Aplikasi Pemilihan Vendor Menggunakan Metode Fuzzy AHP Dan TOPSIS
DOI:
https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2022.16.1.1159Kata Kunci:
Fuzzy AHP, Pemilihan Vendor, TOPSISAbstrak
Pemilihan vendor yang tepat merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan proses bisnis. Perusahaan perlu mempertimbangkan faktor-faktor penting dalam memilih vendor yang tepat. Penawaran harga yang rendah sudah tidak efisien lagi dalam pemilihan vendor saat ini. Pada penelitian ini kombinasi Fuzzy AHP dan TOPSIS akan digunakan dalam pemilihan vendor pada salah satu perusahaan sales dan distribusi di Jakarta. Dalam penelitian ini TOPSIS digunakan untuk melakukan perankingan alternatif berdasarkan kriteria yang ditetapkan yang telah dihitung nilai bobotnya menggunakan metode Fuzzy AHP. Bobot preferensi masing-masing kriteria yang dihasilkan oleh dan Fuzzy AHP adalah sebesar 0.453718 untuk harga, 0.01616 untuk kriteria jumlah teknisi professional, 0.144174 untuk kriteria metodologi pelaksanan pekerjaan dan 0.385948 untuk kriteria pengalaman perusahaan. Perangkingan yang dihasilkan TOPSIS adalah PT. Nusa Network Prakarsa pada urutan pertama, PT. Mitra Integrasi Informatika pada urutan kedua dan PT. Iproteksi Telematika pada urutan ketiga. Setelah hasil perankingan diketahui dilakukan evaluasi terhadap hubungan masing-masing kriteria dengan hasil akhir TOPSIS dengan menghitung nilai korelasi Pearson. Setelah itu hasil akhir TOPSIS dan hasil ranking dihitung korelasinya untuk mengetahui seberapa kuat hubungan semua atribut atau kriteria terhadap hasil perankingan.