Implementasi Sistem Informasi Manajemen Kantor Menggunakan Scrum Framework Di Desa Wangunsari
DOI:
https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.1.740Kata Kunci:
aplikasi, scrum framework, surat menyuratAbstrak
Aplikasi pelayanan administrasi pada sistem informasi manajemen kantor merupakan aplikasi yang dirancang untuk membantu proses pengelolaan surat di desa Wangunsari Lembang. Masyarakat desa yang sebelumnya melakukan pengajuan surat keterangan secara manual saat ini sudah dapat di kelola secara digitalisasi. Aplikasi pelayanan administrasi diharapkan dapat mempermudah proses pengarsipan surat secara digital dan mempercepat proses pengajuan surat dari pihak pemohon (warga) maupun pihak yang menyetujui. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan aplikasi pelayanan administrasi dibidang pengelolaan surat menyurat sesuai dengan kebutuhan yang disempaikan pada proses wawancara dengan kepala desa. Metode yang digunakan untuk pengembangan perangkat lunak adalah scrum framework. Dalam kerangka kerja scrum framework, terdiri atas product backlog, sprint planning, daily scrum, dan sprint review. Product Backlog Item, item yang ditentukan sebanyak 33 buah, dengan rincian total 113 task dan 64 hari pengerjaan serta tim pekerja sebanyak 3 orang. Sprint Planning dikerjakan selama 5 sprint dan setiap Sprint diselesaikan sesuai dengan jumlah hari yang diperkirakan. Hasil ditunjukan dalam bentuk grafik tugas yang selesai. Daily scrum mencatat dalam burndown cart dan hasilnya di reprentasikan dalam sprint review. Setelah selesai pengerjaan aplikasi kemudian dilakukan pengujian dengan metode black box testing untuk meastikan semua fitur berjalan dengan baik sebelum diimplementasikan ke kantor desa Wangunsari Lembang.