Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Alodokter Menggunakan Metode TAM Dan End User Computing Satisfaction

Penulis

  • Haryati Haryati Universitas Dinamika Bangsa
  • Setiawan Assegaff Universitas Dinamika Bangsa
  • Joni Devitra Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2024.18.2.1957

Kata Kunci:

alodokter aplication, end user computing satisfaction, Technology Acceptance Models (TAM), user satisfaction

Abstrak

Alodokter merupakan fasilitas konsultasi kesehatan berupa website dan aplikasi berbentuk digital. Aplikasi Alodokter memberikan berbagai fitur berupa Chat, Buat Janji, Artikel, Langganan, dan Aloshop. Terdapat beberapa kekurangan dalam penggunaan aplikasi Alodokter seperti pengguna menerima informasi mengenai kuota chat gratis yang habis meskipun belum pernah menggunakan fitur chat sebelumnya, belum lengkapnya informasi profil dokter pada fitur Buat Janji terkait pengalaman praktik dan riwayat pendidikan, keterbatasan metode pembayaran e-wallet, serta lamanya proses pengembalian dana apabila pesanan dibatalkan oleh apotek. Sehingga penelitian ini bermaksud untuk memahami kepuasan pengguna aplikasi Alodokter menggunakan metode TAM dan End User Computing Satisfaction dengan menggunakan 9 variabel yaitu content, accuracy, format, ease of use, timeliness, perceived usefulness, perceived ease of use, attitude toward using, dan user satisfaction. Hasil kuesioner dianalisis menggunakan metode Structural Equation Model serta aplikasi SmartPLS 3. Hasil observasi mengungkapkan dari 9 hipotesis terdapat 5 hipotesis disetujui antara lain H2, H5, H7, H8, H9 dan 4 hipotesis ditolak yaitu H1, H3, H4, H6. Oleh sebab itu, dirangkumkan bahwa aplikasi Alodokter cukup baik dalam mencapai tingkat kepuasan pengguna.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-10-31

Abstract views:

22

PDF Download:

16

DOI:

10.33998/mediasisfo.2024.18.2.1957

Dimension Badge:

Cara Mengutip

Haryati, H., Assegaff, S., & Devitra, J. (2024). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Alodokter Menggunakan Metode TAM Dan End User Computing Satisfaction. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 18(2), 236–246. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2024.18.2.1957