Evaluasi Media Sosial Sebagai CRM Pada Universitas dengan Information Systems Success Model
DOI:
https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.1.717Kata Kunci:
critical success factors, crm, information system succes model, media sosialAbstrak
Social CRM memberikan kerangka kerja konseptual dan struktural baru yang berbasis pada Web 2.0 dan Media Sosial untuk mengarahkan kegiatan institusi pendidikan dalam menarik dan mempertahankan customer. Penelitian ini mengevaluasi pengukuran kesuksesan adopsi Social CRM pada perguruan tinggi dengan mengintegrasikan Critical Success Factors dan DeLone and McLean Information System Success Model. Evaluasi kesuksesan adopsi Social CRM pada perguruan tinggi dilakukan dengan menggunakan DeLone and McLean Information Systems Success Model dengan kriteria-kriteria komponen information quality, system quality dan service quality yang dirumuskan dari pengklasifikasian terhadap critical success factors. Hasil penelitian menunjukan variabel Information Quality berpengaruh terhadap variabel Use dengan tingkat signifikansi yaitu 0.000 (<0.05), variabel System Quality berpengaruh terhadap variabel Use secara signifikan dengan tingkat signifikansi 0.030 (<0.05), variabel System Quality berpengaruh terhadap User Satisfaction tingkat signifikansi 0.000 (<0.05), variabel Service Quality berpengaruh terhadap variabel Use dengan tingkat signifikansi 0.000 (<0.05), dan variabel Use berpengaruh terhadap variabel Net Benefit dengan tingkat signifikansi 0.000 (<0.05).