Analisis Usability Pada Aplikasi Mytelkomsel Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Terhadap Kepuasan Pengguna

Penulis

  • Ester Pardede Universitas Dinamika Bangsa
  • Sharipuddin Universitas Dinamika Bangsa
  • Yessi Hartiwi Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jms.2024.4.1.1622

Kata Kunci:

Analisis; MyTelkomsel; IPA; Kepuasan Pengguna; SPSS

Abstrak

Aplikasi MyTelkomsel menjadi alternatif bagi pengguna operator telepon Telkomsel. Oleh karena itu, aplikasi diharapkan memiliki kegunaan yang baik bagi penggunanya. Namun, masih ada pengguna yang mengeluh dan tidak puas dengan layanan aplikasi MyTelkomsel. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengukuran usability dari aplikasi MyTelkomsel. Penelitian ini berkaitan dengan hasil analisis kegunaan aplikasi MyTelkomsel berdasarkan hasil pengumpulan data kuesioner yang dibagikan kepada 152 responden yang merupakan pengguna di masyarakat Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode IPA (Impance Performance Analysis) yang menganalisis pengalaman pengguna dengan lima variabel: (Learnability, Efficiency, Satisfaction, Error, Retention) terkait dengan indikator pertanyaan yang digunakan dalam survey penelitian menggunakan skala Likert dan metode IPA yang digunakan untuk menganalisis hasil data berdasarkan diagram IPA Cartesian 4 kuadran menjadi. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 24 item kepada 152 responden pengguna aplikasi Mytelkomsel. Dalam penelitian ini, semua dimensi kecuali dimensi pelaksanaan berpengaruh signifikan terhadap variabel pendalaman.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. Danuri, “Development and transformation of digital technology,” Infokam, vol. XV, no. II, pp. 116–123, 2019.

D. L. Sumarna and N. B. Manik, “Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Pengguna SAP PT Polychemie Asia Pacific Permai,” J. Logistik Bisnis, vol. 09, no. 2, pp. 68–75, 2019.

E. Leander Hadisaputro, B. Ampar, K. Balikpapan Utara, K. Balikpapan, and K. Timur, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Traveloka dengan Menerapkan Metode TAM,” J. Inf. Syst. Res., vol. 3, no. 4, pp. 466–471, 2022.

F. FEBRIYANTO, “Analisis Gap Harapan Dan Kinerja Berdasakan Persepsi Pengunjung Taman Nasional Way Kambas Di Lampung Timur (Studi Pada Divisi Pusat Latihan Gajah),” J. Manaj. dan Bisnis Univ. Bandar Lampung, vol. 2, no. 1, p. 112597, 2011.

M. N. Farisi and E. Zuraidah, “Analisa Kualitas Aplikasi Performance Simanis dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Informatics Manag. Inf. Technol., vol. 2, no. 3, pp. 109–121, 2022.

Sugiyono, “Pengaruh Pendekatan Keterampilan Taktis Terhadap Ketepatan Smash Bulutangkis Di SMA Muhammadiyah 1 Kota Pontianak,” pp. 32–41, 2018.

M. N. Fanani, A. Kusyanti, and A. Rachmadi, “Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepercayaan Pengguna Dalam Menggunakan Aplikasi Al-Quran Mobile XYZ Menggunakan Model Modified UTAUT,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 4, pp. 1401–1410, 2018.

B. B. Frey, “Spss,” SAGE Encycl. Educ. Res. Meas. Eval., 2018.

Jumadan, “Budaya Organisasi pada Lembaga Pendidikan Islam,” Shautut Tarbiyyah, vol. 36, p. 2, 2017.

E. F. Sari and E. Ekohariadi, “Penerapan Github Sebagai Media E-Learning Untuk Mengetahui Keefektifan Kolaborasi Project Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Dan Perangkat Bergerak Di Smk Negeri 2 Surabaya,” IT-Edu J. Inf. Technol. Educ., vol. 6, no. 2, pp. 14–22, 2021.

R. Wiku et al., “The Effect of E-Trust and E-Service Quality in Online Repurchase Interest of TIX ID (Survey on TIX ID Application User in Bandar Lampung),” J. Kompetitif Bisnis, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2021.

A. R. Dani, D. Krisbiantoro, and A. Azis, “Evaluasi Kualitas Layanan Website SMA Negeri 1 Wangon Menggunakan Metode E- Govqual dan Importance Performance Analysis,” J. Tekno Kompak, vol. 16, no. 2, pp. 151–162, 2020.

F. Penghitungan, N. Akhir, and M. Kuliah, “Universitas bakrie,” vol. 3, no. 1, p. 1, 2018.

Y. Septiani, E. Aribbe, and R. Diansyah, “ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SEVQUAL (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru),” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 3, no. 1, pp. 131–143, 2020.

Setiawati, “Analisis Pengaruh Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi di BEI,” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 8, pp. 1581–1590, 2021.

P. Sukmasetya, A. Setiawan, and E. R. Arumi, “Penggunaan Usability Testing Sebagai Metode Evaluasi Website Krs Online Pada Perguruan Tinggi,” JST (Jurnal Sains dan Teknol., vol. 9, no. 1, pp. 58–67, 2020.

I. Rahmawati and R. Illiyin, “Pengaruh Motivasi, Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Hp Oppo,” J. Ilm. Hosp., vol. 10, no. 1, pp. 103–112, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Abstract views:

134

PDF Download:

160

DOI:

10.33998/jms.2024.4.1.1622

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Ester Pardede, Sharipuddin, & Hartiwi, Y. (2024). Analisis Usability Pada Aplikasi Mytelkomsel Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Terhadap Kepuasan Pengguna. Jurnal Manajemen Teknologi Dan Sistem Informasi (JMS), 4(1), 638–646. https://doi.org/10.33998/jms.2024.4.1.1622