Analisis Penerimaan Sistem Digitalisasi Museum Bali Berbasis VT360° Menggunakan Metode MDLC & TAM

Penulis

  • I Wayan Angga Arditaloka Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Aris Gunadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Indrawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.33998/processor.2025.20.1.1837

Kata Kunci:

MDLC, TAM, Virtual Tour, Pariwisata

Abstrak

Setiap tahunnya, jumlah pengunjung museum mengalami penurunan yang cukup signifikan, mencapai lebih dari 80% berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS). Museum Bali juga mengalami penurunan kunjungan, terutama dari wisatawan domestik/lokal, pihak pengelola telah berusaha untuk merangsang minat masyarakat lewat membuat acara yang diharapkan mampu mengenalkan museum kepada masyarakat, namun upaya tersebut tidak menghasilkan peningkatan kunjungan, malah sebaliknya, jumlah kunjungan semakin menurun. Dampak dari penurunan kunjungan ke Museum Bali sangat terasa, bahkan tidak jarang dalam sehari tidak ada satupun wisatawan domestik yang datang. Perancangan aplikasi ini bertujuan untuk mendekatkan Museum Bali kepada generasi muda melalui virtual tour berbasis aplikasi multimedia interaktif. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan aplikasi yang sedang dibangun adalah metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dalam analisis penerimaan aplikasinya. Dalam pengembangan aplikasi virtual tour 360° ini peneliti menggunakan aplikasi 3D Vista dan SmartPls untuk perhitungan analisis. Penelitian ini menggunakan 80 sampel data yang didapat dari penghitungan menggunakan rumus Solvin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80% responden merasa puas dan menerima aplikasi yang telah dirancang. Hasilnya pengujian validitas konvergen memiliki nilai rata-rata 0,79, dengan nilai AVE di atas 0,50. Reliabilitas komposit dan Cronbach's Alpha ditemukan lebih besar 0,7 sehingga pengujian TAM aplikasi ini masuk dalam kategori kuat.

Kata Kunci: MDLC; TAM; Museum; Virtual Tour; Pariwisata;

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

L. Barbieri, F. Bruno, dan M. Muzzupappa, “Virtual museum system evaluation through user

studies,” J Cult Herit, vol. 26, hlm. 101–108, Jul 2017, doi: 10.1016/j.culher.2017.02.005.

P. Gutowski dan Z. Klos-Adamkiewicz, “Development of e-service virtual museum tours in

Poland during the SARS-CoV-2 pandemic,” dalam Procedia Computer Science, Elsevier B.V.,

, hlm. 2375–2383. doi: 10.1016/j.procs.2020.09.303.

I. Mustakerov dan D. Borissova, “A framework for development of e-learning system for computer

programming: Application in the C programming language,” Journal of E-Learning and

Knowledge Society, vol. 13, no. 2, hlm. 89–101, 2017, doi: 10.20368/1971-8829/1299.

Syarifuddin dkk., “Pengembangan Virtual Tour Museum Berbasis Web Di Provinsi Sumatera

Selatan,” Agu 2022.

H. Lee, T. H. Jung, M. C. tom Dieck, dan N. Chung, “Experiencing immersive virtual reality in

museums,” Information and Management, vol. 57, no. 5, Jul 2020, doi: 10.1016/j.im.2019.103229.

R. Nastiti, A. Krisnawatie, dan A. Yuanditasari, “Adaptasi Museum Konvensional dalam Upaya

Peremajaan Pasca Pandemi Covid,” Waca Cipta Ruang, vol. 9, no. 1, hlm. 1–8, Mei 2023, doi:

34010/wcr.v9i1.8441.

N. Efni Salam dkk., “Komunikasi pariwisata budaya dalam mempromosikan city branding ‘Siak

the truly Malay,’” vol. 4, no. 1, hlm. 134–154, 2019.

N. N. Rapini, P. Budiastra, L. Sumartini, dan A. A. G. Oka, Petunjuk Pameran Museum Negeri

Provinsi Bali. Denpasar: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal

Kebudayaan Museum Negeri Provinsi Bali, 1993.

