Penerapan Metode HEART Metrics Pada Analisis User Experience Aplikasi Bantuan Informasi Cepat Secara Daring (ABCD) Universitas Jambi
DOI:
https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.2.1372Kata Kunci:
Aplikasi ABCD Universitas Jambi, Importance Performance Analysis, Metode Heart Metrics, User ExperienceAbstrak
Aplikasi bantuan informasi cepat secara daring (ABCD) telah banyak digunakan oleh civitas akademika Universitas Jambi, namun dalam pelaksanaanya ditemukan beberapa masalah, yaitu: 1) kesulitan mencari topik permasalahan menggunakan fitur search. 2) tidak ada tombol kembali saat mengakses ke dalam menu. 3) posisi tombol logout yang berantakan bila menggunakan handphone 4) tidak ada keterangan batas waktu dijawab dan notifikasi jawaban. Oleh karena itu, maka diperlukan analisis user experience atau pengalaman pengguna, Untuk mengetahui bagaimana pengalaman pengguna terhadap aplikasi ABCD Universitas jambi. Peneliti menggunakan perhitungan metode HEART Metrics dalam mengukur pengalaman pengguna yang didukung oleh metode perhitungan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 204 sampel merupakan mahasiswa S1 Universitas Jambi yang telah bertanya dan dilayani aplikasi minimal 1 kali. Berdasarkan Hasil perbandingan goals HEART Metrics yang ingin dicapai dengan hasil dari pengalaman pengguna, Mendapatkan bahwa aplikasi belum dapat memenuhi 5 target goals sebesar 80% yang ditetapkan oleh pihak pengembang. Dari 5 target goals tersebut variabel Happiness mencapai 74,80%, Engagement 73,71%, Adoption 75,38%, Retention 69,19% dan Task Success 74,98%. Hasil dari analisis kudran IPA menunjukan bahwa Kuadran I memiliki 8 indikator, Kuadran II memiliki 12 indikator, Kuadran III memiliki 8 indikator, dan Kuadran IV memiliki 7 indikator.