Evaluasi Kegunaan Payo Kepasar Dengan Metode Sistem Usability Scale (SUS) dan UMUX-Lite
DOI:
https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.1.90Keywords:
usability, e-commerce, sus, umux-liteAbstract
Payo Kepasar merupakan salah satu bentuk perdagangan elektronik (e-commerce) yang tersedia sejak Agustus 2019 dalam bentuk aplikasi berbasis android serta berbasis website guna memudahkan masyarakat Kota Jambi dalam memperoleh sayur mayur di pasar tradisional terutama semenjak sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masa pandemi Covid-19. Guna mengukur tingkat efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna terhadap layanan e-commerce Payo Kepasar diperlukan evaluasi Kegunaan (usability) menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dan Usability Metric for User Experience-Lite (UMUX-Lite), sebab SUS dan UMUX-Lite telah menjadi standar kuesioner yang paling banyak digunakan peneliti dan praktisi untuk penilaian tingkat kegunaan (usability). Berdasarkan hasil evaluasi tingkat kegunaan (usability) aplikasi Payo Kepasar terhadap 146 responden dengan rincian Laki-laki berjumlah 93 orang (63,7%) dan perempuan berjumlah 53 Orang (36,3%). Responden yang menjawab pernah menggunakan situs / aplikasi Payo Kepasar sebanyak 41 Orang (28,1%) diketahui nilai rata-rata metode System Usability Scale (SUS) sebesar 68,8 sehingga diketahui bahwa acceptability ranges berada pada “Marginal High” dengan grade scale dengan nilai “C” serta adjective ratings bernilai “Good”. Sedangkan nilai rata-rata metode Usability Metric For User Experience-Lite (UMUX-Lite) sebesar 74,6 sehingga jika menggunakan perbandingan dengan metode SUS diketahui bahwa acceptability ranges berada pada “Acceptable” dengan grade scale dengan nilai “C” serta adjective ratings bernilai “Excellent”.