Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi TIX ID Di Kota Jambi Menggunakan Metode EUCS

Penulis

  • Fradea Novi Ramadhayanti Universitas Dinamika Bangsa
  • Mulyadi Universitas Dinamika Bangsa
  • Errissya Rasywir Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.1.792

Kata Kunci:

end user computing satisfaction, tix id, smartpls, sem, analisis

Abstrak

Hadirnya sebuah teknologi dalam membeli tiket bioskop secara online salah satu contohnya yaitu TIX ID. Aplikasi TIX ID  merupakan pembelian tiket bioskop dengan menawarkan konsep pembelian tiket bioskop yang mudah, murah. Penelitian ini khususnya untuk melihat dan mengetahui persepsi masyarakat di Kota Jambi dalam menerima hadirnya teknologi dalam aktivitas menonton film di bioskop yang mengacu pada implementasi terhadap Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi TIX ID Di Kota Jambi Dengan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs) Dengan Menggunakan Pendekatan Tersebut Peneliti Dapat Menentukan Dan Mengetahui Faktor Yang Menjadi Kepuasan Pengguna Aplikasi TIX ID. End User Computing Satisfaction (Eucs) mempunyai 5 variabel yaitu : Content (isi),  Accuracy (keakuratan), Format (bentuk), Ease Of Use (kemudahan pengguna), Timelinees (ketepatan), User satisfaction (kepuasaan pengguna). Dan pada penelitian ini menggunakan 5 variabel tersebut data yang di peroleh dengan menyebarkan kuesioner ke masyarakat Kota Jambi yang menggunakan aplikasi TIX ID sebanyak 385 sampel. Data diolah menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) melalui software SmartPLS . Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat 3 hipotesis yang memberi penggaruh signifikan antar variabel, variabel accuracy berpengaruh positif (3,479) dan signifikan (0.001), Timeliness berpengaruh positif (2,575) signifikan (0.010) Format berpengaruh posistif (5,371) dan signifikan (0,000). sedangkan 2 hipotesis tidak memberikan pengaruh yang signifikan Content berpengaruh negatif (1,504) dan signifikan (0,133), dan Ease of use berpengaruh negatif (0,024) dan signifikan (0,010), Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi TIX ID tidak cukup baik dalam memenuhi harapan pengguna.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-04-30

Abstract views:

1196

PDF Download:

1184

DOI:

10.33998/mediasisfo.2023.17.1.792

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Ramadhayanti, F. N., Mulyadi, & Rasywir, E. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi TIX ID Di Kota Jambi Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 17(1), 143–151. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.1.792