Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Prinsip Desain Menggunakan Framework Gamifikasi Octalysis

Authors

  • Renaldo Valentdra Universitas Multimedia Nusantara
  • Julio Christian Young Universitas Multimedia Nusantara
  • Seng Hansun Universitas Multimedia Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.1.725

Keywords:

android , aplikasi mobile, gamifikasi, Octalysis, prinsip desain

Abstract

Design Principles dibuat untuk memodifikasi dan memformalkan pengetahuan tentang desain. Salah satu bentuk dari penerapan desain adalah dalam pembuatan User Interface / User Experience (UI/UX). Design Principles sendiri bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dalam penerapan aturan desain. Dalam proses pembelajaran dan pemahaman konsep Design Principles ini tidak selalu mudah untuk diikuti. Oleh karenanya, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membangun dan merancang aplikasi pembelajaran Design Principles dengan kerangka gamifikasi Octalysis yang dikembangkan oleh Yu-Kai Chou. Aplikasi pembelajaran tergamifikasi berhasil dibangun berbasis mobile Android. Untuk mengevaluasi hasil penggunaan aplikasi, tingkat Behavioral Intention to Use dan Focused Immersion dari aplikasi diukur menggunakan Hedonic-Motivation System Adoption Model (HMSAM). Aplikasi ini telah diuji oleh 30 responden dengan presentase 84,22% pada aspek Behavioral Intention to Use dan presentase 73,33% pada aspek Focused Immersion.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-04-30

Abstract views:

290

PDF Download:

256

DOI:

10.33998/mediasisfo.2023.17.1.725

Dimension Badge:

How to Cite

Valentdra, R., Young, J. C., & Hansun, S. (2023). Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Prinsip Desain Menggunakan Framework Gamifikasi Octalysis. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 17(1), 86–92. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.1.725