Analisis Penerapan Metode User Centered Design dengan pengujian metode Cognitive Walkthrough

Penulis

  • Haezrah Oktavini Universitas Jambi
  • Reni Aryani Universitas Jambi
  • Edi Saputra Universitas Jambi
  • Ulfa Khaira Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.33998/processor.2024.19.1.1639

Kata Kunci:

Museum, Museum Siginjei, User Centered Design, Cognitive Walkthrough, Website

Abstrak

Museum Siginjei Jambi merupakan salah satu di antara 439 museum di Indonesia yang menyimpan dan memamerkan berbagai macam koleksi peninggalan bersejarah maupun peradaban dari masa lampau dan merupakan bukti nyata sejarah yang pernah terjadi sehingga layak dijadikan sumber belajar dan kunjungan wisata. Tata Kelola Museum Siginjei Jambi masih bersifat traditional museum sehingga Museum Siginjei jambi perlu melakukan inovasi dengan menerapkan teknologi informasi berupa e-museum atau website untuk meningkatkan jumlah promopengunjung dan dapat diakses dengan cepat tanpa terkendala ruang dan waktu. Desain antarmuka merupakan hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membuat website agar website yang dibuat dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Peneliti membuat rancangan antarmuka website E-Museum Siginjei Jambi menggunakan metode user centered design karena dengan metode ini desain antarmuka yang dirancang berdasarkan masukan dari pengguna. Hasil pengujian desain yang telah dibuat dengan metode cognitive walkthrough dengan jumlah responden 5 orang  adalah learnability 97,7%, error 1,77%, dan efficiency 94,3%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

N. P. D. Prabawati, “Peran Pemuda Dalam Kegiatan Pengembangan Pariwisata Di Desa Tibubeneng, Kabupaten

Badung, Bali,” J. Kepariwisataan Indones. J. Penelit. dan Pengemb. Kepariwisataan Indones., vol. 13, no. 1, pp. 73–

, 2019, doi: 10.47608/jki.v13i12019.73-84.

S. A. Septemuryantoro, “Pengembangan Potensi Kampung Dolanan Anak dengan Pemanfaatan Teknologi dalam

Adaptasi Kebiasaan Baru di Desa Wisata Walitelon Utara Kabupaten Temanggung,” J. Abdimas Pariwisata, vol. 2,

no. 2, 2021.

P. Dwihantoro, D. Susanti, P. Sukmasetya, and R. Faizah, “Digitalisasi Kesenian Njanen: Strategi Pelestarian

Kebudayaan Melalui Platform Sosial Media,” Madaniya, vol. 4, no. 1, pp. 156–164, 2023.

Devi, A. Sunoto, and Hendrawan, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pada,” J. Ilm. Mhs. Sist. Inf., vol. 2, no.

, pp. 133–144, 2020.

G. A. Gulo, N. W. Nurhidayati, D. Aprillia, and M. Maruloh, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Karyawan

Terbaik Di Restoran Soto Pak J Menggunakan Metode Ahp,” J. Larik Ldng. Artik. Ilmu Komput., vol. 1, no. 1, pp.

–20, 2021, doi: 10.31294/larik.v1i1.504.

D. Darwis, N. Siskawati, and Z. Abidin, “Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Analisis Sentimen Review Data

Twitter Bmkg Nasional,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 1, p. 131, 2021, doi: 10.33365/jtk.v15i1.744.

A. N. Isneni, T. T. Putranto, and D. Trisnawati, “Analisis Sebaran Daerah Rawan Longsor Menggunakan Remote

Sensing dan Analytical Hierarchy Process (AHP) di Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah,” J. Geosains dan

Teknol., vol. 3, no. 3, pp. 149–160, 2020, doi: 10.14710/jgt.3.3.2020.149-160.

M.Syarifuddin Yusuf, “IMPLEMENTASI METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM

KELAYAKAN PENGAJUAN KREDIT PADA BMT UMMAT SEJAHTERA ABADI JEPARA,” J. Al-ilmi, vol. 13,

no. 1, pp. 110–117, 2021.

