Analisis Kepuasan Pengguna Meta AI Instagram Dengan Model TAM-EUCS
DOI:
https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2025.19.2.2503Kata Kunci:
instagram, kepuasan komputasi pengguna akhir, kepuasan pengguna, meta ai, model penerimaan teknologiAbstrak
Meta AI merupakan fitur AI yang ditingkatkan oleh Meta Inc. untuk membantu pengguna dalam menghasilkan konten dan mengakses informasi secara interaktif. Penelitian ini bertujuan menganalisis kepuasan pengguna terhadap Meta AI melalui integrasi model TAM dan EUCS. Sebanyak 403 responden yang merupakan pengguna aktif Instagram dan telah menggunakan Meta AI dilibatkan dalam studi ini. Analisis data menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil menunjukkan bahwa persepsi terhadap kegunaan, kemudahan penggunaan, dan tampilan antarmuka berpengaruh signifikan terhadap sikap pengguna, sementara variabel konten, akurasi, kemudahan teknis, dan kecepatan belum menunjukkan pengaruh signifikan. Sikap pengguna terbukti berdampak kuat terhadap kepuasan pengguna. Temuan ini mengindikasikan bahwa manfaat yang dirasakan, aksesibilitas, dan desain visual yang optimal menjadi faktor kunci dalam membentuk sikap serta meningkatkan kepuasan pengguna terhadap fitur AI pada platform media sosial.




