Pengujian Kualitas Sistem Informasi Pelayanan Cuti (SIMPEL-COI) DISHUB Kota Jambi Menggunakan Metode Webqual 4.0

Penulis

  • Muhammad Ismail UNAMA JAMBI
  • Renaldi Yulvianda Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jms.2023.3.2.1413

Kata Kunci:

Pengujian Sistem Informasi, Pelayanan Cuti, Kepuasan Pengguna, Webqual 4.0, Kualitas

Abstrak

Sistem informasi (website) pelayanan cuti online (SIMPEL-COI) merupakan bentuk pelayanan didalam instansi yang

dibuat oleh Dinas Perhubungan Kota Jambi untuk memudahkan para pegawai mengambil cuti tanpa perlu melalui proses yang

lama (pelaksanaan, pengurusan, perhitungan dan penggantian cuti) dan membantu pihak yang ada di bidang UMPEG (umum

dan kepegawaian) untuk mengurangi beban kerja mereka. Tujuan penelitian ini adalah melakukan pengukuran kualitas sistem

informasi pelayanan cuti online (SIMPEL-COI) dengan menggunakan 3 dimensi dari webqual 4.0 yaitu usability, information

quality dan service interaction berdasarkan kepuasan pengguna. Hal ini didasari oleh masalah yang muncul yaitu pada tampilan

UI/UX tidak menarik, kesulitan penggunaan dan belum pernah dilakukan pengujian kualitas sehingga belum diketahui tingkat

keberhasilan dan kesesuaian berdasarkan kepuasan penggunanya. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan

menggunakan kuesioner yang dibuat melalui google form dengan pengukuran instrument yaitu menggunakan skala likert yang

disebar secara online selama satu minggu melalui media komunikasi. Sampel penelitian yang digunakan pada penelitian ini

yaitu sebanyak 67 responden dan diolah menggunakan SPSS versi 26 sehingga didapat hasil uji validitas, uji reliabilitas, uji T,

uji F dan uji R square yang menjadi acuan atau pedoman pengukuran signifikan. Hasil dari pengujian dari dimensi yang

digunakan pada penelitian ini yaitu Usability, Information Quality, service interaction memiliki nilai tidak signifikan sehingga

dapat dikatakan bahwa belum mempunyai kualitas yang baik dikarenakan kepuasan pengguna belum terpenuhi dengan

persentase sebesar 0.05%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

“Dinas Perhubungan Kota Jambi. Diakses pada 06 Mei 2023. http://dishub.jambikota.go.id/.”

E. Hamzah, A. Sunoto, and A. Almustaqim, “Perancangan Sistem Informasi Pengajuan Cuti Online Pada Dinas Perhubungan Kota Jambi,” Jurnal Manajemen Teknologi dan Sistem Informasi (JMS), vol. 3, no. 1, 2023, [Online]. Available: http://ejournal.unama.ac.id/index.php/jms

R. A. Nugraha, D. Andriyanto, D. Riana, and S. N. Khasanah, “Analysis of Factors Affecting Quality of corona.jatengprov.go.id Website towards User Satisfaction using Webqual 4.0 Method,” in Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing Ltd, Nov. 2020. doi: 10.1088/1742-6596/1641/1/012066.

B. A. Rejeki Tulodo and A. Solichin, “ANALISIS PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI CARE DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance, Tbk.),” Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) , vol. 10, no. 1, 2019.

M. C. Ngulum and A. D. Indriyanti, “Evaluasi Kualitas Website Simontasi Unesa Menggunakan Metode Webqual Dan Importance Performance Analysis (IPA),” Journal of Informatics and Computer Science, vol. 02, 2020.

A. Novitasari and T. Sutabri, “Analisis Kualitas Layanan Website BKPSDM Kota Palembang Menggunakan Metode Webqual,” Received: 14-12-2022| Accepted: 17-04-2023| Published: 06-05-202388Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, vol. 1, no. 2, pp. 88–94, 2023, doi: 10.31004/ijmst.v1i2.129.

