PENERAPAN ALGORITMA C4.5 UNTUK MEMPREDIKSI KECOCOKAN GAYA BELAJAR BAGI SISWA SISWI SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS : SD SARIPUTRA Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Kecocokan Gaya Belajar Bagi Siswa Siswi Sekolah Dasar (Studi Kasus : SD Sariputra Jambi)

Authors

  • OSCARIO
  • JASMIR Teknik informatika
  • YUDI

DOI:

https://doi.org/10.33998/processor.2019.14.2.637

Keywords:

Data Mining, Algoritma C4.5, Gaya Belajar

Abstract

Data Mining merupakan serangkaian proses yang digunakan untuk mendapatkan informasi yang berguna dari database yang besar. SD Sariputra merupakan sekolah dasar yang didirikan pada tahun 1971. Pada proses pembelajaran di SD Sariputra Jambi, masih banyak murid yang tidak fokus atau tidak memiliki keinginan untuk belajar. Dimana kemungkinan terbesar adalah ketidak cocokan gaya belajar dan metode belajar guru tersebut. Oleh karena itu, penulis mempelajari dan melakukan analisis data mining terhadap data murid dan kepribadiannya agar data tersebut dapat berubah menjadi informasi yang berharga bagi SD Sariputra. Informasi ini diharapkan dapat membantu meningkatkan proses belajar mengajar di SD Sariputra. Penulis menggunakan hasil data quisioner pada siswa-siswi kelas 3 & 4 sebanyak 155 data siswa-siswi yang telah penulis sajikan dalam file ekstensi arff. Dalam melakukan analisis ini, penulis menggunakan tools WEKA. Metode yang digunakan adalah Decision Tree dengan Algoritma C4.5 dengan 11 attribut. Analisis tersebut menghasilkan 23 Rule. Rule tersebut dihasilkan dari hasil akhir bentuk Decision Tree.

Kata Kunci: Data Mining, Algoritma C4.5, Gaya Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-11-01

Abstract views:

382

PDF Download:

375

DOI:

10.33998/processor.2019.14.2.637

Dimension Badge:

How to Cite

OSCARIO, JASMIR, & YUDI. (2019). PENERAPAN ALGORITMA C4.5 UNTUK MEMPREDIKSI KECOCOKAN GAYA BELAJAR BAGI SISWA SISWI SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS : SD SARIPUTRA Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Kecocokan Gaya Belajar Bagi Siswa Siswi Sekolah Dasar (Studi Kasus : SD Sariputra Jambi). Jurnal PROCESSOR, 14(2), 141–152. https://doi.org/10.33998/processor.2019.14.2.637