EVALUASI KEGUNAAN PAYO KEPASAR DENGAN METODE SISTEM USABILITY SCALE (SUS) DAN UMUX-LITE
DOI:
https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.1.90Kata Kunci:
usability, e-commerce, SUS, UMUX-LiteAbstrak
Perdagangan elektronik (e-commerce) melibatkan penggunaan Internet, World Wide Web (Web), dan aplikasi seluler serta peramban yang berjalan di perangkat seluler untuk melakukan transaksi bisnis dengan kemajuan teknologi Internet memungkinkan perusahaan untuk langsung menjual produk ke konsumen melalui platform e-commerce, guna meningkatkan penjualan adapun prinsip utama desain E-commerce adalah kegunaan. Payo Kepasar merupakan salah satu bentuk e-commerce guna memudahkan masyarakat dalam memperoleh sayur mayur di pasar tradisional saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di tengah pandemi Covid-19 di kota Jambi yang tersedia dalam bentuk aplikasi berbasis android maupun berbasis website sejak Agustus 2019 dan dirancang oleh Muhammad Khatami. Untuk menjamin bahwa aplikasi Payo Kepasar telah sesuai dengan kebutuhan masyarakat kota Jambi, maka perlu dilakukan evaluasi tingkat kegunaan (usability) agar konten yang disajikan sesuai dengan harapan pengguna. Untuk mengetahui tingkat kegunaan (usability) aplikasi serta situs website Payo Kepasar dihitung dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dan Usability Metric for User Experience-Lite (UMUX-Lite), sebab SUS dan UMUX-Lite telah menjadi standar kuesioner yang paling banyak digunakan peneliti dan praktisi untuk penilaian tingkat kegunaan (usability).