PENGEMBANGAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PADA IAIN STS JAMBI

Penulis

  • Iskandar Iskandar stikom
  • Setiawan Assegaff

Kata Kunci:

IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Pengembangan Sistem Elearning

Abstrak

Perkembangan teknologi dalam pembelajaran dewasa ini melalui aplikasi sistem e-learning ini membawa
pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi
(contents) dan sistemnya. Saat ini konsep e-learning sudah banyak diterima oleh masyarakat dunia,
terbukti dengan maraknya implementasi e-learning khususnya di lembaga pendidikan (sekolah, training
dan universitas).Sistem elearning berbasis aplikasi Moodle yang dikembangkan di IAIN STS Jambi sudah
sejalan dengan standar Learning Technology System Architecture (LTSA), yaitu sebuah standar
internasional untuk penunjang sistem pembelajaran yang didukung oleh teknologi informasi. Hasil
analisis sistem eleraning yang sedang diimplementasikan IAIN STS Jambi menunujukkan dari fitur-fitur
yang tersedia dalam menujang proses pembelajaran terdapat fitur quiz yang merupakan bagian penting
untuk fitur pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran belum digunakan secara efektif dikarenakan untuk
mengaplikasikan fitur ini sangat komplek melalui settingan yang banyak sehingga dosen merasakan
kesulitan dalam penerapannya, untuk itu perancangan sistem elearning dengan melakukan pengembangan
fitur evaluasi pembelajaran dengan variasi materi dan tipe soal serta penugasan yang variatif dan manarik
dan mudah aplikasikan oleh dosen sebagai soslusi untuk mengefektifkan sistem elearning dalam
pembelajran yang sesuai dengan standar Internasional LTSA.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2017-12-04

Abstract views:

34

PDF Download:

20

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Iskandar, I., & Assegaff, S. (2017). PENGEMBANGAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PADA IAIN STS JAMBI. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 751–760. Diambil dari https://ejournal.unama.ac.id/index.php/jurnalmsi/article/view/1279

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>