Perancangan Sistem Penilaian Kepuasan Masyarakat Pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.33998/jms.2023.3.2.781Kata Kunci:
Sistem, Informasi, Penilaian, Kepuasan, MasyarakatAbstrak
Kota Jambi merupakan suatu pelaksana pemerintahan yang memiliki tugas membantu walikota dalam urusan dibidang kepegawaian, pendidikan dan pelatihan. Selama ini proses pelayanan tamu telah menggunakan sebuah sistem pencatatan tamu, Namum belum adanya sebuah sistem sebagai pengukur kepuasan pelayanan sesuai indikator standar yang berlaku. Penilaian kepuasan kepada penerima layanan masih berupa distribusi lembaran kuisioner. Oleh karenanya, diperlukan sistem penilaian kepuasan masyarakat menggunakan bahasa pemograman PHP dan DBMS MySQL. Metode pengembangan sistem menggunakan waterfall dengan pendekatan sistem unified model language menggunakan model activity diagram, usecase diagram, dan class diagram. Sistem informasi ini menghasilkan output guna menampilkan data responden dan data nilai kepuasan masyarakat secara informatif dan terstruktur serta menampilkan data serta informasi yang cepat dan tepat laporan yang dibutuhkan sehingga mempermudah proses pelaporan pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kota Jambi.
Unduhan
Referensi
A. S, Rosa; & Shalahuddin, M. 2011. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Modula.
Connolly, Thomas; & Begg, Carolyn. 2015. Database systems A Practical Approach to Design, Implementation, and Management, Sixth Edition, Global Edition. England: Pearson Education Limited.
Dennis, Alan; & Wixom, Barbara Haley; & Tegarden, David. 2015. System Analysis And Design An Object-Oriented Approach With UML 5th Edition, Hoboken : John Wiley & Sons.
Harsanto, Budi. 2014. Inovasi Pembelajaran Di Era Digital Menggunakan Google Sites dan Media Sosial. Bandung : UNPAD PRESS.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63. 2003. Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Keputusan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kota Jambi Nomor 179. 2017. Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kepegawaian Terpadu Satu Pintu Pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kota Jambi.
Laudon, Kenneth C; & Laudon, Jane P. 2014. Managements Information Systems Managing the Digital Firm. England: Pearson Education Limited.
Lubis, Adyanata. 2016. Basis Data Dasar Untuk Mahasiswa Ilmu Komputer. Yogyakarta : Deepublish.
Marakas, George M; & O’brien, James A. 2013. Introduction to Information Systems, Sixteenth Edition. United States of America: McGraw-Hill Companies, Inc.
Marakas, George M; & O’Brien, James A. 2011. Management Information Systems 10th Edition. New York : McGraw-Hill/Irwin Companies, Inc.
Mindarti, Lely Indah. 2016. Manajemen Pelayanan Publik (Menuju Tata Kelola Yang Baik). Malang : UB Press.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 96. 2012. Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Pressman, Roger S; & Maxim, Bruce R. 2015. Software Engineering A Practitioner’s Approach, Eight Edition. United States of America: McGraw-Hills Education.
Shelly, Gary B; & Rosenblatt, Harry J. 2012. System Analysis and Design, Ninth Edition. United States of America: Cengage Learning.
Stair, Ralph M; & Reynolds, George W. 2016. Fundamentals of Information Systems, Eighth Edition. United States of America: Cengage Learning.
Sutabri, Tata. 2012. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta : CV Andi Offset.
Ulum, M Chazienul. 2018. Public Service Tinjauan Teoritis dan Isu-Isu Strategis Pelayanan Publik. Malang : UB Press.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25. 2009. Tentang Pelayanan Publik.
Widodo, Prabowo Pudjo; & Herlawati, 2011, Menggunakan UML – UML Secara Luas Digunakan Untuk Memodelkan Analisis & Desain Sistem Berorientasi Objek. Bandung : Informatika Bandung.