S. Mayasari, C. Indraswari, A. Komunikasi BSI Jakarta, dan C. Sitasi, “Efektivitas Media Sosial

Instagram Dalam Publikasi HUT Museum Nasional Indonesia (MNI) Kepada Masyarakat,” vol. 9,

no. 2, hlm. 190–196, 2018, [Daring]. Tersedia pada:

http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom

V. M. Manghisi, A. E. Uva, M. Fiorentino, M. Gattullo, A. Boccaccio, dan G. Monno, “Enhancing

user engagement through the user centric design of a mid-air gesture-based interface for the

navigation of virtual-tours in cultural heritage expositions,” J Cult Herit, vol. 32, hlm. 186–197,

Jul 2018, doi: 10.1016/j.culher.2018.02.014.

J. W. Smith dan J. L. Salmon, “Development and Analysis of Virtual Reality Technician-Training

Platform and Methods,” 2017.

N. Z. Harun dan S. Yanti Mahadzir, “360° Virtual Tour of the Traditional Malay House as an

Effort for Cultural Heritage Preservation,” dalam IOP Conference Series: Earth and

Environmental Science, IOP Publishing Ltd, Mei 2021. doi: 10.1088/1755-1315/764/1/012010.

V. De Luca, G. Marcantonio, M. C. Barba, dan L. T. De Paolis, “A Virtual Tour for the Promotion

of Tourism of the City of Bari,” Information (Switzerland), vol. 13, no. 7, Jul 2022, doi:

3390/info13070339.

A. W. O. ; K. N. H. Gama, “Pengembangan Aplikasi Virtual Tour 360 Degree Berbasis Web

Untuk Pengenalan Pura Dalem Sidakarya,” Jurnal Teknologi Terpadu, vol. 8, no. 2, hlm. 106–112,

R. Rastati, “Virtual Tour: Tourism in the Time of Corona,” 2020.

R. Kumala dkk., METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN, Andri Cahyo Purnomo. Serang:

Sada Kurnia Pustaka, 2023.

P. Ambarwati dan P. Syifa Darmawel, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada

Aplikasi Media Pembelajaran Untuk Anak Tunagrahita,” Majalah Ilmiah UNIKOM, vol. 18, no. 2,

hlm. 51–58, Okt 2020, doi: 10.34010/miu.v18i2.3936.

S. Nurjaziah, Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Lagu

Anak - Anak Berbasis Multimedia. Jakarta: BSI Jakarta, 2016.

D. Aldo, S. E. Putra, dan W. L. Army, “Interactive Multimedia as Information Media Parasitic

Infection with Multimedia Development Life Cycle Method,” JISA (Jurnal Informatika dan Sains),

vol. 6, no. 2, hlm. 96–104, 2023.

D. Septian, Y. Fatman, S. Nur, U. Islam, dan N. Bandung, “IMPLEMENTASI MDLC

(MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE) DALAM PEMBUATAN MULTIMEDIA

PEMBELAJARAN KITAB SAFINAH SUNDA,” Jurnal Computech & Bisnis, vol. 15, no. 1, hlm.

–24, 2021.

M. Mursid, Manajemen pemasaran, 10 ed., vol. 1. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.

F. D. Davis, “Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information

technology,” MIS Q, vol. 13, no. 3, hlm. 319–339, 1989, doi: 10.2307/249008.

T. Irawati, E. Rimawati, dan N. A. Pramesti, “Penggunaan Metode Technology Acceptance Model

(TAM) Dalam Analisis Sistem Informasi Alista (Application Of Logistic And Supply Telkom

Akses),” is The Best Accounting Information Systems and Information Technology Business

Enterprise this is link for OJS us, vol. 4, no. 2, hlm. 106–120, Jan 2020, doi:

34010/aisthebest.v4i02.2257.

F. D. Davis, “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information

Technology,” 1989.

Khairunnisa dkk., MULTIMEDIA (Teori dan Aplikasi Dalam Dunia Pendidikan), 1 ed., vol. 1.

Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

K. A. A. Ananda, I. G. Harsemadi, dan A. D. Saryanti, “Media Pengenalan Pura Tambang Badung

Berbasis Multimedia,” JURNAL SISTEM DAN INFORMATIKA (JSI), 2020

Diterbitkan

2025-05-01

Abstract views:

160

PDF Download:

54

DOI:

10.33998/processor.2025.20.1.1837

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Arditaloka, I. W. A., Aris Gunadi, I. G., & Indrawan, G. (2025). Analisis Penerimaan Sistem Digitalisasi Museum Bali Berbasis VT360° Menggunakan Metode MDLC & TAM . Jurnal PROCESSOR, 20(1). https://doi.org/10.33998/processor.2025.20.1.1837