PENGUKURAN KUALITAS DIGITAL LIBRARY STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.33998/processor.2019.14.2.640Keywords:
Pengukuran Kualitas Website, DiDgital Library, WebQual 4.0Abstract
Penggunaan layanan sistem informasi perpustakaan berbasis website berupa perpustakaan digital sudah banyak dilakukan pada perpustakaan perguruan tinggi. Pemanfaatan perpustakaan digital dilakukan dalam rangka memberikan kemudahan bagi para pengguna perpustakaan, khususnya civitas akademika STIKOM Dinamika Bangsa Jambi yang dapat diakses pada alamat (http://digilib.stikom-db.ac.id) sejak tahun 2010. Sesuai tujuan pembuatannya perpustakaan digital tersebut digunakan sebagai wadah yang menampung berbagai penelitian, buku digital, skripsi, maupun thesis dari civitas akademika STIKOM Dinamika Bangsa Jambi sebagai salah satu media pembelajaran maupun referensi oleh mahasiswa maupun dosen dalam melakukan penelitian selanjutnya. Namun hingga saat ini belum ada pengukuran kualitas digital library pada situs (http://digilib.stikom-db.ac.id), sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengukur penilaian pengguna terhadap kualitas layanan digital library STIKOM Dinamika Bangsa Jambi menggunakan WebQual 4.0. Adapun metode penelitan yang digunakan kuantitatif berupa kuesioner dengan responden mahasiswa/i Strata 1 (S1) STIKOM Dinamika Bangsa Jambi program studi Teknik Informatika (TI), Sistem Informasi (SI), dan Sistem Komputer (SK) semester genap 2018/2019 yang mengontrak mata kuliah kerja praktek dan tugas akhir dengan sampel 10% dari 563 responden yaitu 56 orang. Setelah itu dilanjutkan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi, serta analisis liniear berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics. Sehingga diperoleh kesimpulan yaitu : kualitas penggunaan (usability), kualitas informasi (information quality), dan kualitas interaksi (interaction quality) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna (customer satisfaction).