A. Ferdiansyah and H. Kurniawan, “Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Kain Nusantara

Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android,” It (Informatic Tech. J., vol. 7, no. 2, p. 196, 2019, doi:

22303/it.7.2.2019.196-205.

M. Adenuddin Alwy, “Manajemen Sumber Daya Manusia Di Era Digital Melalui Lensa Manajer Sumber Daya

Manusia Generasi Berikutnya,” SIBATIK J. J. Ilm. Bid. Sos. Ekon. Budaya, Teknol. dan Pendidik., vol. 1, no. 10, pp.

–2276, 2022, doi: 10.54443/sibatik.v1i10.334.

M. R. Rusman, Budaya dan Kontrasepsi. Pasuruan: Qiara Media, 2020.

Y. Lukito and A. R. Chrismanto, “Recurrent neural networks model for WiFi-based indoor positioning system,”Proceeding 2017 Int. Conf. Smart Cities, Autom. Intell. Comput. Syst. ICON-SONICS 2017, vol. 2018-Janua, no. 118,

pp. 121–125, 2018, doi: 10.1109/ICON-SONICS.2017.8267833.

S. Mohanty, A. Tripathy, and S. Pradhan, “Performance Analysis of Two Different Pulses with SNR for UWB Indoor

Localization,” Int. J. Intell. Syst. Appl. Eng., vol. 12, no. 9s, pp. 150–155, 2024.

A. C. Willyan, M. Fajar, and B. Zaman, “Analisis Dan Desain Kembali Ui Game Smartest Brain Menggunakan

Metode Design Thinking,” KHARISMA Tech, vol. 17, no. 2, pp. 30–44, 2022, doi: 10.55645/kharismatech.v17i2.231.

A. C. Zarkasi, A. S. Wardani, and S. Sucipto, “Analisa User Experience Terhadap Fitur Di Aplikasi Zenius

Menggunakan Heart Framework,” METHOMIKA J. Manaj. Inform. dan Komputerisasi Akunt., vol. 6, no. 6, pp. 174–

, 2022, doi: 10.46880/jmika.vol6no2.pp174-179.

E. Tahirović and S. Krivić, “Interpretability and Explainability of Logistic Regression Model for Breast Cancer

Detection,” in Proceedings ofthe 15th International Conference on Agents and Artificial Intelligence (ICAART2023),

, vol. 3, no. Icaart, pp. 161–168, doi: 10.5220/0011627600003393.

A. Majiddan Nur, A. Putra Harjun, A. Rofiqoh, and I. P. W. Kartikaputra, “Analisis Usability Testing untuk

Mengevaluasi User Interface pada Game Nowhere,” J. Ilm. Multidisiplin, vol. 1, no. 12, pp. 4229–4237, 2022.

K. Widhiyanti, K. Dewangga, and F. Almukhtar, “Game Design Factor Questionerin User Experience Analysis on

Selera Nusantara Game,” Indones. J. Inf. Syst., vol. 4, no. 2, pp. 140–154, 2022, doi: 10.24002/ijis.v4i2.5449.

A. Sandria, H. Asy’ari, and F. Siti Fatimah, “Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Berpusat pada

Siswa Madrasah Aliyah Negeri,” At-tadzkir Islam. Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 63–75, 2022, doi:

59373/attadzkir.v1i1.9.

D. K. Pramudito, T. W. Nurdiani, B. Winardi, A. Y. Rukmana, and K. Kraugusteeliana, “Website User Interface

Design Using Data Mining Task Centered System Design Method At National Private Humanitarian Institutions,”

Indones. J. Artif. Intell. Data Min., vol. 6, no. 2, p. 281, 2023, doi: 10.24014/ijaidm.v6i2.25814.

Diterbitkan

2024-05-03

Abstract views:

132

PDF Download:

92

DOI:

10.33998/processor.2024.19.1.1639

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Haezrah Oktavini, Reni Aryani, Edi Saputra, & Ulfa Khaira. (2024). Analisis Penerapan Metode User Centered Design dengan pengujian metode Cognitive Walkthrough. Jurnal PROCESSOR, 19(1). https://doi.org/10.33998/processor.2024.19.1.1639

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama