Peningkatan Pelayanan Pada Koperasi Di Kota Jambi Melalui Digitalisasi Koperasi
DOI:
https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.1.738Keywords:
digitalisasi, koperasi simpan pinjam, kota jambiAbstract
Selama masa pandemi, koperasi memiliki kendala dalam menjalankan usahanya, karena Pemerintah Kota Jambi telah menerbitkan peraturan pembatasan kegiatan bagi masyarakat demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19, yang mengharuskan membatasi aktivitas usaha secara offline, sehingga semua kegiatan simpanan dan pinjaman pada unit koperasi dilakukan secara digital. Pelayanan informasi koperasi simpan pinjam berbasis digital sangat minim, hanya koperasi bersekala besar yang mampu memfasilitasi anggota dengan pelayanan berbasis digital, sehingga bagi koperasi yang masih menggunakan cara manual kerap menemukan berbagai masalah yang dihadapi seperti lamanya proses pencarian data atau informasi terkait data simpan pinjam dan pencarian informasi mengenai anggota koperasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sebuah sistem informasi digitalisasi koperasi berbasis web dan android untuk meningkatkan pelayanan perkoperasian pada Dinas Koperasi dan UKM Kota jambi. Metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall dengan tahapan-tahapan yaitu dimulai dari analisis sistem, desain sistem, pembuatan program, uji coba dan analisis hasil progam, dan terakhir adalah implementasi. Penelitian ini menghasilkan suatu sistem informasi yang dapat mengakomodir kebutuhan terhadap layanan perkoperasian.