Analisis Penerapan Metode User Centered Design dengan pengujian metode Cognitive Walkthrough
DOI:
https://doi.org/10.33998/processor.2024.19.1.1639Kata Kunci:
Museum, Museum Siginjei, User Centered Design, Cognitive Walkthrough, WebsiteAbstrak
Museum Siginjei Jambi merupakan salah satu di antara 439 museum di Indonesia yang menyimpan dan memamerkan berbagai macam koleksi peninggalan bersejarah maupun peradaban dari masa lampau dan merupakan bukti nyata sejarah yang pernah terjadi sehingga layak dijadikan sumber belajar dan kunjungan wisata. Tata Kelola Museum Siginjei Jambi masih bersifat traditional museum sehingga Museum Siginjei jambi perlu melakukan inovasi dengan menerapkan teknologi informasi berupa e-museum atau website untuk meningkatkan jumlah promopengunjung dan dapat diakses dengan cepat tanpa terkendala ruang dan waktu. Desain antarmuka merupakan hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membuat website agar website yang dibuat dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Peneliti membuat rancangan antarmuka website E-Museum Siginjei Jambi menggunakan metode user centered design karena dengan metode ini desain antarmuka yang dirancang berdasarkan masukan dari pengguna. Hasil pengujian desain yang telah dibuat dengan metode cognitive walkthrough dengan jumlah responden 5 orang adalah learnability 97,7%, error 1,77%, dan efficiency 94,3%.
Unduhan
Referensi
N. P. D. Prabawati, “Peran Pemuda Dalam Kegiatan Pengembangan Pariwisata Di Desa Tibubeneng, Kabupaten
Badung, Bali,” J. Kepariwisataan Indones. J. Penelit. dan Pengemb. Kepariwisataan Indones., vol. 13, no. 1, pp. 73–
, 2019, doi: 10.47608/jki.v13i12019.73-84.
S. A. Septemuryantoro, “Pengembangan Potensi Kampung Dolanan Anak dengan Pemanfaatan Teknologi dalam
Adaptasi Kebiasaan Baru di Desa Wisata Walitelon Utara Kabupaten Temanggung,” J. Abdimas Pariwisata, vol. 2,
no. 2, 2021.
P. Dwihantoro, D. Susanti, P. Sukmasetya, and R. Faizah, “Digitalisasi Kesenian Njanen: Strategi Pelestarian
Kebudayaan Melalui Platform Sosial Media,” Madaniya, vol. 4, no. 1, pp. 156–164, 2023.
Devi, A. Sunoto, and Hendrawan, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pada,” J. Ilm. Mhs. Sist. Inf., vol. 2, no.
, pp. 133–144, 2020.
G. A. Gulo, N. W. Nurhidayati, D. Aprillia, and M. Maruloh, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Karyawan
Terbaik Di Restoran Soto Pak J Menggunakan Metode Ahp,” J. Larik Ldng. Artik. Ilmu Komput., vol. 1, no. 1, pp.
–20, 2021, doi: 10.31294/larik.v1i1.504.
D. Darwis, N. Siskawati, and Z. Abidin, “Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Analisis Sentimen Review Data
Twitter Bmkg Nasional,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 1, p. 131, 2021, doi: 10.33365/jtk.v15i1.744.
A. N. Isneni, T. T. Putranto, and D. Trisnawati, “Analisis Sebaran Daerah Rawan Longsor Menggunakan Remote
Sensing dan Analytical Hierarchy Process (AHP) di Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah,” J. Geosains dan
Teknol., vol. 3, no. 3, pp. 149–160, 2020, doi: 10.14710/jgt.3.3.2020.149-160.
M.Syarifuddin Yusuf, “IMPLEMENTASI METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM
KELAYAKAN PENGAJUAN KREDIT PADA BMT UMMAT SEJAHTERA ABADI JEPARA,” J. Al-ilmi, vol. 13,
no. 1, pp. 110–117, 2021.
A. Ferdiansyah and H. Kurniawan, “Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Kain Nusantara
Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android,” It (Informatic Tech. J., vol. 7, no. 2, p. 196, 2019, doi:
22303/it.7.2.2019.196-205.
M. Adenuddin Alwy, “Manajemen Sumber Daya Manusia Di Era Digital Melalui Lensa Manajer Sumber Daya
Manusia Generasi Berikutnya,” SIBATIK J. J. Ilm. Bid. Sos. Ekon. Budaya, Teknol. dan Pendidik., vol. 1, no. 10, pp.
–2276, 2022, doi: 10.54443/sibatik.v1i10.334.
M. R. Rusman, Budaya dan Kontrasepsi. Pasuruan: Qiara Media, 2020.
Y. Lukito and A. R. Chrismanto, “Recurrent neural networks model for WiFi-based indoor positioning system,”Proceeding 2017 Int. Conf. Smart Cities, Autom. Intell. Comput. Syst. ICON-SONICS 2017, vol. 2018-Janua, no. 118,
pp. 121–125, 2018, doi: 10.1109/ICON-SONICS.2017.8267833.
S. Mohanty, A. Tripathy, and S. Pradhan, “Performance Analysis of Two Different Pulses with SNR for UWB Indoor
Localization,” Int. J. Intell. Syst. Appl. Eng., vol. 12, no. 9s, pp. 150–155, 2024.
A. C. Willyan, M. Fajar, and B. Zaman, “Analisis Dan Desain Kembali Ui Game Smartest Brain Menggunakan
Metode Design Thinking,” KHARISMA Tech, vol. 17, no. 2, pp. 30–44, 2022, doi: 10.55645/kharismatech.v17i2.231.
A. C. Zarkasi, A. S. Wardani, and S. Sucipto, “Analisa User Experience Terhadap Fitur Di Aplikasi Zenius
Menggunakan Heart Framework,” METHOMIKA J. Manaj. Inform. dan Komputerisasi Akunt., vol. 6, no. 6, pp. 174–
, 2022, doi: 10.46880/jmika.vol6no2.pp174-179.
E. Tahirović and S. Krivić, “Interpretability and Explainability of Logistic Regression Model for Breast Cancer
Detection,” in Proceedings ofthe 15th International Conference on Agents and Artificial Intelligence (ICAART2023),
, vol. 3, no. Icaart, pp. 161–168, doi: 10.5220/0011627600003393.
A. Majiddan Nur, A. Putra Harjun, A. Rofiqoh, and I. P. W. Kartikaputra, “Analisis Usability Testing untuk
Mengevaluasi User Interface pada Game Nowhere,” J. Ilm. Multidisiplin, vol. 1, no. 12, pp. 4229–4237, 2022.
K. Widhiyanti, K. Dewangga, and F. Almukhtar, “Game Design Factor Questionerin User Experience Analysis on
Selera Nusantara Game,” Indones. J. Inf. Syst., vol. 4, no. 2, pp. 140–154, 2022, doi: 10.24002/ijis.v4i2.5449.
A. Sandria, H. Asy’ari, and F. Siti Fatimah, “Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Berpusat pada
Siswa Madrasah Aliyah Negeri,” At-tadzkir Islam. Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 63–75, 2022, doi:
59373/attadzkir.v1i1.9.
D. K. Pramudito, T. W. Nurdiani, B. Winardi, A. Y. Rukmana, and K. Kraugusteeliana, “Website User Interface
Design Using Data Mining Task Centered System Design Method At National Private Humanitarian Institutions,”
Indones. J. Artif. Intell. Data Min., vol. 6, no. 2, p. 281, 2023, doi: 10.24014/ijaidm.v6i2.25814.