Peningkatan Proses Monitoring Bimbingan Tugas Akhir Dengan Sistem Informasi Menggunakan Metode Agile Di Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.33998/processor.2024.19.1.1497Kata Kunci:
Monitoring Tugas Akhir, Metode Agile, Perguruan TinggiAbstrak
Bimbingan Tugas Akhir merupakan proses penting bagi perjalanan akademik mahasiwa, namun sering terjadi masalah dalam pelaksanaan bimbingan tugas akhir seperti pemalsuan tanda tangan pembimbing, pembimbing tugas akhir tidak mengetahui perkembangan kemajuan tugas akhir.Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasi metode Agile dalam konteks pengembangan sistem informasi yang difokuskan pada proses bimbingan tugas akhir di institusi pendidikan tinggi. Metode Agile, dengan pendekatan iteratif dan keterlibatan aktif dari pihak-pihak terkait, dapat memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam menghadapi perubahan kebutuhan, yang seringkali muncul dalam proses bimbingan tugas akhir. Selain itu, metode ini memungkinkan pembuatan sistem informasi berkelanjutan dan pengujian yang lebih baik, yang merupakan elemen penting dalam memastikan kualitas dan kepuasan pengguna yang lebih tinggi. Penelitian ini melibatkan analisis terhadap peningkatan monitoring tugas akhir mahasiswa dalam lingkungan pendidikan tinggi. Hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan wawasan yang berharga bagi lembaga-lembaga pendidikan tinggi yang ingin meningkatkan proses bimbingan tugas akhir mereka dengan memanfaatkan pendekatan Agile dalam pengembangan sistem informasi. Selain itu, penelitian ini juga dapat memberikan kontribusi pada pemahaman lebih mendalam tentang efektivitas metode Agile dalam lingkungan pendidikan tinggi untuk peningkatan efisiensi, kualitas, dan kepuasan pengguna baik kaprodi, dosen dan mahasiswa dalam proses bimbingan tugas akhir.
Unduhan
Referensi
A. C. Amorim, M. Mira da Silva, R. Pereira, and M. Gonçalves, “Using agile methodologies for
adopting COBIT,” Inf. Syst., vol. 101, no. xxxx, p. 101496, 2021, doi: 10.1016/j.is.2020.101496.
N. Komalasari, D. F. Murad, D. Agustine, M. Irsan, J. Budiman, and E. Fernando, “Effect of education,
performance, position and information technology competency of information systems to performance of
information system,” 2018 Int. Semin. Res. Inf. Technol. Intell. Syst. ISRITI 2018, pp. 221–226, 2018,
doi: 10.1109/ISRITI.2018.8864437.
Hendri, “Pengembangan Sistem Manajemen Antrian Berbasis E-Kiosk Dengan Metode Service Oriented
Computing Di Perguruan Tinggi,” Indones. J. Comput. Sci., vol. 12, no. 2, p. 1364, 2023.
H. Hans, A. Kampker, M. Kehrer, J. Gerz, M. Sergio, and E. Zancul, “Bridging Uncertainty
Management and Requirements Engineering in R & D projects : a case in the e-mobility sector,”
Procedia CIRP, vol. 119, pp. 321–326, 2023, doi: 10.1016/j.procir.2023.02.139.
H. Hajjdiab and Al Shaima Taleb, “Adopting Agile Software Development: Issues and Challenges,” Int.
J. Manag. Value Supply Chain., vol. 2, no. 3, pp. 1–10, 2011, doi: 10.5121/ijmvsc.2011.2301.
A. Rasheed et al., “Requirement Engineering Challenges in Agile Software Development,” Math. Probl.
Eng., vol. 2021, 2021, doi: 10.1155/2021/6696695.
E. Bjarnason, M. Unterkalmsteiner, M. Borg, and E. Engström, “A multi-case study of agile
requirements engineering and the use of test cases as requirements,” Inf. Softw. Technol., vol. 77, pp. 61–
, 2016, doi: 10.1016/j.infsof.2016.03.008.
I. Inayat, S. S. Salim, S. Marczak, M. Daneva, and S. Shamshirband, “A systematic literature review on
agile requirements engineering practices and challenges,” Comput. Human Behav., vol. 51, pp. 915–929,
, doi: 10.1016/j.chb.2014.10.046.
M. U. Malik, N. Chaudhry, and K. Malik, “Evaluation of Efficient Requirement Engineering Techniques
in Agile Software Development,” Int. J. Comput. Appl., vol. 83, no. 3, pp. 24–29, 2013, [Online].
Available: http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.402.1692&rep=rep1&type=pdf.
T. Kamal, Q. Zhang, and M. A. Akbar, “Toward successful agile requirements change management
process in global software development: A client-vendor analysis,” IET Softw., vol. 14, no. 3, pp. 265–
, 2020, doi: 10.1049/iet-sen.2019.0128