Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi ChatGPT Menggunakan Metode E-Serqual (Studi Kasus : Mahasiswa/I Universitas Dinamika Bangsa)
DOI:
https://doi.org/10.33998/jms.2024.4.2.1965Keywords:
analisis kepuasan pengguna aplikasi, e-servqual, ChatGPTAbstract
The ChatGPT application provides natural language processing (NLP) technology capable of responding to human questions in the form of text (referred to as Prompts) typed into the application. The author conducted this research to determine the extent of the impact of user satisfaction on the ChatGPT application. The method used is the E-SERVQUAL method, with a sample of 360 respondents and data analysis performed using SPSS software. The results of the validity and reliability tests indicated that all data in this study were valid and reliable. The research findings show that out of the seven E-SERVQUAL variables, only five—Fulfillment, System Availability, Responsiveness, Compensation, and Contact—significantly affect user satisfaction with the ChatGPT application.
Downloads
References
K. T. Kustina and Y. W. Sugiarto, “PENGARUH PENERAPAN BRANCHLESS BANKING DAN E-BANKING TERHADAP KINERJA KEUANGAN SEKTOR PERBANKAN DI INDONESIA a,” J. Ilm. Akunt. dan Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 2528–1216, 2020, [Online]. Available: http://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi.
L. Sitohang and Agustiawan, “Upaya Meningkatkan Pemahaman Dan Keamanan Dalam Penggunaan Aplikasi Brimo Kepada Nasabah Di Pt Bank Rakyat Indonesia (Bri) Di Kantor Kcp Ahmad Yani,” SEMAR J. Sos. dan Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 01, pp. 36–44, 2023, doi: 10.59966/semar.v1i01.15.
R. R. Uopmabin and M. Supriyadi, “Rini Rosfika Uopmabin 1,” pp. 7–14, 2023.
G. Whimphie Billyarta and E. Sudarusman, “Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (E-Servqual) Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Marketplace Shopee Di Sleman Diy,” Optimal, vol. 18, no. 1, pp. 41–62, 2021.
Gupron, “ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN MELALUI E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DARING DI APLIKASI BUKALAPAN.COM (Studi Pada Mahasiswa Universitas Batanghari Jambi),” J. Manaj. Pendidik. dan iImu Sos., vol. 1, no. 2, pp. 506–515, 2020, doi: 10.38035/JMPIS.
R. Ratih Pratiwi, S. Pranata, and C. Lukita, “Analisis E-Service Quality dan Harga dalam Membangun Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan (Survei Pada Mahasiswa Universitas Catur Insan Cendekia Pengguna Grab),” vol. 01, no. 02, pp. 1–6, 2023.
M. Gusandra Saragih, “PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-LOYALTY MELALUI E-SATISFACTION (STUDI PADA PELANGGAN TOKO ONLINE SHOPEE DI KOTA MEDAN),” JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Inform., vol. 15, no. 3, pp. 238–251, 2019, doi: 10.26487/jbmi.v15i3.4543.
A. Akbar, “ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS LAYANAN SHOPEE,” Sci. Manag. Rev., vol. 1, no. 2, p. 2022, 2022, [Online]. Available: https://www.ojk.go.id/.
B. Tri Irlia, “Analisis E-Service Quality dan Perceived Value terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Dompet Digital,” Manag. Stud. Entrep. J. …, vol. 3, no. August, pp. 2183–2189, 2022, [Online]. Available: https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/view/761%0Ahttps://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/download/761/604.
A. Fransisca, “Implementasi Mett Ā Sutta Terhadap Metode Pembelajaran Di,” ilmu agama dan Pendidik. agama Buddha, vol. 2, no. March, pp. 1–13, 2020.
Sugiyono, “Pengaruh Profitabilitas Dan Non Debt Tax Shield Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Selama Periode Tahun 2011-2015,” “Metode Penelit. pada dasarnya merupakan cara Ilm. untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.” Dalam, vol. 1, no. 2, pp. 47–71, 2017.
M. Trianawati, “Pengaruh E-Service Quality, Online Customer Review, Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo) Perkenalkan,” 2022.
D. Aristanto, “Pengaruh Knowledge Sharing Terhadap Individual Innovation Capability Dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Pt. Pln (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi Bagian Utara),” J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 5, no. 2, pp. 1539–1545, 2017.
Khaeryna Adam and Irwan, “Metode Partial Least Square (PLS) dan terapannya (Studi Kasus: Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Layanan PDAM Unit Camming Kab. Bone),” J. Teknosains, vol. 9, no. 1, pp. 53–68, 2015.
P. D. S. H. Luh and S. D. Gede, “PENGARUH KEBIJAKAN PEMERIKSAAN, KEBIJAKAN AKSES INFORMASI KEUANGAN DAN FORENSIK DIGITAL TERHADAP KUALITAS PEMERIKSAAN PAJAK,” Ilm. Indones., vol. 1999, no. December, pp. 1–6, 2006.
I. Kusna and E. Setijani, “Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan, Growth Opportunity Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Dan Nilai Perusahaan,” J. Manaj. Dan Kewirausahaan, vol. 6, no. 1, pp. 93–102, 2018, doi: 10.26905/jmdk.v6i1.2155.