PERENCANAAN ARSITEKTUR ENTERPRISE PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA JAMBI MENGGUNAKAN TOGAF ADM

Penulis

  • Nurisa Rindiani Universitas Dinamika Bangsa
  • Ibnu Sani Wijaya Universitas Dinamika Bangsa
  • Agus Siswanto Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jms.2021.1.2.3

Abstrak

Abstract

 

During its development, the Jambi City Environmental Agency already has a fairly good technology infrastructure, but the applications used to support the implementation of its duties are only standard applications that are not mutually integrated. The purpose of this research is to analyze and provide proposals for the implementation of design in the development of information systems that can be used as guidelines and future control systems at the Jambi City Environmental Service as well as designing and planning Enterprise Architecture to create harmony and efficiency between business and information technology for needs. Jambi City Environmental Agency supported by an integrated information system based on Enterprise Architecture (EA). This study uses the TOGAF ADM method which consists of preliminary phases, requirements management, architecture vision, business architecture, information system architecture, technology architecture and Opportunities and Solutions. The results obtained in this study are to produce a proposal for an enterprise information system architecture in the form of a blueprint or description that is in accordance with the activities and information needs in data and information management, where the blueprint has been integrated with 18 proposed applications that can be applied to the Jambi City Environmental Service.

 

Keywords: applications architecture, business architecture, data architecture, enterprise architecture.

 

Abstrak

 

Dalam perkembangannya, Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi telah memiliki infrastruktur teknologi yang cukup bagus, namun aplikasi yang digunakan dalam mendukung pelaksanaan tugasnya hanyalah aplikasi standar yang tidak saling terintegrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Menganalisa serta memberi usulan implementasi rancang bangun dalam pengembangan sistem informasi yang dapat dijadikan pedoman dan kontrol sistem kedepan pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi serta merancang dan membuat perencanaan Enterprise Architecture untuk menciptakan keselarasan dan efisiensi antara bisnis dan teknologi informasi bagi kebutuhan Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi dengan didukung sistem informasi yang terintegrasi yang berbasis Enterprise Architecture (EA). Penelitian ini menggunakan metode TOGAF ADM yang terdiri dari fase preliminary, requirement management, architecture vision, business architecture, information system architecture, technology architecture dan Opportunities and Solutions. Capaian yang didapatkan dalam penelitian ini adalah menghasilkan sebuah usulan arsitektur enterprise sistem informasi berupa blueprint atau gambaran yang sesuai dengan aktivitas dan kebutuhan informasi dalam pengelolaan data dan informasi, dimana pada blueprint tersebut telah diintegrasikan dengan 18 aplikasi usulan yang bisa diterapkan pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi.

 

Kata kunci : arsitektur aplikasi, arsitektur bisnis, arsitektur data, arsitektur enterprise

 

Koperasi Unit Desa Trimulya Jaya Sungai Gelam merupakan salah satu koperasi di Provinsi Jambi yang pengolahan data simpan pinjam menggunakan buku agenda. Sehingga terjadi permasalahan yaitu proses pengolahan data simpanan dan pinjaman yang membutuhkan waktu cukup lama dan juga terkadang terjadi salah dalam perhitungan jumlah simpanan dan pinjaman yang ada pada anggota, sulitnya mendapatkan informasi mengenai data simpanan dan pinjaman dikarenakan harus datang ke tempat secara langsung dan pembuatan laporan-laporan yang tidak terselesaikan pada waktunya khususnya untuk laporan simpanan dan laporan pinjaman. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan memberikan solusi untuk permasalahan yang terjadi dengan menawarkan sistem informasi simpan pinjaman menggunakan bahasa pemograman PHP dan DMBS MySQL dimana penulis melakukan pengembangan sistem dengan metode waterfall dan menggunakan pendekatan model sistem unified model language menggunakan use case diagram, activity diagram, class diagram dan flowchart. Sistem informasi simpan pinjam pada Koperasi Unit Desa Trimulya Jaya Sungai Gelam memberikan hasil yang memudahkan pegawai dalam melakukan pengelolaan data simpan pinjam dan mencetak laporan yang diperlukan dan juga memudahkan anggota dalam melihat informasi transaksi dan mengajukan pinjaman.

 

Kata Kunci: Informasi, Pinjam, Simpan, Sistem

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-25

Abstract views:

250

PDF Download:

529

DOI:

10.33998/jms.2021.1.2.3

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Rindiani, N., Wijaya, I. S., & Siswanto, A. (2021). PERENCANAAN ARSITEKTUR ENTERPRISE PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA JAMBI MENGGUNAKAN TOGAF ADM. Jurnal Manajemen Teknologi Dan Sistem Informasi (JMS), 1(2). https://doi.org/10.33998/jms.2021.1.2.3