Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Kursus Pembelajaran Pada LPPK Gentala Hospitality School Jambi

Penulis

  • Rizky Gusti Fany Universitas Dinamika Bangsa
  • M.Rakesh Universitas Dinamika Bangsa
  • Maria Rosario B Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jms.2024.4.1.1604

Kata Kunci:

Teknologi, Augmented Reality, Media Pembelajaran, Visualisasi objek 3D

Abstrak

Peran teknologi pada zaman ini memiliki signifikansi yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu inovasi teknologi yang sedang mencuri perhatian adalah Augmented Reality. Pemanfaatan Augmented Reality dianggap sebagai metode yang menarik untuk memperkenalkan produk yang dijual oleh Jambi. Kendala utama yang dihadapi adalah minimnya pemahaman terhadap produk, yang berpotensi menghambat proses penjualan perusahaan. Oleh karena itu, aplikasi yang sedang dikembangkan oleh penulis dirancang dengan memanfaatkan visualisasi objek dalam format 3D. Penggunaan alat bantu seperti Unreal Engine, Photoshop, dan Blender menjadi fondasi dalam merancang aplikasi ini. Tujuannya adalah memberikan bantuan kepada calon pelanggan agar dapat lebih memahami informasi seputar media kursus pembelajaran di LPPK Gentala Hospitality School Jambi. Dengan demikian, aplikasi ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan interaktif bagi para calon pelanggan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

E. Sany, “SISTEM INFORMASI SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PEMASARAN PADA CV. ANUGRAH SINAR ABADI”.

R. Rosdiana, D. Kurniadi, and A. Huda, “REKAYASA SISTEM INFORMASI PROMOSI DAN PENGELOLAAN JASA STUDIO FOTO BERBASIS WEB,” Voteteknika Vocat. Tek. Elektron. Dan Inform., vol. 7, no. 2, p. 20, Jun. 2019, doi: 10.24036/voteteknika.v7i2.104068.

A. F. Ramadhan, A. D. Putra, and A. Surahman, “APLIKASI PENGENALAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY (AR),” J. Teknol. Dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2.

S. S. Rosyda and I. Sukoco, “Model Design Thinking pada Perancangan Aplikasi Matengin Aja,” Organum J. Saintifik Manaj. Dan Akunt., vol. 3, no. 1, pp. 1–12, Jun. 2020, doi: 10.35138/organum.v3i1.69.

M. Raschintasofi and H. Yani, “Perancangan UI UX Aplikasi Learning Management System Berbasis Mobile dan Website Menggunakan Metode Design Thinking,” vol. 3, 2023.

https://fsitepoint.wordpress.com/2019/10/07/design-thinking/

A. A. Mucjal, G. P. Mahardhika, and B. Suranto, “Perancangan Ivent: Aplikasi berbasis Android dengan pendekatan Design Thinking”.

M. L. Lazuardi and I. Sukoco, “Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek,” Organum J. Saintifik Manaj. Dan Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 1–11, Jun. 2019, doi: 10.35138/organum.v2i1.51.

R. H. Swastika and F. N. Khasanah, “Sistem Informasi Reservasi Lapangan Futsal Pada Futsal Corner Menggunakan Metode Waterfall”.

Rahmania Sri Untari and F. N. Hasanah, Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak. Umsida Press, 2020. doi: 10.21070/2020/978-623-6833-89-6.

https://lp2m.uma.ac.id/2022/06/07/metode-waterfall-definisi-dan-tahap-tahap-pelaksanaannya/

https://www.dewaweb.com/blog/mengenal-metode-waterfall/

M. Julkarnain, Herfandi, and D. Afriliyansa, “RANCANG BANGUN APLIKASI TATA KELOLA DESA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE WATERFALL DI KANTOR DESA SEPUKUR,” J. Inform. Teknol. Dan Sains, vol. 3, no. 2, pp. 362–367, May 2021, doi: 10.51401/jinteks.v3i2.1009.

M. Yusuf and H. Mulyono, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Promosi Berbasis Web Pada Asosiasi UMKM Muaro Jambi,” vol. 3, no. 1, 2018.

F. Z. Adami and C. Budihartanti, “PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN BERBASIS ANDROID,” no. 1, 2016.

https://www.dicoding.com/blog/contoh-use-case-diagram/

https://www.binaracademy.com/blog/pengertian-prototype-dan-tujuannya

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Abstract views:

40

PDF Download:

32

DOI:

10.33998/jms.2024.4.1.1604

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Fany, R. G., M.Rakesh, & Maria Rosario B. (2024). Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Kursus Pembelajaran Pada LPPK Gentala Hospitality School Jambi . Jurnal Manajemen Teknologi Dan Sistem Informasi (JMS), 4(1), 617–626. https://doi.org/10.33998/jms.2024.4.1.1604