Analisis Kualitas Layanan SIAKAD Universitas Dinamika Bangsa Jambi Menggunakan Metode Webqual 4.0

Analisis Kualitas Layanan SIAKAD Universitas Dinamika Bangsa Jambi Menggunakan Metode Webqual 4.0

Penulis

  • Rosita Dewi Universitas Dinamika Bangsa Jambi
  • Dodo Zaenal Abidin Universitas Dinamika Bangsa
  • Effiyaldi Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jms.2025.5.2.2346

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas layanan Website SIAKAD di Universitas Dinamika Bangsa Jambi dengan menggunakan metode WebQual 4.0. Permasalahan yang diangkat mencakup pengaruh kecepatan akses, sistem SIAKAD terhadap harapan pengguna, kelengkapan dan keakuratan data, serta analisis keseluruhan kualitas layanan SIAKAD. Penelitian ini menggunakan tiga variabel utama yaitu Information Quality, Interaction Quality, dan Usability Quality, dengan 311 responden yang dibagi berdasarkan jenis kelamin, umur, dan angkatan program studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Information Quality dan Interaction Quality memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, sementara Usability Quality tidak berpengaruh signifikan. Nilai R-Square sebesar 85% menunjukkan bahwa kualitas layanan SIAKAD di Universitas Dinamika Bangsa Jambi sudah baik dan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengguna merasa puas terhadap kualitas layanan Website SIAKAD, kecuali pada aspek usability.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

I. Sunandi, J. Juliati, W. Hermawan, and G. Ramadhan, “Dampak Integrasi Teknologi pada Pengalaman Belajar Mahasiswa Perguruan Tinggi,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 1, pp. 3046–3054, 2023.

N. Hasan, N. Soewarno, and I. Isnalita, “Pengaruh Teknologi Informasi terhadap Proses Pembelajaran dan Prestasi Akademik Mahasiswa,” J. Kaji. Akunt., vol. 3, no. 1, p. 68, 2019, doi: 10.33603/jka.v3i1.2130.

A. Ratnasari, “Smart campus-based information systems: Case studies of implementing academic information systems

in higher education,” Inov. Kurikulum, vol. 20, no. 1, pp. 153–164, 2023.

B. Suzanto and I. Sidharta, “Pengukuran End-User Computing Satisfaction Atas Penggunaan Sistem Informasi

Akademik,” J. Ekon. Bisnis Entrep., vol. 9, no. 1, pp. 16–28, 2015.

R. B. Santosa and N. Anggraini, “Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) dengan Integrated Online Registration System pada Unit Laboratorium dan Praktikum Pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta,” Lensa J. Kependidikan Fis., vol. 9, no. 2, pp. 157–169, 2021.

D. W. Ariani, Modul Konsep Kualitas. 2016.

R. Hidawati, “HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN KEMAMPUAN PEGAWAI TERHADAP

KEPUASAN PELANGGAN CALL CENTER 123 DI PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA TENGAH DAN

D.I. YOGYAKARTA,” 2020.

R. Daga, Citra,Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan, no. May 2017. 2019.

J. P. Tum, A. S. Ayoub, and D. Roth-j, “Ed u catio n Librarie s Children’s Literature,” vol. 2022, no. 12, pp. 1–9, 1970.

R. T. Anugrah, M. I. Falevi, A. Sunarto, A. Shar, I. Agama, and I. Negeri Bengkulu, “Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi (Studi Pada Siakad Uin Fatmawati Sukarno Bengkulu),” Manag. Stud. Entrep. J., vol. 3, no. 1, pp. 60–73, 2022.

A. Mustopa, S. Agustiani, S. K. Wildah, and M. Maysaroh, “Analisa Kepuasan Pengguna Website Layanan Akademik Kemahasiswaan (LYKAN) UBSI Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Perspekt., vol. 18, no. 1, pp. 75–81, 2020, doi: 10.31294/jp.v18i1.7413.

HANDOKO and M. N. JUNIADI, “MENGUKUR KUALITAS LAYANAN SISTIM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DI STMIK AMIKOM SURAKARTA,” J. Maj. Ilm. UNIKOM, vol. 18, no. 2, pp. 89–96, 2023.

M. A. Akbar, Fajriyah, and K. Wijaya, “IMPLEMENTASI METODE WEBQUAL 4.0 TERHADAP KEPUASAN

MAHASISWA PADA PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) UNIVERSITAS

PRABUMULIH,” JITET (Jurnal Inform. dan Tek. Elektro Ter., vol. 12, no. 3, pp. 4493–4499, 2024.

M. I. Maulana, “Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik (Portal SIAKAD) UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 3, pp. 23960–23967, 2023.

S. Ratnawati, A. Zamhari, N. Hasanati, and R. N. Muktabar, “Analysis of website quality using Webqual 4.0 method and Importance Performance Analysis (IPA),” in 2023 11th International Conference on Cyber and IT Service

Management (CITSM), 2023, pp. 1–6.

M. Dr. Drs. Effiyaldi, “Analisis Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web (Studi Kasus : Sma At- Taufiq Kota Jambi),” Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 1042–1051, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.stikom- db.ac.id/index.php/manajemensisteminformasi/article/download/465/336

H. Sufadmi and E. Effiyaldi, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Web Pada Kantor Komisi Pemilihan Umum Kota Jambi,” J. Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 3, pp. 340–353, 2020.

Sarmadi and Effiyaldi, “Analisis Dan Perancangan Sistem Pendukung: Keputusan Pemilihan Kendaraan Roda Dua Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus: PT. Sinar Sentosa),” J. Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 911–921, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.unama.ac.id/index.php/jurnalmsi/article/view/1264

Murjoko and Effiyaldi, “Analisis Efektifitas Sistem Informasi Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Menggunakan Metode TAM,” J. Manaj. Sist. Inf., vol. 8, no. 2, pp. 322–336, 2023.

S. Nurhalizah, G. Kholijah, and Z. Gusmanely, “Analisis Structural Equation Modeling Partial Least Square pada Kinerja Pegawai PT. Bank Pembangunan Daerah Jambi,” Indones. J. Appl. Stat., vol. 6, no. 2, p. 125, 2024, doi: 10.13057/ijas.v6i2.78921.

I. Juarsyah and H. Mulyono, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Android Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Jambi,” Manaj. Sist. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 142–152, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-30

Abstract views:

2

PDF Download:

1

DOI:

10.33998/jms.2025.5.2.2346

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Dewi, R., Dodo Zaenal Abidin, & Effiyaldi. (2025). Analisis Kualitas Layanan SIAKAD Universitas Dinamika Bangsa Jambi Menggunakan Metode Webqual 4.0: Analisis Kualitas Layanan SIAKAD Universitas Dinamika Bangsa Jambi Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Manajemen Teknologi Dan Sistem Informasi (JMS), 5(2), 1141–1148. https://doi.org/10.33998/jms.2025.5.2.2346