Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi TIX ID Di Kota Jambi Menggunakan Metode EUCS
DOI:
https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.1.792Keywords:
end user computing satisfaction, tix id, smartpls, semAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat di Kota Jambi terhadap pengguna aplikasi TIX ID di kota Jambi, menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) Metode EUCS mempunyai 5 variabel yaitu : Content (isi), Accuracy (keakuratan), Format (bentuk), Ease Of Use (kemudahan pengguna), Timelines (ketepatan), User satisfaction (kepuasaan pengguna). Penelitian ini menggunakan data hasil kuesioner dari 385 responden. Data diolah menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) melalui software SmartPLS . Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat 3 hipotesis yang memberi penggaruh signifikan antar variabel, variabel accuracy berpengaruh positif (3,479) dan signifikan (0.001), Timelines berpengaruh positif (2,575) signifikan (0.010) Format berpengaruh posistif (5,371) dan signifikan (0,000). sedangkan 2 hipotesis tidak memberikan pengaruh yang signifikan Content berpengaruh negatif (1,504) dan signifikan (0,133), dan Ease of use berpengaruh negatif (0,024) dan signifikan (0,010), Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi TIX ID tidak cukup baik dalam memenuhi harapan pengguna