventory management

Abstrak

Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, perusahaan perlu mengambil keputusan strategis yang lebih cermat untuk meningkatkan efisiensi operasional. Pergeseran tren kebutuhan pelanggan menjadi salah satu tantangan besar yang dihadapi bisnis. PT Satria Teknik Indonesia sebagai perusahaan distribusi Barang, menghadapi kesulitan dalam memenuhi permintaan pasar yang dinamis. Oleh karena itu, perusahaan dapat memanfaatkan data transaksi untuk menganalisis pola pembelian konsumen guna merencanakan kebutuhan pelanggan lebih baik dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah algoritma Apriori, yang digunakan untuk menemukan aturan asosiasi dalam dataset besar dan mengidentifikasi hubungan antara produk yang sering dibeli bersamaan. Hasil dari penelitian 2 item yang menjadi prioritas pemesanan yaitu Back Support dan Safety Shoes Cheetah, Dengan kombinasi item set Jika membeli Back Support maka membeli Safety Shoes Cheetah dengan nilai support 20.22% dan nilai confidence 100%. Kombinasi item lainnya yang didapatkan Jika membeli Safety Shoes Cheetah maka membeli Back Support nilai support sebesar 20% dan nilai confidence sebesar 94.74%.

Unduhan

Referensi

I. Maryani, O. Revianti, H. M. Nur, and S. Sunanto, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Di Toko GOC Kosmetik Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori,” Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), vol. 8, no. 1, pp. 92–98, Jun. 2022, doi: 10.31294/ijse.v8i1.13017.

Elfina N, Apriade V, and Syahri S, “Sales System Using Apriori Algorithm to Analyze Consumer Purchase Patterns ,” Buana Information Tchnology and Computer Sciences (BIT and CS) , vol. Vol.3 No.1, pp. 1–6, Jan. 2022.

L. O. Herianty, “Penerapan Data Mining dengan Algoritma Apriori untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen di Violet Vape Store,” ALGOR, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2020.

A. F. Budiantara and C. Budihartanti, “IMPLEMENTASI DATA MINING DALAM MANAJEMEN INVENTORY PADA PT. MASTERSYSTEM INFOTAMA MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI,” PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, vol. 7, no. 1, Mar. 2020, doi: 10.30656/prosisko.v7i1.2130.

N. D. Sari and S. Khoiriah, “Penerapan Metode Asosiasi Pada Toko Afifa Dengan Algoritma Apriori,” Instink: Inovasi Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komputer, vol. 1, no. 1, pp. 8–17, Apr. 2022, doi: 10.30599/instink.v1i1.1498.

E. W. Pujiharto, K. Kusrini, and A. Nasiri, “Analisis Perbandingan Kinerja Algoritma Apriori, FP-Growth dan Eclat dalam menemukan Pola Frekuensi pada Dataset INA-CBG’S,” CogITo Smart Journal, vol. 9, no. 2, pp. 340–354, Dec. 2023, doi: 10.31154/cogito.v9i2.547.340-354.

Zulhilmi, Nahar Mardiyantoro, Dimas Prasetyo Utomo, Iman Ahmad Ihsannuddin, and Nulngafan, “IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENENTUKAN POLA PENJUALAN DI ARMADA COMPUTER MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI,” STORAGE: Jurnal Ilmiah Teknik dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 1, pp. 25–31, Feb. 2023, doi: 10.55123/storage.v2i1.1749.

A. Anas, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menentukan Strategi Promosi STIE-Graha Karya Muara Bulian,” Jurnal Ilmiah Media Sisfo, vol. 14, no. 1, pp. 64–70, Apr. 2020, doi: 10.33998/mediasisfo.2020.14.1.790.

A. Setiawan and R. Mulyanti, “Market Basket Analysis dengan Algoritma Apriori pada Ecommerce Toko Busana Muslim Trendy,” JUITA: Jurnal Informatika, vol. 8, no. 1, p. 11, May 2020, doi: 10.30595/juita.v8i1.4550.

E. Alma’arif, E. Utami, and F. W. Wibowo, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Produk Pada Toko Online,” Creative Information Technology Journal, vol. 7, no. 1, p. 63, Mar. 2021, doi: 10.24076/citec.2020v7i1.241.

H. N. Putri, E. Budianita, F. Syafria, and F. Insani, “Penerapan Algoritma Apriori Dalam Menentukan Pola Perilaku Dan Gaya Hidup Terhadap Penderita Hipertensi,” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI), vol. 5, no. 3, pp. 450–458, Jun. 2022, doi: 10.32672/jnkti.v5i3.4402.

P. M. S. Tarigan, J. T. Hardinata, H. Qurniawan, M. Safii, and R. Winanjaya, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Menentukan Persediaan Barang,” Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi, vol. 2, no. 1, pp. 9–19, Apr. 2022, doi: 10.25008/janitra.v2i1.142.

