PEMANFAATAN SMS GATEWAY UNTUK SISTEM KEAMANAN DESAIN DAN IMPLEMENTASI NETWORKING SECURITY MEMANFAATKAN SECURITY CONFIGURATION WIZARD (SCW)

Authors

  • Supratman Zakir

Abstract

Masalah keamanan dan kerahasiaan data merupakan salah satu aspek yang penting dari suatu sistem informasi. Sistem operasi Microsoft Windows Server 2008 memberikan fasilitas baru yang berkaitan dengan aspek keamanan yaitu Windows Firewall with Advanced Security yang merupakan fasilitas dari Security Configuration Wizard. Dengan fasilitas tersebut memungkinkan pengguna untuk membuat policy atau rules yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam penelitian ini, dibahas tentang bagaimana membangun keamanan jaringan dengan memanfaatkan Windows Firewall with Advanced Security. Dalam implementasinya, peneliti membuat rancangan dengan sebuah server menggunakan sistem operasi Windows Server 2008 dan sebuah client dengan sistem operasi Windows Vista Ultimate. Rule-rule yang berkaitan dengan keamanan dibuat, baik di server,maupun di client. Rancangan sistem kemanan yang dibuat, berdasarkan referensi-referensi yang relevan dengan penelitian, begitu juga dengan rule-rule yang akan diterapkan. Setelah rule-rule tersebut dibuat, lalu dilakukan pengujian terhadap rule-rule tersebut. Dari hasil pengujian terungkap bahwa fasilitas Windows Firewall with Advanced Security yang merupakan fasilitas dari Security Configuration Wizard pada sistem operasi Microsoft Windows Server 2008 mampu menawarkan sistem keamanan yang baik terhadap serangan, baik serangan yang datang dari luar maupun dari dalam sistem jaringan sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-08-31

Abstract views:

46

PDF Download:

41

Dimension Badge:

How to Cite

Zakir, S. (2017). PEMANFAATAN SMS GATEWAY UNTUK SISTEM KEAMANAN DESAIN DAN IMPLEMENTASI NETWORKING SECURITY MEMANFAATKAN SECURITY CONFIGURATION WIZARD (SCW). Jurnal PROCESSOR, 10(2), 491–498. Retrieved from https://ejournal.unama.ac.id/index.php/processor/article/view/279

Issue

Section

Articles