Pemilihan Layanan Pesan Antar Makanan Online Terbaik Menggunakan Metode Weighted Product

Penulis

  • Khoirun Nisa Universitas Nusa Mandiri
  • Tasya Khoirunnisa Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2022.16.2.1272

Kata Kunci:

grabfood, gofood, shopeefood, weighted product

Abstrak

Selama masa pandemi masyarakat lebih memilih menggunakan layanan pesan antar makanan online daripada pergi keluar rumah untuk membeli makanan entah itu untuk sarapan, makan siang, makan malam bahkan untuk cemilan. Beberapa layanan pesan makanan antar makanan online memberikan manfaat dan membantu masyarakat untuk tidak harus melakukan transaksi secara langsung di luar rumah. Namun sebagian masyarakat sering merasa kesulitan dalam menentukan layanan pesan makanan antar makanan online mana yang terbaik. Pengumpulan data didapatkan dari penyebaran kuesioner kepada konsumen atau pengguna layanan pesan antar makanan online yaitu masyarakat di Kecamatan Sukmajaya Kota Depok. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan metode sistem pendukung keputusan yaitu Metode Weighted Product dengan 4 kriteria yaitu Pelayanan, Promo, Fitur dan Biaya. Untuk pengambilan sampel pada penelitian ini, peneliti memilih menggunakan rumus slovin yang dimana jumlah populasi dibagi dengan hasil dari 1 ditambah jumlah populasi dikali batas kesalahan pangkat 2. Hasil pemilihan layanan pesan antar makanan online yang menerapkan Weighted Product menghasilkan GrabFood sebagai peringkat 1 dengan jumlah nilai Vektor V yaitu 0.337, ShopeeFood peringkat 2 dengan nilai 0.333, dan yang terakhir GoFood dengan nilai 0.329. Tujuan dari penelitian ini agar memudahkan masyarakat untuk menentukan penyedia layanan pesan antar makanan online terbaik di Kecamatan Sukmajaya Kota Depok

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-10-31

Abstract views:

376

PDF Download:

892

DOI:

10.33998/mediasisfo.2022.16.2.1272

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Nisa, K., & Khoirunnisa, T. (2022). Pemilihan Layanan Pesan Antar Makanan Online Terbaik Menggunakan Metode Weighted Product. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 16(2), 145–154. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2022.16.2.1272