Analisa untuk Pengembangan E-Learning Universitas X pada Pasca Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.33998/processor.2023.18.2.1431Kata Kunci:
e-Learning, SUS, System UsabilityAbstrak
Pasca pandemi penggunaan e-learning tidak wajib dilakukan pada Universitas X, dikarenakan dilakukannya kembali kuliah secara luring, sehingga penggunaan aplikasi yang telah dibangun tidak digunakan maksimal seperti aplikasi EDMODO yang digunakan sebelumnya sebagai sistem e-learning Universitas X. Perubahan kondisi ini tidak hanya terjadi pada Universitas X tetapi juga pada tempat lain. Perubahan kondisi ini menyebabkan perlunya penelitian terkait dampak dari penggunaan pasca pandemi terhadap e-learning yang digunakan saat ini oleh mahasiswa dan dosen Universitas X. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif menggunakan kuesioner dengan instrumen system usability scale dengan responden civitas akademika Universitas X. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan didapatkan nilai SUS e-learning Universitas X yaitu 68,97. Nilai tersebut menyatakan bahwa sistem yang digunakan saat ini dikategorikan cukup baik. Namun nilai SUS sistem e-learning yang digunakan saat ini lebih rendah daripada nilai yang didapatkan pada penelitian sebelumnya menggunakan EDMODO sebagai aplikasi e-learning.
Unduhan
Referensi
J. Andry and M. Stefanus, “Pengembangan Aplikasi E-learning Berbasis Web Menggunakan Model Waterfall Pada SMK Strada 2 Jakarta,” J. Fasilkom, vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2020, doi: 10.37859/jf.v10i1.1878.
V. MILIĆEVIĆ et al., “E-learning perspectives in higher education institutions,” Technol. Forecast. Soc. Change, vol. 166, no. October 2020, 2021, doi: 10.1016/j.techfore.2021.120618.
M. A. H. Sutoyo and P. Rahayu, “Evaluasi Usability Aplikasi EDMODO dengan SUS dan Thematic Analysis,” J. Sist. Info. Bisnis, vol. 11, no. 2, pp. 146–151, 2022, doi: 10.21456/vol11iss2pp146-151.
K. S. Karlsen et al., “Integration of E-Learning Approaches in a Post-Pandemic Learning Environment – Norwegian Nursing Students’ Recommendations from an Action Research Study,” SSRN Electron. J., vol. 9, no. January, 2022, doi: 10.2139/ssrn.4202313.
Nielsen Norman Group, “Usability Testing.” Accessed: Feb. 27, 2023. [Online]. Available: https://www.nngroup.com/articles/usability-testing-101/
F. Isroani, N. Jaafar, and M. Muflihaini, “Effectiveness of E-Learning Learning to Improve Student Learning Outcomes at Madrasah Aliyah,” Int. J. Sci. Educ. Cult. Stud., vol. 1, no. 1, pp. 42–51, 2022, doi: 10.58291/ijsecs.v1i1.26.
M. Syafri and S. Saude, “Distance Learning in the Pandemi Covid-19 Situation: Efl Learning Under Indonesia’S Health Protocol,” IJEE (Indonesian J. English Educ., vol. 9, no. 1, pp. 140–159, 2022, doi: 10.15408/ijee.v9i1.21045.
N. Harrati, I. Bouchrika, A. Tari, and A. Ladjailia, “Exploring user satisfaction for e-learning systems via usage-based metrics and system usability scale analysis,” Comput. Human Behav., vol. 61, pp. 463–471, 2016, doi: 10.1016/j.chb.2016.03.051.
Y. Nurhadryani, S. K. Sianturi, and I. Hermadi, “Pengujian Usability untuk Meningkatkan Antarmuka Aplikasi Mobile Usability Testing to Enhance Mobile Application User Interface,” J. Ilmu Komput. Agri-Informatika, vol. 2, no. 2013, pp. 83–93, 2013.
J. R. Lewis, “Measuring Perceived Usability: SUS, UMUX, and CSUQ Ratings for Four Everyday Products,” Int. J. Hum. Comput. Interact., vol. 35, no. 15, pp. 1404–1419, 2019, doi: 10.1080/10447318.2018.1533152.
B. Lestari, P. I. Rifiani, and A. B. Gati, “The Use of the Usability Scale System as an Evaluation of the Kampung Heritage Kajoetangan Guide Ebook Application,” Eur. J. Bus. Manag. Res., vol. 6, no. 6, pp. 156–161, 2021, doi: 10.24018/ejbmr.2021.6.6.1113.
Z. Sharfina and H. B. Santoso, “An Indonesian adaptation of the System Usability Scale (SUS),” 2016 Int. Conf. Adv. Comput. Sci. Inf. Syst. ICACSIS 2016, pp. 145–148, 2017, doi: 10.1109/ICACSIS.2016.7872776.
I. A. H.N, P. I. Nugroho, and R. Ferdiana, “Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale,” J. IPTEKKOM J. Ilmu Pengetah. Teknol. Inf., vol. 17, no. 1, p. 31, 2015, doi: 10.33164/iptekkom.17.1.2015.31-38.
Hendri and Feliks, “Penerapan Konsep E-Learning Dengan Metode Gamifikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Perguruan Tinggi,” J. Process., vol. 16, no. 1, pp. 1–8, 2021, doi: 10.33998/processor.2021.16.1.882.
G. Zichermann, C. C. Cunningham, and G. Zickerman, Gamification by Design: Implementing Game Mechanics in Web and Mobile Apps, 1st ed. O’Reilly Media, Inc., 2011.