J. Heikal and A. Gandhi, “Enhancing Retail Supermarket Financial Performance Through Market Basket Analytics Using Apriori Algorithm in Indonesia Market Case,” Applied Quantitative Analysis, vol. 4, no. 1, pp. 42–53, May 2024, doi: 10.31098/quant.2153.

M. Ghofur, Y. Agus Pranoto, and F. X. Ariwibisono, “PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK ANALISIS DATA TRANSAKSI PENJUALAN PADA TOKO BERBASIS WEB (STUDI KASUS KALIBARU MART MALANG),” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 4, no. 1, pp. 279–286, Sep. 2020, doi: 10.36040/jati.v4i1.2341.

I. Rosmayati, W. Wahyuningsih, E. F. Harahap, and H. S. Hanifah, “Implementasi Data Mining pada Penjualan Kopi Menggunakan Algoritma Apriori,” Jurnal Algoritma, vol. 20, no. 1, pp. 99–107, May 2023, doi: 10.33364/algoritma/v.20-1.1259.

A. Triayudi and A. Iskandar, “Penerapan Data Mining Dalam Penentuan Proritas Pemesanan Produk Berdasarkan dengan Data Penjualan Barang Menggunakan Algoritma Apriori,” Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), vol. 4, no. 1, pp. 25–30, Nov. 2022, doi: 10.47065/josyc.v4i1.2523.

D. Dwiputra, A. Mulyo Widodo, H. Akbar, and G. Firmansyah, “Evaluating the Performance of Association Rules in Apriori and FP-Growth Algorithms: Market Basket Analysis to Discover Rules of Item Combinations,” Journal of World Science, vol. 2, no. 8, pp. 1229–1248, Aug. 2023, doi: 10.58344/jws.v2i8.403.

M. Rajagukguk, “IMPLEMENTASI ASSOCIATION RULE MINING UNTUK MENENTUKAN POLA KOMBINASI MAKANAN DENGAN ALGORITMA APRIORI,” JURNAL FASILKOM, vol. 10, no. 3, pp. 248–254, Dec. 2020, doi: 10.37859/jf.v10i3.2308.

D. Indahsari, “Penerapan Metode Asosiasi Dengan Algoritma FP-Growth Pada Data Transaksi PT John Tampi Group,” Computer Based Information System Journal, vol. 9, no. 2, pp. 1–9, Sep. 2021, doi: 10.33884/cbis.v9i2.3835.

I. Qoniah and A. T. Priandika, “ANALISIS MARKET BASKET UNTUK MENENTUKAN ASOSSIASI RULE DENGAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS: TB.MENARA),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 26–33, Dec. 2020, doi: 10.33365/jtsi.v1i2.368.

V. O. B. Bryan and K. H. Handoko, “IMPLEMENTASI DATA MINING MINAT CUSTOMER TOKO DURIAN KIMHUI DENGAN ALGORITMA APRIORI,” Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), vol. 9, no. 1, Sep. 2023, doi: 10.33884/comasiejournal.v9i1.7569.

N. D. Sari and S. Khoiriah, “Penerapan Metode Asosiasi Pada Toko Afifa Dengan Algoritma Apriori,” Instink: Inovasi Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komputer, vol. 1, no. 1, pp. 8–17, Apr. 2022, doi: 10.30599/instink.v1i1.1498.

I. M. D. P. Asana, I. G. I. Sudipa, A. A. T. W. Mayun, N. P. S. Meinarni, and D. V. Waas, “Aplikasi Data Mining Asosiasi Barang Menggunakan Algoritma Apriori-TID,” INFORMAL: Informatics Journal, vol. 7, no. 1, p. 38, Apr. 2022, doi: 10.19184/isj.v7i1.30901.

P. Indraswari, A. Lia Hananto, F. Nurapriani, and S. Shofiah Hilabi, “Penerapan Algoritma Apriori Menentukan Produk paling diminati pada Distro,” Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, vol. 8, no. 2, Apr. 2024, doi: 10.33395/remik.v8i2.13545.

Z. Abidin, A. K. Amartya, and A. Nurdin, “PENERAPAN ALGORITMA APRIORI PADA PENJUALAN SUKU CADANG KENDARAAN RODA DUA (Studi Kasus: Toko Prima Motor Sidomulyo),” Jurnal Teknoinfo, vol. 16, no. 2, p. 225, Jul. 2022, doi: 10.33365/jti.v16i2.1459

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-01

Abstract views:

57

PDF Download:

25

DOI:

10.33998/processor.2025.20.1.2207

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Yoviyardi, R., Lia Hananto, A., Nurapriani, F., & Huda, B. (2025). Penerapan Algoritma Apriori Dalam Menentukan Pola Pergerakan Kebutuhan Distribusi Pada PT. Satria Teknik Indonesia. Jurnal PROCESSOR, 20(1). https://doi.org/10.33998/processor.2025.20.1.2207