Perancangan Website Batik Yarafa Sebagai Media Promosi Kearifan Lokal Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2024.18.2.1949Kata Kunci:
Batik, E-commerce, Pasar Global, Resource-Based View(RBV), Warisan Kearifan LokalAbstrak
Batik merupakan salah satu bentuk keragaman budaya di Indonesia. Kegiatan membatik sudah diajarkan secara turun temurun di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan UNESCO sudah mengakui batik sebagai salah satu warisan budaya asli Indonesia Namun, tantangan dalam memasarkan batik secara global telah menjadi perhatian utama bagi para pelaku industri. Penelitian ini bertujuan untukmengeksplorasi potensi dan strategi implementasi teknologi E-commerce dalam mempromosikan batik sebagai warisan kearifan local hingga pasar global. Dengan menggunakan starategi pemasaran Resource-Based View (RBV), peneliti menganalisis bagaimana integrasi teknologi E-commerce dapat menjadi sumber daya yang bernilai bagi perusahaan batik dalam membangun keunggulan kompetitif di pasar global. Metode yang digunakan adalah metode waterfall. Perancangan system menggunakan Unified Modeling Language (UML), bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. peneliti juga melakukan analisis konten terhadap platform E-commerce yang memasarkan batik untuk memahami praktik terbaik dalam promosi produk batik secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-commerce dapat membuka akses kepada pasar yang lebih luas, termasuk di luar wilayah local, sambil tetap mempertahankan nilai-nilai budaya dan tradisional yang terkandung dalam batik