Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Prinsip Desain Menggunakan Framework Gamifikasi Octalysis

Penulis

  • Renaldo Valentdra Universitas Multimedia Nusantara
  • Julio Christian Young Universitas Multimedia Nusantara
  • Seng Hansun Universitas Multimedia Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.1.725

Kata Kunci:

Android, aplikasi mobile, gamifikasi, Octalysis, prinsip desain

Abstrak

Design Principles dibuat untuk memodifikasi dan memformalkan pengetahuan tentang desain. Salah satu bentuk dari penerapan desain ialah dalam pembuatan User Interface/User Experience (UI/UX). Design Principles sendiri bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dalam penerapan aturan desain. Penelitian ini memakai kerangka gamifikasi Octalysis yang dikembangkan oleh Yu-Kai Chou. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun dan merancang aplikasi pembelajaran Design Principles dengan kerangka gamifikasi Octalysis. Untuk mengevaluasi hasil penggunaan aplikasi, tingkat Behavioral Intention to Use dan Focused Immersion dari aplikasi diukur menggunakan Hedonic-Motivation System Adoption Model (HMSAM). Aplikasi ini telah diuji oleh 30 responden dengan presentase 84,22% pada aspek Behavioral Intention to Use dan presentase 73,33% pada aspek Focused Immersion.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-04-30

Abstract views:

373

PDF Download:

345

DOI:

10.33998/mediasisfo.2023.17.1.725

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Valentdra, R., Young, J. C., & Hansun, S. (2023). Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Prinsip Desain Menggunakan Framework Gamifikasi Octalysis. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 17(1), 86–92. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.1.725