Pemanfaatan Media Sosial Berbasis AR Untuk Mengidentifikasi Dalam Pemilihan Bingkai Kacamata Pada Toko Kacamata Idri

Penulis

  • Vally Valensia Universitas Dinamika Bangsa
  • Kurniabudi Kurniabudi Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jurnalmsi.2023.8.3.1490

Abstrak

At the Toko Kacamata Idri, currently users who want to buy glasses can try the product directly and use it physically at the shop or glasses users who are far outside the city can order via Instagram or Whatsapp. However, ordering online makes glasses users unable to see and try the shape of the glasses ordered directly due to the distance constraint. This study aims to develop virtual eyeglass frames based on Augmented Reality with the Face Tracker Decoration method and the Augmented Reality Random method which are able to provide views and recommendations for glasses based on face shape by adapting the morphology of facial indexes as determining the type of face at the Toko Kacamata Idri. This design is done using the Meta Spark Studio application. The design results are in the form of effects that can be used in the Instagram application. There are three designs in this study, effect designs to identify face types, effects designs to display glasses recommendations and designs to display eyewear products.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdulghani, Tarmin, dan Radityatama Mulia Sembada, 2021. Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Untuk Memilih Model Kacamata Di Central Optikal 165 Dengan Menggunakan Metode Markerless Berbasis Android. Media Jurnal Informatika 13(1) pp 36–44.

Almasyariqi, Muhammad Riadi, 2018. View of Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Augmented Reality Untuk Virtual Fitting Room Frame Kacamata. Informatika Fakultas Teknologi Industri.

Adela, Atika, 2022. AUGMENTED REALITY E-KATALOG KACAMATA 150K OPTIK MENGGUNAKAN VIRTUAL TRY-ON

Agil Julio, 2020. Tips Bikin Filter Instagram Menggunakan Spark AR. dicoding.com. tersedia di dicoding.com/blog/tips-bikin-filter-instagram-menggunakan-spark-ar/

Feng, Zhuming, Fei Jiang, and Ruimin Shen, 2018. Virtual Glasses Try-on Based on Large Pose Estimation. Procedia Computer Science, 131 pp 226

Hapsari, 2019. SISTEM IDENTIFIKASI BENTUK WAJAH BERDASARKAN MODEL MORFOLOGI INDEKS WAJAH UNTUK PEMILIHAN BINGKAI KACAMATA MENGGUNAKAN ALGORITMA CART. http://eprints.undip.ac.id/82042/.

Yudha, Muhammad, Yusi Putra, Wibisono Sukmo Wardhono, dan Hanifah Muslimah Az-zahra, 2019. Peningkatan Pengalaman Terhadap Pengguna Aplikasi Katalog Frame Kacamata Menggunakan Teknologi Augmented Reality, 3(2) pp 1262–70.

Hanifah Nurul Izzah, 2018. PENERAPAN AUGMENTED REALITY UNTUK PEMASARAN AUGMENTED REALITY APPLICATION FOR MARKETING FRAMES OF GLASSES IN. Jurnal Transit, 6(4) pp 89–93.

Hacktiv8, 2021. Menjadi Creator Dengan Spark AR Studio. Tersedia di https://blog.hacktiv8.com/menjadi-creator-dengan-spark-ar-studio Diakses pada tanggal 24 November 2022

Ilmawan Mustaqim, 2016. Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2) pp 174.

Manuguri, Mochamad Ramdan, 2021. SIMULATOR KACAMATA VIRTUAL BERDASARKAN BENTUK WAJAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DAN FACE DETECTION.

Maghfiroh, Afil Lailatul, Imron Rosyidi, and Andik Adi Suryanto, 2018. Aplikasi Katalog Kaca Mata Berbasis Android Dengan Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (September): 342–44.

Marelli Davide, Simone Bianco, Ciocca Gianluigi, 2021. Faithful Fit, Markerless, 3D Eyeglasses Virtual Try-On. Springer. Cham, 12662. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-030-68790-8_36.

Milanova Mariofanna, Aldaeif Fatima, 2021. Markeless 3D Virtual Glasses Try-On System. Springer, Singapore 216. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-981-33-4676-5_7.

Maulana, Amar, Irfan Darmawan, dan Putra Fajar Alam, 2018. Optimalisasi Teknologi Informasi Dengan Enterprise Architecture Menggunakan Togaf Adm Pada Bidang Konservasi Provinsi Jawa Barat Optimizations Information Technology With Enterprise Architecture Using Togaf Adm on Conservation Field and Control of Climate, 5 (3), pp 42–48.

Nurhadi, Nurhadi, and Joni Devitra, 2022. Sistem Informasi Simpan Pinjam Berbasis Web Pada Koperasi Karyawan Bank Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 7(2) pp 274–86. http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/manajemensisteminformasi/article/view/1251/888.

Novida, Erwa, dan Hery Sunandar, 2018. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produk Lensa Kacamata Menggunakan Metode Promethee II. Pelita Informatika: Informasi dan Informatika, 6(3) pp 325–32.

Pratiwo, Muhammad Bagasjati, dan Mutaqin Akbar, 2022. Penggunaan Augmented Reality Untuk Pemilihan Masker Dengan Metode Face Tracking. 16 (1) pp 1–10.

Saputera, Revina, and Daniel Tamburian, 2019. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Oleh Endorser Dalam Membangun Citra Diri. Prologia 2(2) pp 473.

Saputra, Andi, 2019. Survei Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Mahasiswa Kota Padang Menggunakan Teori Uses and Gratifications. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 40(2) pp 207.

Tasrif, Elfi, Akrimullah Mubai, Asrul Huda, dan Kasman Rukun, 2020. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Menggunakan Aplikasi Ar_Jarkom Pada Mata Kuliah Instalasi Jaringan Komputer. Jurnal Konseling dan Pendidikan 8(3), pp 217.

Taufik, Andi, and Ermawati, 2017. Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Pentas Seni Berbasis Web Pada Sanggar Seni Getar Pakuan Bogor. IJSE - Indonesian Journal on Software Engineering, 3(2) pp 1–7. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse/article/view/2812/1836.

Yuliati, Rina, 2014. Kompetensi Aplikasi Shading Dan Tinting Pada Make Up Koreksi Untuk Bentuk Wajah Bulat, Persegi Dan Segitiga Terbalik. Jurnal Tata Rias, 3(01) pp 193–99.

Zhang, Boping, 2018. Augmented Reality Virtual Glasses Try-on Technology Based on IOS Platform. Eurasip Journal on Image and Video Processing.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-12

Abstract views:

155

PDF Download:

106

DOI:

10.33998/jurnalmsi.2023.8.3.1490

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Valensia, V., & Kurniabudi, K. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Berbasis AR Untuk Mengidentifikasi Dalam Pemilihan Bingkai Kacamata Pada Toko Kacamata Idri. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 8(3), 555–567. https://doi.org/10.33998/jurnalmsi.2023.8.3.1490