Analisis Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kesadaran Pengguna Dalam Memakai Aplikasi E-Wallet Studi Kasus: Masyarakat Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.33998/jms.2023.3.1.754Kata Kunci:
Technology Acceptance Model (TAM), Kesadaran Pengguna, Kesadaran Lingkungan, Penggunaan E-WalletAbstrak
Perkembangan teknologi selaras dengan makin beragamnya kebutuhan manusia. Teknologi semakin dapat dimanfaatkan untuk memudahkan berbagai urusan manusia. Seperti halnya perkembangan teknologi pada sektor keuangan yaitu adanya pengembangan dompet digital (E-wallet) yang mana membuat manusia tidak perlu lagi membawa dompet asli atau pun uang kertas karena semua sudah ada didalam aplikasi E-Wallet tersebut. Disamping itu, selaras dengan kemajuan teknologi isu lingkungan pun kini sangat diperhatikan. Pemanfaatan teknologi kerap disandingkan guna menjaga kelestarian lingkungan untuk keberlanjutan hidup manusia. Dengan adanya isu tersebut, dengan berlandaskan metode Technology Acceptance Method, apakah kegunaan aplikasi, kemudahan pemakaian, dan kesadaran lingkungan berpengaruh terhadap kesadaran pengguna menggunakan E-Wallet untuk studi kasus masyarakat Kota Jambi. Dengan metode regresi linear berganda ditemukan bahwa Variabel kegunaan aplikasi, kemudahan pemakaian, dan kesadaran lingkungan baik secara terpisah atau bersama berpengaruh signifikan terhadap kesadaran pengguna menggunakan aplikasi E-Wallet.
Unduhan
Referensi
I. Zuhroh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara Jl Terusan Candi Kalasan, “Fintech Syariah: Kolaborasi Teknologi dan Moral sebagai Instrumen Pembiayaan di Masa Depan,” vol. 4, no. 2, pp. 122–130, 2021.
M. H. Simanjuntak, “BI: Transaksi Uang Elektronik 2022 Melonjak, Capai RP 399,6 Trilliun,” antaranews.com, Jan. 19, 2023.
N. Adisty, “Penggunaan Dompet Digital di Indonesia Kian Tinggi, Mana yang Paling Banyak di Gemari?,” goodstat.id, May 07, 2022.
H. M. Aji, I. Berakon, and M. Md Husin, “COVID-19 and e-wallet usage intention: A multigroup analysis between Indonesia and Malaysia,” Cogent Business and Management, vol. 7, no. 1, Jan. 2020, doi: 10.1080/23311975.2020.1804181.
D. Hidayat, C. H. Pangaribuan, O. P. B. Putra, and F. J. Taufiq, “Expanding the technology acceptance model with the inclusion of trust and mobility to assess e-wallet user behavior: Evidence from OVO consumers in Indonesia,” in IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, Apr. 2021, vol. 729, no. 1. doi: 10.1088/1755-1315/729/1/012050.
T. Okada, T. Tamaki, and S. Managi, “Effect of environmental awareness on purchase intention and satisfaction pertaining to electric vehicles in Japan,” Transp Res D Transp Environ, vol. 67, pp. 503–513, Feb. 2019, doi: 10.1016/j.trd.2019.01.012.
S. Surianshah, “Environmental awareness and green products consumption behavior: A case study of sabah state, malaysia,” Biodiversitas, vol. 22, no. 7, pp. 2685–2692, Jul. 2021, doi: 10.13057/biodiv/d220717.
A. Priliantini, K. Krisyanti, and I. V. Situmeang, “Pengaruh Kampanye #PantangPlastik terhadap Sikap Ramah Lingkungan (Survei pada Pengikut Instagram @GreenpeaceID)
DOI: 10.31504/komunika.v9i1.2387,” Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, vol. 9, no. 1, p. 40, Jun. 2020, doi: 10.31504/komunika.v9i1.2387.
S. Azeharie, W. P. Sari, and L. Irena, “Kampanye Komunikasi Lingkungan Untuk Mengurangi dan Mengolah Sampah Pendaki Gunung Gede Pangrango,” Universitas Tarumanagara. Jl. Letjen S. Parman, vol. 4, no. 1, pp. 29–40, 2022, doi: 10.37535/102004120223.
M. Arias-Oliva, J. Pelegrín-Borondo, and G. Matías-Clavero, “Variables influencing cryptocurrency use: A technology acceptance model in Spain,” Front Psychol, vol. 10, no. MAR, 2019, doi: 10.3389/fpsyg.2019.00475.
W. Karim, A. Haque, M. A. Ulfy, A. Hossain, and Z. Anis, “Factors Influencing the Use of E-wallet as a Payment Method among Malaysian Young Adults,” JIBM) Journal of International Business and Management, doi: 10.37227/jibm-2020-2-21.
M. Taghipour, R. Ganjali, M. Ganjali, and M. Ganjali, “Examining the Relationship Between Environmental Awareness and the Level of Education and Occupation of People,” vol. 5, pp. 2617–4596, 2022, doi: 10.31058/j.mana.2022.53001.
Z. Hu, S. Ding, S. Li, L. Chen, and S. Yang, “Adoption intention of fintech services for bank users: An empirical examination with an extended technology acceptance model,” Symmetry (Basel), vol. 11, no. 3, Mar. 2019, doi: 10.3390/sym11030340.
M. Syazali et al., “Partial correlation analysis using multiple linear regression: Impact on business environment of digital marketing interest in the era of industrial revolution 4.0,” Management Science Letters, vol. 9, no. 11, pp. 1875–1886, 2019, doi: 10.5267/j.msl.2019.6.005.
N. Ittaqullah, R. Madjid, and N. Rommy Suleman, “The Effects Of Mobile Marketing, Discount, And Lifestyle On Consumers’ Impulse Buying Behavior In Online Marketplace”, [Online]. Available: www.ijstr.org
R. Chandran, C. Revathy, and P. Balaji Assistant Professor, “Article ID: IJM_11_06_008 Lockdown Period,” International Journal of Management (IJM), vol. 11, no. 6, pp. 92–104, 2020, doi: 10.34218/IJM.11.6.2020.008.
W. Karim, A. Haque, M. A. Ulfy, A. Hossain, and Z. Anis, “Factors Influencing the Use of E-wallet as a Payment Method among Malaysian Young Adults,” JIBM) Journal of International Business and Management, doi: 10.37227/jibm-2020-2-21.
A. Daragmeh, J. Sági, and Z. Zéman, “Continuous intention to use e-wallet in the context of the covid-19 pandemic: Integrating the health belief model (hbm) and technology continuous theory (tct),” Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, vol. 7, no. 2, Jun. 2021, doi: 10.3390/joitmc7020132.