Analisis Kepuasan Pengguna Meta AI Instagram Dengan Model TAM-EUCS

Penulis

  • Priskha Trivenna Universitas Dinamika Bangsa
  • Setiawan Assegaff Universitas Dinamika Bangsa
  • Jasmir Jasmir Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2025.19.2.2503

Kata Kunci:

instagram, kepuasan komputasi pengguna akhir, kepuasan pengguna, meta ai, model penerimaan teknologi

Abstrak

Meta AI merupakan fitur AI yang ditingkatkan oleh Meta Inc. untuk membantu pengguna dalam menghasilkan konten dan mengakses informasi secara interaktif. Penelitian ini bertujuan menganalisis kepuasan pengguna terhadap Meta AI melalui integrasi model TAM dan EUCS. Sebanyak 403 responden yang merupakan pengguna aktif Instagram dan telah menggunakan Meta AI dilibatkan dalam studi ini. Analisis data menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil menunjukkan bahwa persepsi terhadap kegunaan, kemudahan penggunaan, dan tampilan antarmuka berpengaruh signifikan terhadap sikap pengguna, sementara variabel konten, akurasi, kemudahan teknis, dan kecepatan belum menunjukkan pengaruh signifikan. Sikap pengguna terbukti berdampak kuat terhadap kepuasan pengguna. Temuan ini mengindikasikan bahwa manfaat yang dirasakan, aksesibilitas, dan desain visual yang optimal menjadi faktor kunci dalam membentuk sikap serta meningkatkan kepuasan pengguna terhadap fitur AI pada platform media sosial.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-10-31

Abstract views:

9

PDF Download:

3

DOI:

10.33998/mediasisfo.2025.19.2.2503

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Trivenna, P., Assegaff, S., & Jasmir, J. (2025). Analisis Kepuasan Pengguna Meta AI Instagram Dengan Model TAM-EUCS . Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 19(2), 270–278. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2025.19.2.2503