Y. Suharto and E. Hariadi, “Analisis Kualitas Website Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Jurnal Manajemen dan Organisasi (JMO), vol. 12, no. 2, pp. 109–121, 2021, [Online]. Available: https://www.bpsdm.jakarta.go.id

A. Sudradjat, Selviana, and W. Widiati, “Metode Webqual 4.0 Untuk Mengukur Kualitas Website Quick Online Booking PT. Pos Indonesia,” INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, vol. 5, no. 1, 2020.

K. R. Prasianto and K. D. Hartomo, “Pengujian Sistem Informasi Pelayanan Desa Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 6, no. 1, p. 1, Jan. 2022, doi: 10.30865/mib.v6i1.3286.

I. Habiba and G. Wijaya, “Pengukuran Kualitas Website Skill Academy Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Jurnal Paradigma, vol. 24, no. 1, pp. 29–36, Mar. 2022, doi: 10.31294/paradigma.v24i1.963.

F. Alfian and T. Sutabri, “ENGUKURAN MUTU LAYANAN WEBSITE PENDAFTARAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU PADA UNIVERSITAS BATURAJA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL,” Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, vol. 1, no. 2, 2023, doi: 10.31004/ijmst.v1i2.125.

G. Wijonarko and A. Wirapraja, “Analisis Kualitas Aplikasi OrangeHRM Menggunakan WebQual 4.0 Dalam Mempengaruhi Kepuasan Karyawan dan Produktivitas Kerja,” Jurnal TEKNIKA, vol. 10, no. 2, pp. 146–151, Jul. 2021, doi: 10.34148/teknika.v10i2.381.

J. F. Andry, K. Christianto, and F. R. Wilujeng, “Using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis to Evaluate E-Commerce Website,” Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, vol. 5, no. 1, p. 23, Apr. 2019, doi: 10.20473/jisebi.5.1.23-31.

M. K. Aji Utomo and J. J. C. Tambotoh, “Analisis Kepuasan Pengguna Pada Website Registrasi Pendakian Taman Nasional Gunung Merbabu dengan Metode Webqual 4.0,” Jurnal Riset Komputer, vol. 10, no. 1, pp. 2407–389, 2023, doi: 10.30865/jurikom.v10i1.5814.

P. A. Quiroz and T. Sutabri, “PENGUKURAN KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN WEBSITE E-LEARNING UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG,” Jurnal Salome: Multidisipliner Keilmuan, vol. 1, no. 2, pp. 100–108, 2023.

A. Ikhsawiyanthi, S. H. Wijoyo, and Y. T. Mursityo, “ANALISIS KUALITAS WEBSITE HSP ACADEMY (PT. HANOSEN PRATAMA) MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE AND PERFORMANCE ANALYSIS (IPA),” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 10, no. 1, pp. 21–28, 2023, doi: 10.25126/jtiik.2023104858.

Ovan and A. Saputra, Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web, Pertama. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, 2020.

B. darma, STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2. Guepedia, 2021.

A. Mustopa, S. Agustiani, S. Khotimatul Wildah, and Maysaroh, “Analisa Kepuasan Pengguna Website Layanan Akademik Kemahasiswaan (LYKAN) Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, vol. 18, no. 1, 2020, doi: 10.31294/jp.v17i2.

I. Salamah, Lindawati, M. Fadhli, and R. Kusumanto, “EVALUASI PENGUKURAN WEBSITE LEARNING MANAGEMENT SYSTEM POLSRI DENGAN METODE WEBQUAL 4.0,” Jurnal DIGIT, vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2020, [Online]. Available: http://lms.polsri.ac.id/login/index.php.

I. Purwandani and N. O. Syamsiah, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: MyBest E-learning System UBSI,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (Justin), vol. 9, no. 3, p. 300, Aug. 2021, doi: 10.26418/justin.v9i3.47129.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Abstract views:

56

PDF Download:

69

DOI:

10.33998/jms.2023.3.2.1413

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Ismail, M., & Yulvianda, R. (2023). Pengujian Kualitas Sistem Informasi Pelayanan Cuti (SIMPEL-COI) DISHUB Kota Jambi Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Manajemen Teknologi Dan Sistem Informasi (JMS), 3(2), 532–541. https://doi.org/10.33998/jms.2023.3.2.1413